makan enak dengan dayok na binatur yuummy

Agen SBOBET
Capek yah sahabat, atau laper yahh, kalau lapar jangan ditahan-tahan teman . atau mau saya ajak makan makanan khas daerahku , enak lhoo. yummy . kalau makan sekali pasti nambah dua kali dan sampai bekali-kali deh pokonya . emangnya apasih namanya makanan yang saya tawarin ke sahabat-sahabtku yang super? , kok kayaknya semangat abiz mau nawarinya . ialah semangat pokonya yang ini dijamin oke sobat . namanya adalah tredeng...... ealah udah ada namanya di judul yaitu dayok na binatur atau bahasa indonesia  ayam yang ditata (dari namanya aja udah uni yah teman)

Jadi ngiler dan penasaran ni pastinya karena lapar kan!!  stop dahulu teman sebelum saya ajak anda melihat dan menikmatinya perlu saya ceritakan dahulu teman bahwa dayok nabinatur ini adalah makanan khas dari batak simalungun, Sumatera Utara . tahukah sahabat bahwa makanan ini biasanya juga dimakan pada saat-saat yang spesial... eaaalah spesial gimana ?  jadi , saya ngajak  makan bareng sobat yang super  karena spesial ya... ! lanjut teman maksudnya begini , orang simalungun biasanya membuat dan memakan dayok nabinatur ini pada saat pesta adat , ulang tahun , ucapan syukur  dan lainya di acara- yang spesial juga tentunya .

oke sohib langsung saja tanpa lama-lama  saya akan menhidangkan untuk anda saat ini sebanyak dua piring . coba dilihat dan dinimkati baik-baik ya! ! gak usah buru-buru santai aja . 

piring satu

piring dua 
na setelah menimatinya sekarang pengen tahu donk sahabat bagaimankah cara membuatnya , biar sobat bisa membuatnya sediri di rumah bukan .! sekarang kita misalkan kita masak dayok(ayam) 1 ekor 

bahan-bahan pembuatan :
  1. jeruk nipis secukupnya 
  2. minyak makan secukupnya 
  3. ayam satu ekor 
  4. kecap manis , pilihlah kecap yang baik dan paling enak anda rasa 
bumbu yang dibutuhkan :
  1. bawang merah 4 buah diiris dan 4 buah di kupas untuk di tumbuk 
  2. bawang putih  5 buah diiris dan 5 buah di ambil kulitanya untuk di tumbuk 
  3. serei 3 buah dan lengkuas sebesar setengah ibu jari dan jahe 1/4 ibu jari di kupas untuk ditumbuk dan seperempatnya ibu jari lagi di kupas di iris sesuai selera 
  4. lada atau kalau adan dan dianjurkan biar pas kayak khas simalungun andaliman(lada batak)
  5. cabe merah dipotong-potong juga di tumbuk dan cabe rawit secukupnya ditumbuk 
cara memasanya : potong ayamnya dan bersikan , lalu giling/tumbuk  bumbunya sampai halus .dan panaskan minyak makan di dalam tempat masak lalu masukan bumbunya setelah itu masukan ayam nya kedalam bumbu tadi dan tunggu sampai 20 menit lalu , masukan air jeruk nipis , tunggu sampai kuahnya  mengering atau tinggal sedikit . ( atau bisa juga anda ambil kuahnya sedikit keluar jika anda butuh kuah  untuk makan nantinya ) . setelah itu masukan kecap sesuai dengan selera !
lalu susunlah seperti yang ada pada gambar diatas .semenarik mungkin yah??@

nah teman mudah kan cara membuatnya , berbicara mengenai gizi teman anda juga bukan bahwa ayam (dayok) itu  mempunyai gizi yang sangatlah bagus dimana Dianalisa  nilai gizi ayam. setiap 100 gram daging ayam itu mengandung 74 % air, 22 % protein, 13 mg zat kalsium, 190 migm zat fosfor . dan 1,5 mg zat besi. Daging ayam juga mengandung vitamin A yang sangat kaya. Selain itu sahabat , daging ayam itu,  juga mengandung vitamin C juga E. Daging ayam selain,  rendah lemak.

oke sahabat sampai disni dahulu semoga anda bisa menikmatinya dan juga ilmu pengetahuan anda bertambah  setiap harinya . salam bahagia dari saya (rinaldhie siboro)

0 Response to "makan enak dengan dayok na binatur yuummy "

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.