rumus segita dan ringkasan penjelasan lainya

Pada gambar di atas terdapat sisi-sisi yang membentuk segitiga ABC. Sisi-sisi yang membentuk segitiga
ABC berturut-turut adalah AB, BC, dan AC, dan sudut-sudut yang terdapat pada segitiga ABC sebagai berikut:
a. A atau BAC atau CAB.
b. B atau ABC atau CBA.
c. C atau ACB atau BCA.
Segitiga biasanya dilambangkan dengan “Δ”. Jadi, ada tiga sudut yang terdapat pada ΔABC.Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.Segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi dan mempunyai tiga buah titik sudut.
Pada gambar segitiga ABC. a. Jika alas = AB maka tinggi = CD (CD AB). b. Jika alas = BC maka tinggi = AE (AE BC). c. Jika alas = AC maka tinggi = BF (BF AC). Simbol dibaca: tegak lurus.

Jadi, pada suatu segitiga setiap sisinya dapat dipandang sebagai alas, dimana tinggi tegak lurus alas. Alas segitiga merupakan salah satu sisi dari suatu segitiga,sedangkan tingginya adalah garis yang tegak lurus dengan sisi alas dan melalui titik sudut yang berhadapan dengan sisi alas.

Segitiga berdasarkan panjang sisi dibedakan menjadi tiga jenis yaitu (1) Segitiga sebarang, (2) segitiga sama kaki, dan (3) segitiga sama sisi. Segitiga sebarang adalah segitiga yang ketiga sisinya tidak sama panjang. Segitiga sama kaki adalah segitiga yang mempunyai dua buah sisi sama panjang. Sedangkan segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang dan tiga buah sudut sama besar.

Berdasarkan besar sudutnya segitiga dibedakan menjadi tiga  yaitu (1) segitiga lancip, (2) segitiga tumpul, dan (3) segitiga siku-siku. Segitiga lancip adalah segitiga yang ketiga sudutnya merupakan sudut lancip, sehingga sudut-sudut yang terdapat pada segitiga tersebut besarnya antara 0o dan 90o. Segitiga tumpul adalah segitiga yang salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul (90o – 180o) .Sedangkan segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya siku-siku atau 90o.

Keliling suatu segitiga ABC di atas adalah penjumlahan panjang ketiga sisinya, yaitu K = AB + BC + AC, atau K = a + b + c.
Luas segitiga ABCD adalah ½ dikali alas (AB) dikali tinggi (jarak dari titik C ke alas AB dan  AB). Ditulis: L = ½ x a x t

semoga bermakna untuk anda , dan untuk contoh soalnya anda bisa melihatnya di sini .
jika ada pertanyaan silahkan ajukan di forum komentar kami atau melaui akun kami .
penulis rinaldhies siboro twitter di : @rinaldhiesiboro +rinal purba

0 Response to "rumus segita dan ringkasan penjelasan lainya "

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.