Masalah Pokok Ekonomi

Agen SBOBET
identifikasi dan penjelasan masalah 
Kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas dan beraneka ragam, sedangkan alat dan sarana untuk memenuhi kebutuhan jumlahnya terbatas. Keadaan semacam ini dapat menimbulkan kelangkaan dan munculnya permasalahan ekonomi yang sangat mendasar seperti apa, bagaimana, dan untuk siapa barang-barang diproduksi. Seiring dengan meningkatnya kegiatan perekonomian menuntut perusahaan untuk mengembangkan teknologinya, namun di sisi lain justru berdampak pengurangan tenaga kerja yang tidak
sesuai kemampuannya. Untuk itulah, kamu perlu mempelajari pembelajaran ini dengan tujuan agar kamu dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan sistem ekonomi yang tepat.

Kata kunci yang membuat masalah : kebutuhan, barang, kelangkaan, sumber daya,
sistem ekonomi
Kebutuhan
Manusia setiap hari dihadapkan pada berbagai kebutuhan. Kebutuhanmu tentu berbeda dengan kebutuhan ibumu, begitu juga usaha untuk memenuhinya. Sebagai pelajar, kamu mempunyai kebutuhan alat-alat tulis, tas sekolah, dan sepatu.Di samping itu, mungkin kamu juga memerlukan komputer dan kendaraan bila sekolahmu jauh, serta hiburan atau bermain dengan teman-temanmu.

Nah, betapa beragamnya kebutuhantersebut. Itu baru kebutuhan dari pihak kamu, belum kebutuhan ibu, bapak, atau saudaramu yang lain.Dari kenyataan di atas menunjukkan bahwa kebutuhan manusia beraneka ragam dan sifatnya tidak terbatas, baik kebutuhan secara fisik maupun secara rohani yang semuanya
memerlukan pemenuhan. Akan tetapi, keragaman kebutuhan manusia tersebut tidak semuanya dapat  dipenuhi dengan alat pemuas kebutuhan yang ada. Untuk itulah manusia perlu menyusun skala prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi agar tercapai kemakmuran.

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa kebutuhan adalah keinginan manusia atas barang dan jasa yang beraneka ragam untuk dapat terpenuhi dengan alat atau sarana yang ada, sehingga tercapai kemakmuran. Berdasarkan pengertian yang telah kamu dapatkan, maka kebutuhan manusia dapat dibagi menurut intensitas, sifat, waktu penggunaan, dan subjek atau konsumennya.
penjelasan jenis2 kebutuhan ekonomi manusia lihat disini 

Alat Pemuas Kebutuhan (Barang dan
Jasa)
Kamu telah mengetahui bahwa untuk memenuhi kebutuhan manusia diperlukan alat pemuas, atau secara
sederhana bisa dipenuhi oleh barang dan jasa. Adapun yang dimaksud barang/jasa adalah segala sesuatu
yang dapat memenuhi kebutuhan atau pemuas kebutuhan manusia. Dengan kata lain, barang adalah setiap benda berwujud yang mempunyai faedah atau guna (utility) bagi manusia. Dan jasa adalah benda tak berwujud/abstrak yang juga berfungsi sebagai alat pemuas kebutuhan manusia.

Untuk memperjelas pengertianmu mengenai alat pemuas kebutuhan manusia, berikut ini akan dikelompokkan
berdasarkan sifat, fungsi (tujuan penggunaan), wujud, cara penggunaan, dan cara pengerjaannya.
penjelasanya dan pembagian barang menurut diatas lihat di sini 

Kelangkaan Sumber Daya
Melihat beragamnya kebutuhan manusia, sementara alat pemuas kebutuhan bersifat terbatas, dapatkah kamu bayangkan apa yang akan terjadi? Ya, suatu ketika alat atau sumber daya akan habis dan mengalami apa yang disebut kelangkaan (scarcity). Sumber daya tidak hanya berupa sumber daya alam, tetapi
juga sumber daya manusia, modal, serta wirausaha (entrepreneur).

lihat macam-macam kelangkaan sumber daya (SDA)
2 inti permasalahan pokok di dalam ekonomi
1. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Teori Klasik
Menurut teori klasik, tiga masalah pokok ekonomi meliputi masalah produksi, masalah distribusi, dan masalah konsumsi.
a. Masalah Produksi
Produksi artinya menghasilkan barang atau jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia merupakan tujuan sekaligus motivasi untuk melakukan kegiatan produksi. Namun, tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi. Kebutuhan manusia akan terpenuhi apabila ia mengonsumsi barang atau jasa sesuai yang dibutuhkan. Padahal barang/jasa hanya akan tersedia untuk mencukupi kebutuhan apabila diproduksikan. Proses untuk memproduksi barang/jasa memerlukan sumber-sumber ekonomi, baik sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun sumber daya modal serta keterampilan pengusaha (entrepreneurship).
b. Masalah Distribusi
Distribusi adalah menyalurkan barang/jasa hasil produksi
kepada konsumen. Untuk dapat menyalurkan barang/jasa tersebut dapat dilakukan secara langsung maupun melewati perantara dalam perdagangan. Distribusi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.
1) Distribusi langsung, artinya menyalurkan barang dari produsen langsung kepada konsumen tanpa melewati
perantara.Contohnya seorang penjual martabak memproduksi sendiri dan langsung menjual dagangannya kepada pembeli (konsumen).
2) Distribusi tidak langsung, artinya menyalurkan barang
dari produsen kepada konsumen melalui perantara. Misalnya melalui pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retailer), agen, makelar, komisioner, eksportir, importir, dan penyalur-penyalur yang lainnya.
c. Masalah Konsumsi
Konsumsi adalah menggunakan atau memanfaatkan barang yang dihasilkan oleh produsen. Untuk melakukan kegiatan konsumsi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu:
1) faktor intern, meliputi sikap, kepribadian, motivasi diri,
pendapatan seseorang, selera, dan watak (karakter).
2) faktor ekstern, meliputi kebudayaan, adat istiadat,
lingkungan masyarakat, status sosial, keluarga

2. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Teori Modern
Seiring perkembangan zaman, semakin modern masyarakat maka kebutuhannya semakin banyak dan kompleks.Adapun masalah pokok dalam ekonomi modern meliputipertanyaan what, how, dan for whom.
a. Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (what) Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/ jasa yang perlu diproduksi agar sesuai dengan yangdibutuhkan masyarakat.
b. Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (how) Masalah ini menyangkut cara berproduksi, yaitu
penggunaan teknologi dan pemilihan sumber daya yang dipakai, serta memilih untuk menggunakan tenaga manusia atau tenaga mesin.
c. Untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi (for whom) Masalah ini menyangkut persoalan siapa yang memerlukan barang/jasa, dan siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya. Untuk memecahkan ketiga masalah pokok ekonomi di atas dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya kebiasaan dan tradisi, insting, serta komando (paksaan/perintah). Sementara itu bagi masyarakat modern, pemecahan masalah
mengandalkan mekanisme harga di pasar.


0 Response to "Masalah Pokok Ekonomi"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.