sistematika pedoman tatacara lagkah penyusunan proposal skripsi

Agen SBOBET
PROPOSAL
Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik 120 SKS berhak mengajukan proposal skripsi. Proposal skripsi harus memuat  permasalahan yang jelas dan didesain sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

A.Outline Proposal
Outline proposal memuat bagian-bagian yang menjadi acuan dalam penelitian. Outline proposal terdiri dari:
Halaman Judul Proposal
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I    : Pendahuluan
A.Latar Belakang Masalah
B.Identifikasi dan Batasan Masalah
C.Rumusan Masalah
D.Tujuan dan Manfaat Penelitian
E.Hipotesis
Bab II    : Tinjauan Pustaka
A.Landasan Teori
B.Penelitian Sebelumnya
C.Kerangka Konseptual
Bab III    : Metode Penelitian
A.Rancangan Penelitian
B.Tempat dan Waktu Penelitian
C.Definisi Operasional Variabel
D.Populasi dan Sampel
E.Data dan Instrumen Penelitian
F.Tekni Pengumpulan Data
G.Teknik Analisis Data
Daftar Pustaka
Lampiran
Biodata
B.Penjelasan Outline proposal

Penjelasan outline  proposal adalah sebagai berikut:
1.Halaman Judul Proposal
Halaman ini memuat judul skripsi yang telah disetujui oleh Ketua Program Studi sebagaimana dalam Lampiran 1. Contoh Halaman Judul Proposal dapat dilihat pada Lampiran 9.
2.Kata Pengantar
Pada halaman ini berisi pernyataan pengantar dari penulis yang memuat penjelasan tentang maksud dan tujuan penulisan skripsi serta ungkapan ucapan terima kasih penulis kepada Rektor Unpab, Dekan Fakultas Ekonomi Unpab, Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing, dan pihak-pihak tertentu yang dianggap ikut berperan membantu penyelesaian skripsi. Contoh Kata Pengantar untuk proposal dapat dilihat pada lampiran 10.
3.Daftar Isi
Daftar Isi proposal  skripsi, dibuat agar mudah menemukan bagian-bagian dari proposal skripsi. Contoh Daftar Isi  untuk proposal dapat dilihat pada lampiran 11.
4.Bab I : Pendahuluan
a.Latar Belakang Masalah
Sub bab ini memuat uraian masalah secara jelas timbulnya masalah yang memerlukan pemecahan dengan didukung oleh logika-logika dan teori-teori yang mendasari timbulnya gagasan pemecahan/pembahasan masalah. Dengan mengemukakan latar belakang masalah akan mempermudah rumusan masalah.
b.Identifikasi dan Batasan Masalah
Identifikasi adalah menginventarisasi masalah-masalah penelitian yang timbul, sedangkan batasan masalah adalah menjelaskan tentang masalah penelitian yang diteliti.
c.Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian yang akan diajukan hendaknya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya yang tegas dan jelas, untuk menambah ketajaman masalah.
d.Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud dan tujuan yang hendak dicapai dari penelitian akan dilakukan. dan dikemukakan dengan jelas.
Setiap hasil penelitian pada prinsipnya harus berguna sebagai petunjuk praktek pengambilan keputusan dalam artian yang cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan, manfaat bagi obyek yang diteliti dan manfaat bagi peneliti sendiri, maupun bagi perkembangan Negara pada umumnya.
e.Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara yang diungkapkan berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dan teori yang mendasarinya. Keberadaan Hipotesis ini bersifat optional/tentative.

5.Bab II : Tinjauan Pustaka

a.Kajian Teori
Bagian ini mengungkapkan dasar teori yang menjadi acuan untuk memecahkan masalah yang ingin diteliti. dan untuk merumuskan hipotesis.
b.Penelitian sebelumnya
Bagian ini menjelaskan: (a) uraian singkat hasil penelitian sebelumnya yang meliputi metode dan hasil peneltian, (b) penjelasan tentang posisi penelitian yang akan dilakukan terhadap penelitian sejenis sebelumnya, (c) referensi untuk membangun kerangka konseptual dan hipotesis.
c.Kerangka Konseptual
Bagian ini merupakan review atau ringkasan tinjauan teori dan hasil penelitian sebelumnya yang dituangkan dalam bentuk kerangka (skema) keterkaitan antar variabel.

6.Bab III : Metode Penelitian
Menjelaskan mengenai metode atau pendekatan yang akan digunakan, untuk menjawab tujuan penelitian.
a.Rancangan Penelitian
Bagian ini menjelaskan rancangan penelitian yang akan dilaksanakan, berisi tiga hal: jenis penelitian dan unit analisis.

b.Tempat dan Waktu Penelitian
Bagian ini menjelaskan dimana tempat/lokasi penelitian dan jadwal pelaksanaan penelitian. Jadwal pelaksanaan penelitian dapat disajikan dalam bentuk matriks atau uraian.

c.Definisi Operasional Variabel
Bagian ini menjelaskan definisi secara operasional tentang variabel yang diamati, indikator dan pengukuran skala data (nominal, ordinal, interval rasio).

d.Populasi dan Sampel
Pada bagian populasi menjelaskan jenis dan kriteria populasi yang menjadi obyek penelitian.  Bagian sampel menjelaskan kriteria sampel, ukuran (banyaknya sampel) dan metode pengambilan sampel.

eData dan Instrumen Penelitian
Pada bagian ini berisi tentang: jenis data, periode data, sumber data dan  instrumen. Instrumen penelitian bisa berupa kuesioner, angket, form dan lain-lain.

fTeknik Pengumpulan Data
Bagian ini menjelaskan cara memperoleh data misalnya menggunakan survei, wawancara dan pengamatan (khusus data primer).

g.Teknik Analisis Data

Bagian ini menjelaskan tentang teknik analisis data yang digunakan. Penyajiannya dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif yang berurutan berdasarkan pencapaian tujuan penelitian. Termasuk pula penyajian formula dan pengolahan data menggunakan  statistika.

7.Daftar Pustaka

Bahan-bahan referensi atau literature yang digunakan dalam penelitian harus dikemukakan secara jelas.  Aturan penulisan daftar pustaka disusun sebagaimana dijelaskan pada Bab IV sub bab IV pada buku panduan.
Contoh Halaman Judul Proposal



                                           



ANALISIS RASIO LIKUIDITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT. GRAHA SUCOFINDO


OUTLINE

Diajukan  Untuk  Memenuhi Persyaratan  Ujian
Memperoleh  Gelar  Sarjana  Ekonomi  Pada  Fakultas  Ekonomi
Universitas  Pembangunan  Panca  Budi


Oleh :
YENNI ZAHARA
NPM 0615100077

semoga berguna @rinal purba

0 Response to "sistematika pedoman tatacara lagkah penyusunan proposal skripsi "

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.