laporan keuangan konsolidasi adalah

Agen SBOBET
Laporan keuangan konsolidasian adalah merupakan laporan keuangan kelompok, disajikan sebagai olah itu adalah entitas ekonomi tunggal.

atau

laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah grup perusahaan, terdiri dari induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan yang seolah-olah sebagai satu perusahaan.

pengertian lain : laporan keuangan yang disusun dengan mengabaikan status yuridis dan lebih menitik beratkan pada segi ekonomisnya.

Masalah-masalah umum yang dihadapi dalam penyusunan laporan keuangan konsolidasi :
1. Periode di mana laporan / neraca konsolidasi tersebut disusun.
Misalnya : penyusunan neraca konsolidsi sesaat setelah terjadi pemilikan saham-saham, berbeda dengan neraca konsolidasi yang disusun satu tahun (periode) kemudian berhubung telah terjadinya perubahan-perubahan di dalam pos-pos neraca.
1. Jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan induk, dan harga perolehan (pengorbanan) yang telah dikeluarkan untuk memperoleh saham tersebut.
Misalnya : penyusunan neraca knsolidasi di mana saham-saham dibeli dengan harga di atas nilai bukunya berbeda dengan penyusunan neraca konsoidasi apabila saham-saham diperoleh dengan harga yang sama dan kurang dari nilai bukunya.
Pemilikan Saham dari suatu Perusahaan yang sudah Berjalan
1. Perusahaan induk memiliki 100% saham-saham perusahaan anak sebesar/sesuai dengan nilai bukunya.
2. Perusahaan induk memiliki sebagian besar (kurang dari 100%) saham-saham perusahaan anak sebesar nilai bukunya.
A. Penyusunan neraca konsolidasi adalah penggabungan aktiva dan hutang dari perusahaan-perusahaan afiliasi tersebut, maka di dalam neraca konsolidasi harus dilaporkan secara lengkap hak-hak pemegang saham minoritas sebagai imbangan dari sebagian haknya atas kekayaan bersih yang digabungkan tersebut.
B. Eliminasi yang dilakukan terbatas hanya sebesar pemilikannya saja.
C. Hak-hak pemegang saham minoritas dapat dilaporkan sebagai bagian dari hutang dan dapat pula dilaporkan sebagai bagian dari hak-hak para pemegang saham.
Pemilikan terhadap Saham-saham Perusahaan Anak dengan Harga sama dengan Nilai Bukunya
Apabila perusahaan induk memiliki seluruh modal saham perusahaan anak maka seluruh modal perusahaan anak adalah haknya perusahaan induk. Oleh karena itu seluruh modal perusahaan anak akan dieliminasi. Apabila saham perusahaan anak tersebut diperoleh dengan harga perolehan sebesar nilai buku, maka semua modal perusahaan anak dan investasi akan habis dieliminasi.

PSAK
PSAK No.4 mengenai Laporan Keuangan Konsolidasi versi tahun 1994 dalam paragraf 16 mengatur bahwa apabila dipenuhi kriteria konsolidasi, maka laporan keuangan konsolidasi wajib disusun. Untuk tujuan pelaporan keuangan, induk perusahaan yang memenuhi kriteria konsolidasi tidak boleh menyajikan tersendiri laporan keuangannya (tanpa konsolidasi) karena hanya ada satu laporan keuangan bertujuan umum  (general purpose financial statement), yaitu laporan keuangan konsolidasi.

Akan tetapi, laporan keuangan tersendiri boleh disajikan apabila bertujuan untuk memberikan informasi tambahan bagi pengguna laporan keuangan konsolidasi. Dalam laporan keuangan induk perusahaan yang disajikan tersendiri tersebut, penyertaan pada anak perusahaan harus dipertanggungjawabkan dengan menggunakan metode EKUITAS.

Sedangkan berdasarkan PSAK No. 4 versi Revisi 2009 mengenai Laporan Keuangan Konsolidasian dan Laporan Keuangan Tersendiri yang mulai berlaku efektif untuk tahun buku yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2011 dan menggantikan PSAK 4 (1994) di atas, mengenai penyajian laporan keuangan induk perusahaan (entitas induk) diatur dalam paragraf 35-41.

0 Response to "laporan keuangan konsolidasi adalah "

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.