cara membasuh muka yang benar

Agen SBOBET
Ini dia cara yang benar membersihkan wajahmu.
  1. Saat memilih pembersih wajah atau cleanser yang tepat, baca dengan teliti kemasannya untuk mendapatkan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu. Apakah jenis kulitmu kering, berminyak atau kombinasi? Kalau kombinasi, seluruh kulit wajahmu cenderung kering dan hanya daerah T (dahi dan hidung) saja yang berminyak. Teliti membaca kemasan berguna agar kulitmu terhindar dari alergi atau timbul jerawat bila memakai cleanser yang nggak tepat. Cleanser yang tepat adalah cleanser yang setelah dipakai nggak menimbulkan rasa kering dan perih pada wajah.
  2. Sebelum membersihkan wajah, “bersihkan” area wajah dari rambut dengan menguncirnya ke belakang atau memakai bandana.
  3. Basahi wajahmu dengan air hangat agar kulit wajah lembap dan pori-pori kulit terbuka. Kemudian basahi telapak tangan dengan air, ambil sedikit cleanser, gosok hingga mengeluarkan busa. Secara perlahan bersihkan wajahmu sampai ke bagian leher dengan busa tadi. Lakukan dengan gerakan memutar sambil dipijat perlahan untuk mengeluarkan sisa kotoran pada wajah, sekaligus untuk memperlancar peredaran darah. Make sure busa yang dihasilkan cukup banyak agar cleanser nggak langsung mengenai kulitmu.
  4. Bilas wajah dengan menggunakan kain halus yang telah dibasahi air dingin atau bersihkan wajah langsung dengan air dingin (tanpa kain). Air dingin berguna untuk menutup pori-porimu.
  5. Setelah bersih, basuh wajah dan leher dengan handuk halus dengan cara menepuknya perlahan. Ini agar kulitmu benar-benar kering dan nggak lecet.
  6. Terakhir, oleskan moisturizer atau pelembap agar kulit nggak kering.]
Cuci Muka Dengan Air Hangat Sebaiknya Dihindari

Seruu.com - Air hangat memang bisa memberikan efek relaksasi, namun sebaiknya untuk mencuci muka hindari penggunaan air hangat, saran pakar dermatologi dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K).

"Air hangat apalagi air panas dapat menyebabkan pori-pori wajah melebar dan menyebabkan sebum (kelenjar minyak) menjadi lebih aktif," kata Tina saat jumpa pers peluncuran produk anti jerawat di Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Tina mengemukakan bahwa secara natural minyak dihasilkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun produksi minyak berlebihan dapat menyebabkan timbulnya akne atau jerawat.

"Sebaiknya gunakan air dingin untuk mencuci wajah. Karena selain lebih segar, air dingin cenderung tidak memberikan rangsangan pada sebum," kata Tina.

Lebih lanjut Tina menjelaskan upaya pencegahan jerawat dapat dilakukan dengan rajin membersihkan wajah, atau mencuci wajah tiga kali sehari.

Mencuci wajah juga sangat dianjurkan apabila Anda merasa kulit wajah mulai kotor dan berminyak, supaya pori wajah tidak tersumbat kotoran dan minyak penyebab jerawat.

"Jangan pernah memegang atau memencet jerawat, karena akan meninggalkan noda hitam dan bekas parut pada lokasi jerawat tersebut," imbuh Tina.

Memilih produk yang tepat
Sebelum mencuci wajah, teliti dulu dalam menggunakan produk pembersih muka. Sesuaikan dengan jenis kulit wajah yang kita miliki; normal, kering, berminyak atau kombinasi, karena setiap pembersih wajah memiliki kandungan yang berbeda untuk setiap jenis kulit. Kulit normal cenderung aman untuk mencoba berbagai jenis produk.

Boleh enggak menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah? Menurut para ahli kecantikan, hal tersebut tergantung dari jenis kulit wajah dan seberapa sering pemakaiannya. Jika menggunakannya hanya beberapa kali dan memiliki kulit wajah yang normal atau berminyak, hal tersebut enggak menjadi masalah meskipun kurang tepat. Sedangkan untuk kita yang memiliki kulit yang cenderung kering bahkan sesitif, hal ini enggak dianjurkan karena sabun mandi memiliki kadar pH (tingkat keasaman) yang lebih keras ketimbang pembersih wajah. Salah-salah, muka kita kehilangan kelembabannya.a

dipublikasikan oleh +Rinal Purba 

0 Response to "cara membasuh muka yang benar "

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.