kebutuhan sosial abraham maslow

Agen SBOBET
kebutuhan sosial adalah merupakan kebutuhan untuk dapat diterima lingkungannya.

termasuk lah itu di dalam ketiga kebutuhan dasar manusia yaitu sbb:
1) Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok atau dasar, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan ini meliputi makanan, pakaian, dan perumahan (pangan, sandang dan papan). Agar tetap hidup manusia membutuhkan makan setiap hari, berpakaian yang layak, dan mempunyai tempat tinggal untuk menghindari sengatan matahari, siraman air hujan, dan pengaruh udara. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok atau dasar, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Apabila kebutuhan primer ini tidak terpenuhi, maka manusia sulit untuk melangsungkan kehidupan dan mewujudkan jati diri sesuai dengan kodratnya.
Seperti halnya dalam kebudayaan nasional, kebutuhan ini sangatlah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia karena kebutuhan primer ini merupakan kebutuhan awal yang paling mendasar dalam menjamin kehidupan manusia.
sumber video : youtube.com
2) Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder antara lain radio, televisi, meja dan kursi, tempat tidur, dan sebagainya. Manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya mempunyai kebutuhan yang berkembang seiring dengan tuntutan kepuasan yang diinginkan. Kebutuhan sekunder sebenarnya tidak begitu penting untuk diwujudkan, karena tanpa pemenuhan kebutuhan inipun manusia dapat tetap hidup.

3) Kebutuhan Tersier Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Kebutuhan tersier atau kebutuhan akan barang mewah antara lain villa, mobil mewah/kapal pesiar dan kebutuhan mewah lainnya. Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan tersier ini pada dasarnya berkenaan dengan status seseorang, agar lebih dihargai oleh orang lain dan lebih terpandang.

atau  6 kebutuhan dasar (dipopulerkan oleh Anthony Robbins):

1. Kepastian / kenyamanan
Semua manusia butuh kepastian bahwa akan ada pasangannya yang memberikan kenyamanan untuk dia. Ini makanya wanita akan uring-uringan kalau anda hanya pacaran tanpa ada niat untuk menikahinya.

2. Variasi
Setelah ada kepastian, manusia butuh variasi. Butuh sedikit ketidak-pastian. Sedikit tantangan. Ini yang membuat hidup jadi lebih hidup. Betul?

3. Merasa unggul / signifikan
Setiap manusia, siapapun dia pasti butuh merasa didengarkan. Butuh ‘dianggap’. Makanya bila kita terus-menerus ‘menginjak’ manusia, dia pasti akan melawan.

4. Cinta / hubungan
Anda, saja, siapapun itu butuh dicintai. Butuh hubungan antar manusia. Entah dicintai oleh lawan jenis, atau sesama jenis. Bila tidak dapat cinta dari lawan jenis, maka cinta dari sesama jenispun akan diterima.

Sekali lagi saya ulangi karena penting, dengan cara APAPUN harus terpenuhi. Entah dengan cara sehat atau tidak.

5. Bertumbuh
Bila tidak bertumbuh manusia mati. Bukankah Darwin mengatakan bahwa yang bertahan hidup bukan yang paling kuat atau yang paling pintar? Namun yang paling mau berubah / bertumbuh.

6. Kontribusi
Sebagian manusia butuh berkontribusi. Sudah bukan materi lagi yang menjadi fokusnya, namun kesempatan untuk memberikan lebih. Saya rasa di negara kita, ada orang-orang dahsyat seperti ini.

0 Response to "kebutuhan sosial abraham maslow "

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.