contoh dampak positif dan negatif globalisasi di indonesia & pengertian

Agen SBOBET
GLOBALISASI YANG TAK TERHENTIKAN !!
-GLOBALISASI TERHADAP AKTIVITAS BISNIS DI INDONESIA
OLEH : RINALDHIE PURBA ( +Rinal Purba )
NPM : 1015100104

Globalisasi Mempunyai dampak yang besar positif atau untuk kemajuan aktifitas bisnis di indonesia, meskipun tidak di pungkiri ada sisi yang negatif nya bagi sebahagian kalangan . Namun sebenarnya bagian negatif bagi sebahagian kalangan tersebut bisa di atasi supaya mereka siap dan apabila ada dan atau dimulainya globalisasi maka mereka akan bisa mengambil keuntungan yang tentunya saja bukan mendapat buntungnya saja .

Lalu bagaimana kah caranya ? jawabnya adalah dengan mempelajari apa apa saja yang perlu di benahi baik dari skill per individual tentang apa itu globalisasi dan cara menerimanya juga mengaplikasikan nya di dalam kehidupan , juga kesiapan mental menghadapi globalisasi tersebut .

Lalu di tinjau dari segi bisnis Pasar bebas merupakan salah satu bentuk nyata dari globalisasi ekonomi. Pengaruh dari globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia diantaranya adalah tumbuhnya kreativitas para pelaku ekonomi Indonesia serta semakin mendunia produk - produk buatan Indonesia.

Dengan adanya globalisasi, para pelaku ekonomi, memang dituntut untuk semakin kreatif menciptakan produk - produk yang tidak hanya mampu bersaing dengan sesama produk buatan dalam negeri, namun juga harus mampu bersaing dengan produk - produk dari negara lain disinilah sklil individual seperti yang saya sebutkan di atas sangat di perlukan .

Tanpa adanya pengembangan produk, sudah pasti produk mereka tidak akan bisa laku di pasaran. Terlebih seperti yang kita ketahuai sejak CAFTA (China Asia Free Trade Assosiation) diberlakukan, barang - barang dari China mulai membanjiri pasar Indonesia. Tidak hanya bentuk serta tampilan produk yang menarik, namun juga harga yang ditawarkan sangat murah bila dibandingkan dengan produk - produk buatan Indonesia.

Terus lagi jika kita sekarang ini membicarakan ini dari segi akktifitas bisnis di indonesia maka yang kemungkinan besar kita akan memikirkan UMKM ( usaha mikro kecil menengah ) mengapa ?? Indonesia merupakan negara yang sebagaian besar sektor ekonominya dalam bentuk UMKM sehingga hal tersebut akan mempersulit indonesia untuk memasuki pasar global karena UMKM memiliki keterbatasan dengan modal dan teknologi. Apabila pada masa mendatang indonesia tidak mampu menghadapi persaingan perdagangan global, maka indonesia akan lebih bergantung pada negara-negara lain. Menghadapi persaingan global akan mengakibatkan kemenangan bagi yang kuat dan kekalahan bagi yang lemah dalam bersaing.

Globalisasi memasuki pasar dengan cara yang sistematis dengan tahapan pasar domestik, internasional, multinasional, global, dan transnasional melalui produk dan jasa, teknologi, budaya, dan sebagainya. Salah satu bentuk globalisasi yaitu di daerah depok, ada sebuah pasar tradisional yaitu pasar depok lama. Tidak jauh dari situ terdapat mall, di dalam mall tersebut terdapat supermarket. Akibat dari hal tersebut yaitu pasar tradisional akan mati dengan sendirinya secara perlahan karena kalah bersaing dengan supermarket yang ada di dekat pasar tersebut.

Dampak positif globalisasi antara lain:

1. Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dengan catatan produk ekspor Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini membuka kesempatan bagi pengusaha di Indonesia untuk melahirkan produk-produk berkualitas, kreatif, dan dibutuhkan oleh pasar dunia.
2. Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia.
3. Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia.
4. Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata, sehingga membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia.

Dampak negatif globalisasi 
  1. bagi kegiatan ekonomi di Indonesia terutama bersumber dari ketidaksiapan ekonomi Indonesia dalam persaingan yang semakin bebas.
  2. Dampak negatifnya sebagai berikut.
  3. Kemungkinan hilangnya pasar produk ekspor Indonesia karena kalah bersaing dengan produksi negara lain yang lebih murah dan berkualitas. Misalnya produk pertanian kita kalah jauh dari Thailand.
  4. Membanjirnya produk impor di pasaran Indonesia sehingga mematikan usaha-usaha di Indonesia. Misalnya, ancaman produk mainan Cina yang lebih murah bagi industri mainan di tanah air.
  5. Ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi. Investasi yang sudah ditanam di Indonesia bisa dengan mudah ditarik atau dicabut jika dirasa tidak lagi menguntungkan. Hal ini bisa memengaruhi kestabilan ekonomi.Ancaman masuknya tenaga kerja asing (ekspatriat) di Indonesia yang lebih profesional SDMnya. Lapangan kerja di Indonesia yang sudah sempit jadi semakin sempit.

Kesimpulannya dari saya , globalisasi bisa berdampak positif atau negatif tergantung kesiapan kita mengadapinya. Dan alangkah baiknya juga pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam hal ini .

contoh globalisasi pada media:

Sosial Budaya

Dari sudut kebudayaan, globalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan kemampuan bahasa asing, meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap mental kearah yang lebih baik, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku.

Teknologi dan Transportasi

Dalam bidang teknologi, globalisasi telah banyak membawa perubahan yang begitu besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Kemajuan zaman menyebabkan terjadinya perkembangan terhadap teknologi informasi. Dengan adanya perkembangan, masyarakat memperoleh manfaat yang sangat banyak. Contoh, dengan adanya Internet kita bisa mengetahui tentang apa saja yang belum kita letahui.
Selain itu perkembangan dan perubahan juga terjadi di bidang teknologi transportasi. Contoh, dengan adanya tranportasi melalui udara kita bisa mancapai suatu tujuan dengan cepat.

Ekonomi

Globalisasi juga membawa dampak terhadap kehidan bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi seperti, Globalisasi mampu meningkatkan kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita mayarakat.

Politik

Di Indonesia, politik juga mengalami perkembangan akibat dari globalisasi. Seperti, Indonesia mampu menegakkan nilai-nilai demokrasi, mempererat hubungan dan meningktkan keaktifan dalam hubungan inernasional demi menuju perdamaian dunia.

Hukum

Dalam bidang hukum, Indonesia turut serta dalam organisasi Internasional dan turut meratifikasi perjanjian hukum internasional dalam berbagai masalah.

Lingkungan Hidup

Dalam rangka keikut sertaannya Indonesia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Indonesia juga turut menentang pemakaian senjata nuklir baik untuk perang maupun penelitian yang dapat merusak lingkungan hidup.

1. Cara Transaksi (Pendekatan)

Dalam menyiapkan request kepada negara lain terdapat 4 (empat) transaksi (mode of supply) yaitu pertama Cross Border Trade, dimana mereka tidak datang (tidak hadir), tetapi bisa berupa jasa konsultan ataupun melalui internet; Kedua, mode of consumption Abroad, dimana mereka datang dan menginvest (menanamkan modalnya). Ketiga, Commercial Presence, Keempat, movement of Natural person, dimana jasa mereka langsung diberikan.

2. Bidang ketenagakerjaan (SDM)

Dari 4 (empat) mode of supply tersebut masalah ketenagakerjaan (SDM) terkait dengan mode 3 dan terutama mode 4 (empat). Cakupan mode 4 diantaranya :

a. Kategori Individu (natural Person)
Penyediaan jasa individu seluruh negara anggota seperti self employment dan memperoleh
consumerasi secara langsung dari pelanggan (costumer) .

b. Pembatasan Hambatan
Barrior atau hambatan selalu ada, dan yang perlu bagaimana mengatasi hambatan tersebut.

c. Kriteria penilaian yang digunakan

Kriteria yang digunakan diantaranya :
• Kepadatan penduduk dan distribusi jasa secara geografis
• Kondisi pasar sekarang dan masa yang akan datang
• Kondisi ekonomi dan keuangan secara umum dan lokal
• Tingkat penyediaan jasa sekarang

Akibat/impact dari masuknya pendatang baru terhadap kenyamanan publik termasuk produktivitas penyediaan jasa.

d. Hambatan dalam izin kerja dan visa

Hambatan dalam ijin bekerja (working permit) dan visa diantaranya:
• Legilitas yang ketat untuk perolehan ijin tenaga kerja dan perolehan visa
• Pembatasan waktu tinggal
• Prosedur memperoleh ijin dan visa yang rumit dan memakan waktu lama.

e. Klasifikasi dan pengakuan (recognition)

Klasifikasi dan pengakuan diantaranya :
Persyaratan penyedia jasa harus telah menempuh pendidikan dan pelatihan yang cukup sebelum menggunakan jasa tenaga kerja.

f. Pembahasan lainnya

Pembahasan lain diantaranya :

• Persyaratan tempat tinggal (residency)
• Pre employment (harus bekerja dulu, umumnya satu atau dua tahun)
• Pembatasan jumlah
• Persyaratan mengenai upah.

video terkati globalisasi :

 thankss

artikel lawas terkait 

2 Responses to "contoh dampak positif dan negatif globalisasi di indonesia & pengertian"

  1. Prosedur untuk memilih ijin dan visa itu sekarang bisa berapa lama min?

    BalasHapus
  2. Artikelnya kurang lengkap min, coba ditambahi lagi bahannya

    BalasHapus

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.