definisi manajemen perkantoran menurut para ahli

Edwin Robinson dan William Leffingwell
"Manajemen Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu."
George R. Terry
"Manajemen perkantoran adalah perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan."

Pengertian manajemen perkantoran menurut John Neuner dan Benjamin Haynes.

“For this reason office management covers a narrower fild than the term “management” generally implies,office management concerning it self to a large extent with office superfision.”
(Berdasarkan alasan ini manajemen perkantoran mencangkup bidang yang lebih sempit dari pada yang umumnya di kandung oleh istilah ”manajemen” manajemen perkantoran untuk bsebagian besar berkenaan dengan pengawasan perkantoran.


Millis Geoffrey

"Manajemen kantor adalah seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan."

Pengertian manajemen perkantoran menurut Suparjati dkk (2000:4)

mengemukakan manajemen perkantoran adalah suatu proses kerjasama di dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.

Pengertian manajemen perkantoran menurut Arthur Grager :

 “Office management is the function of administering, the communication and record services of an organization”.
(Manajemen Perkantoran merupakan fungsi tata-penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisasi)

Pengertian manajemen perkantoran menurut Gie (1991:4) 

manajemen perkantoran adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan, mengawassi, dan mengendalikan sampai menyelenggarakan secara tertib pekerjaan kantor.

Pengertian manajemen perkantoran menurut Millis Geoffrey Manajemen kantor adalah seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan

Pengertian manajemen perkantoran menurut Hal Nourse : “it seems to me that office management in the broeder senseminght embrace, not onli the generally accepted office service functions, bat also the areas fo fungtional control and administrative direction of most clerical and paperwork.”

W.H. Evans

"Administrasi perkantoran merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi."'

Berikut beberapa buku yang mungkin bisa dibuat referensi:
1. Ida Nuraida. SE. Manajemen Administrasi Perkantoran. 2008. Penerbit Kanisius
2. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Penerbit: Erlangga
3. Hendi Haryadi. Administrasi Perkantoran untuk Manajer & Staf, Penerbit: VisiMedia
4. Dra. Suparjati, dkk. Seri Administrasi Perkantoran:Tata Usaha & Kearsipan. Penerbit: Kanisius
5. Liang Gie The. Kamus administrasi perkantoran. Penerbit; Nur Cahaya, 1979
6. Irra Chrisyanti Dewi, S.Pd., M.SM. Manajemen Perkantoran, 2011.
7. Drs. Moekijat. Administrasi Perkantoran, Cet:VIII / 2008
8. dll

lainya terkait :

Berikut adalah penjelasan fungsi-fungsi manajemen:

1. Perencanaan ( Pleanning) : Dalam Perencanaan, seseorang menentukan sasaran yang ingin dicapai, tindakan yang harus dilaksanakan, bentuk organisasi yang tepat untuk mencapainya. Dan orang- orang yang Bertangungjawab terhadap kegiatan yang akan dilaksnakan . tujuan fungsi perencanaan:
1. Mengurangi/ mengimbangi ketidakpastian dan perubahan di waktu yang akan datang.
2. Memusatkan perhatian kepada sasaran
3. Mendapatkan / menjamin proses pencapaian tujuan terlaksana secara economis.
4. Memudahkan pengawasan.
2. Fungsi Pengorganisasian: Organisasi tumbuh dari kebutuhan manusia untuk bekerja sama pengorganisasian (organizing) adalah : penetapan struktur peran-peran melalui penentuan aktivitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan dan bagian-bagianya, pengelompokka aktivitas2 penugasan kelompok- kelompok aktivitas kepada para menejer pendelegasian wewenan utuk melaksanakanya , pengkoordinasian hubungan wewenang dan informasi baik horizontal maupun vertikal dalam struktur organiasasi.
3. Fungsi memimpin atau mengarahkan:
Memimpin/leding adalah: seni atau proses mempengaruhi dan mengarahkan orang lain agar mereka mau berusaha untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh kelompok. Oleh sebab itu seorang menejer harus memotivasi bawahanya agar mau melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kantor sebagai pusat konsentrasi dalam melaksanakan aktivitas organisasi, didalamnya terhadap manusia, uang, material, metode,dan pasar sebagai sumber daya yang akan dikelola. Sumber daya tersebut diperuntukkan bagi pelaksanaan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan, dan penyaluran informasi agar hasil pekerjaan kantor tersebut dapat tercapai tujuan, yaitu tersedianya informasi yang siap pakai, maka hendaklah diterapkan. Fungsi-fungsi manajemen terhadap sumber daya tersebut.Manajemen kantor berarti suatu pengelolaan data dan informasi tertulis yang dilakukan secara teratur, sistematis dan terus menerus mengikuti kegiatan organisasi, dengan tujuan untuk membentuk keberhasilan organisasi yang bersangkutan. Dengan demikian fungsi manajemen kantor sama dengan fungsi manajemen pada umumnya,di mana pengelolaannya terfokus pada lingkup pekerjaan kantor.

* Segi Pengorganisasian

Penyusunan tenaga kerja dan pembagian tugas-tugas tenaga kerja tersebut. Mis : karyawan ® pegawai ® staf ® manajer

* Segi Kepegawaian

Yang berhubungan dengan perusahaan tenaga kerja, penempatan, latihan, kenaikan pangkat,dan pemberhentian tenaga kerja.

* Segi Metode / prosedur
+Rinal Purba
Suatu sistem urutan pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan bagaimana, dimana pekerjaan tersebut dilaksanakan.

* Segi Mesin-Mesin dan Perlengkapan

Mesin-mesin dan semua benda-benda atau barang mati yang dipergunakan dalam kantor-kantor untuk membantu atau mempermudahpelaksanaan pekerjaan.

* Segi Lingkungan

Lingkungan gedung kantor dan kondisi-kondisi fisik dalam gedung.

Tugas seorang manajer kantor adalah mengawasi kantor untuk mencapai tujuannya dan memberikan pengarahan-pengarahan kepada para bawahannya.

demikian update terbaru

video terkait :
..
Loading...

0 Response to "definisi manajemen perkantoran menurut para ahli"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.