Carlos Juan Finlay serang penemu sumber penyakit demam kuning biorgrafi

Agen SBOBET
google doodle hari ni tematpnya pada tanggal 03 bulan 12 tahun 2013 mengadakan atau memperingati hari ulang tahun dari Carlos Juan Finlay yang merupakan seorang penemu sumber penyakit demam kunin..

berikut ini selengkapnya :
biografi 
carlos Juan Finlay adalah seorang dokter Kuba dan ilmuwan yang diakui sebagai pelopor dalam penelitian demam kuning. Pada tahun 1853 ia menghadiri Jefferson Medical College di Philadelphia, Pennsylvania. Dia lulus pada 1855 dan menyelesaikan studinya di Havana dan di Paris. Setelah itu ia menetap di Havana dan membuka praktek medis.
+Rinal Purba
Pekerjaan Finlay, dilakukan selama 1870-an, akhirnya datang ke menonjol pada tahun 1900. Dia adalah orang pertama yang berteori, pada tahun 1881, bahwa nyamuk adalah pembawa, sekarang dikenal sebagai penyakit vektor organisme yang menyebabkan demam kuning : nyamuk yang menggigit korban penyakit selanjutnya bisa menggigit dan dengan demikian menginfeksi orang yang sehat. Setahun kemudian Finlay mengidentifikasi nyamuk dari genus Aedes sebagai organisme transmisi demam kuning. Teorinya diikuti oleh rekomendasi untuk mengontrol populasi nyamuk sebagai cara untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini.
gambar beliau tampak di google doodle 

ada 1879, Finlay ditunjuk pemerintah Kuba untuk bekerja dengan sebuah komisi Amerika Utara untuk mencari penyebab demam kuning. Dua tahun kemudian dia dikirim sebagai perwakilan Kuba untuk menghadiri Konferensi Sanitari Internasional kelima di Washington DC.

Di konferensi itu, Finlay mendesak dilakukannya penelitian terhadap vektor demam kuning dan kemudian menyebut bahwa karier penyakit itu adalah nyamuk Culex Fasciatus yang kini dikenal sebagai Aedes aegypti.

Saat Dewan Demam Kuning militer AS tiba di Kuba pada 1900, Finlay mendesak agar mereka mempelajari mengenai teori vektor-nyamuk yang diungkapkannya.

Akhirnya, hipotesa dan bukti yang diajukan oleh Finlay diterima oleh ketua dewan tersebut Walter Reed. Hal itu membuka jalan untuk pemusnahan demam kuning dan menyelamatkan ribuan nyama di Amerika Selatan, Karibia, Afrika, dan selatan Amerika Serikat.

Finlay meninggal pada Agustus 2015 akibat stroke di kediamannya di Havana.

Karier profesional

Riset Finlay dimulai selama tahun 1870-an, dan mulai diakui pada tahun 1900. Ia adalah orang pertama yang menyatakan bahwa nyamuk adalah pembawa organisme vektor yang menyebabkan demam kuning; menurutnya, nyamuk yang menggigit korban terinfeksi bisa menginfeksi orang yang sehat melalui gigitan.Setahun kemudian, Finlay menemukan bahwa nyamuk dari genus Aedes adalah organisme yang menularkan demam kuning. Teorinya ini diikuti oleh rekomendasi untuk mengontrol populasi nyamuk sebagai cara untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini. Hipotesisnya ini kemudian dibuktikan hampir dua puluh tahun kemudian oleh Walter Reed pada tahun 1900. Finlay kemudian menjadi kepala petugas kesehatan di Kuba pada tahun 1902-1909.

Finlay adalah anggota Havana's Royal Academy of Medical, Physical and Natural Sciences. Ia fasih berbahasa Perancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris, dan bisa membaca aksara Latin. Ia juga menulis berbagai artikel mengenai kusta, kolera, gravitasi, dan penyakit tanaman, namun ketertarikan utamanya adalah mengenai demam kuning. Atas teorinya mengenai demam kuning ini, Finlay telah dinominasikan sebanyak tujuh kali sebagai penerima Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran, namun tidak pernah mendapatkannya. Ia menerima penghargaan Legion of Honour dari Perancis pada tahun 1908
foto biografi beliau 
Kematian

Finlay wafat di rumahnya pada tanggal 3 Desember 1915 akibat serangan stroke yang disebabkan oleh kejang otak parah, ia dikebumikan di Havana, Kuba
hipotesis dan bukti lengkap dikonfirmasi hampir dua puluh tahun kemudian oleh Komisi Walter Reed 1900. Finlay kemudian menjadi petugas kesehatan kepala Kuba 1902-1909. Meskipun Dr Reed menerima banyak kredit dalam buku-buku sejarah untuk "mengalahkan" demam kuning, Reed sendiri dikreditkan Dr Finlay dengan penemuan vektor demam kuning, dan dengan demikian bagaimana mungkin akan dikendalikan. Dr Reed sering dikutip makalah Finlay dalam artikel sendiri dan memberinya kredit untuk penemuan dalam korespondensi pribadinya.
video in youtube google doodle
Dalam kata-kata Jenderal Leonard Wood , seorang dokter dan AS gubernur militer Kuba pada tahun 1900: "Konfirmasi doktrin Dr Finlay adalah langkah maju terbesar yang dibuat dalam ilmu medis sejak Jenner penemuan murah dari vaksinasi [untuk cacar ]." Penemuan ini membantu William C. Gorgas mengurangi insiden dan prevalensi penyakit yang ditularkan nyamuk di Panama selama kampanye Amerika dari 1903 dan seterusnya untuk membangun Terusan Panama . Sebelum ini, sekitar 10% dari tenaga kerja meninggal setiap tahun dari malaria dan demam kuning.

Di kotamadya Marianao sekarang dalam kota Havana , ada sebuah monumen untuk menghormati Dr Finlay. Monumen ini memiliki bentuk jarum suntik dan biasanya disebut sebagai El Obelisco (The Obelisk). Finlay juga diperingati pada 1981 cap Kuba. Sebuah patung memperingati Dr Finlay terletak di bayfront di Panama City , dekat kanal ia membantu membuat mungkin. The UNESCO Carlos J. Finlay Prize for Microbiology dinamai untuk menghormatinya.
video lainya ..

artikel lainya klik disini 

0 Response to "Carlos Juan Finlay serang penemu sumber penyakit demam kuning biorgrafi"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.