pengertian kolagen dan elastin

Agen SBOBET
Kolagen merupakan protein berserat. Bersama elastin dan keratin, kolagen membentuk jaringan ikat. Jaringan ikat merupakan jaringan yang berperan untuk elastisitas dan kekuatan kulit.

Penipisan kulit, muncul garis-garis halus dan kerutan terjadi ketika produksi kolagen mulai menurun. Oleh sebab itu, kolagen sangat dibutuhkan untuk menjaga kemudaan kulit. Proses penurunan produksi kolagen biasanya terjadi di akhir umur 20-an dan di awal umur 30-an.

Biasanya wanita memakai krim anti aging yang mengandung kolagen sebagai perawatan luar. Tapi ternyata krim-krim perawatan yang mengandung kolagen sama sekali tidak bermanfaat untuk kulit. Seperti dikutip hubpages, alasan produk yang mengandung kolagen tidak bekerja adalah karena molekul kolagen yang terlalu besar sulit masuk ke dalam lapisan kulit.

Perawatan kulit dari dalam ternyata lebih efektif dibanding perawatan dari luar. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat memproduksi kolagen.

Kolagen Pada Gamat
Manfaat gamat terutama memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi sebagai zat yang sangat penting yang dibutuhkan oleh manusia. Kolagen merupakan sebuah senyawa protein yang terdapat pada tubuh kita dengan jumlah yang sangat banyak. Kolagen ini membentuk sebuah struktur yang bersifat organik dan memiliki peran untuk proses pembentukan regenerasi tulang, otot, gigi, kulit dan sendi.

Kolagen merupakan komponen yang paling utama untuk pembentukan dermis. Keberadaan kolagen pada dermis ini yang akan menjadikan kulit menjadi kencang dan memiliki elastisitas dan kelembutan yang sangat didambakan oleh setiap orang terutama para wanita. Kolagen akan tidak berfungsi secara normal ketika usia semakin bertambah. Bukti lain yang dapat diketahui secara jelas dari ketidak berfungsian kolagen adalah kulit yang menjadi keriput dan mengendur sehingga membentuk garis garis atau kulit yang tidak kencang lagi.

setiap harinya kita sering mendengar kata kolagen, namun sebenarnya apakah kolagen itu? Nama ‘collagen’ berasal dari bahasa Yunani yaitu ’kola’ yang berarti gula dan ‘gen’ yang berarti produksi. Kolagen merupakan suatu protein penting yang dapat ditemukan di seluruh tubuh kita. Kolagen dapat ditemukan di kulit, tulang, hingga ke organ dalam tubuh sampai ke pembuluh darah.

Terdapat 28 jenis kolagen di dalam tubuh, namun jenis kolagen tipe I hingga V merupakan jenis yang paling sering ditemukan. Tentu, kita sering mendengar fungsi kolagen terhadap kulit namun ternyata selain di kulit, kolagen juga berfungsi untuk organ atau jaringan lain yang penting di tubuh. Fungsi kolagen ada bermacam-macam, contohnya adalah :

Tulang
Kolagen memiliki fungsi penting untuk tulang. Struktur tulang terdiri dari berbagai macam bahan salah satunya adalah gabungan dari kolagen dan mineral yang dinamakan hydroxyapatite. Kedua substansi ini bekerja untuk membuat struktur, fleksibiltas dan kekuatan dari tulang.
Otot
Kolagen memiliki fungsi penting untuk otot. Serat kolagen memiliki fungsi untuk memperkuat otot dan struktur otot untuk kelangsungan otot setiap harinya. Serat kolagen tidak hanya ditemukan di otot rangka, namun juga ditemukan di otot polos (yang berada di saluran kemih dan organ reproduksi) serta otot jantung.

Pembuluh Darah
Kolagen memiliki fungsi penting dalam struktur pembuluh darah. Kolagen memiliki fungsi dalam membentuk dinding pembuluh darah vena, arteri dan kapiler. Kolagen memiliki fungsi untuk memperkuat pembuluh darah, menjaga struktur dan kelenturan pembuluh darah, dimana fungsi ini penting guna membawa aliran darah ke seluruh tubuh.

Kulit
Salah satu fungsi dari kolagen yang paling terbesar adalah fungsinya sebagai penyokong kulit. Menurut dr.Eric dari University of Pennsylvania, 80% berat kulit kita terdiri dari kolagen. Kolagen menyediakan struktur ke kulit yang bekerjasama dengan protein lain yang dinamakan elastin, yang berguna untuk membuat kulit lebih elastis.

Elastin (elastin) : protein pembentuk serat pada jaringan pengikat antara dua tulang pada vertebrata, bersifat lentur (elastis) sehingga dapat menggerakkan tulang
Ringkasan Elastin

Protein sangat penting untuk segala sesuatu yang kita lakukan. Salah satu protein penting dalam tubuh manusia elastin. Elastin adalah protein yang fleksibel yang memungkinkan kulit kita serta semua organ dikelilingi oleh jaringan ikat untuk melenturkan kembali ke bentuk aslinya. Elastisitas ini penting untuk banyak proses kehidupan, termasuk pernapasan dan gerakan.

Kulit Sehat

Ada beberapa anti-penuaan krim yang mengklaim untuk bermegah membantu produksi elastin. Krim duduk di permukaan kulit dan tidak menembus jauh ke dalam lapisan dermis untuk membantu produksi elastin. Sebuah diet sehat dan olahraga dapat membantu mencegah penuaan kulit.
Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan dapat menyebabkan serat elastin menjadi lemah. Kerusakan akibat sinar matahari dan penyamakan berbahaya bagi reproduksi elastin. Sering perubahan berat badan juga dapat menyebabkan serat elastin kehilangan kekuatan mereka

Kencangkan Kulit dengan Formula Elastin Dari L'Oreal

Kecantikan kulit menjadi prioritas untuk sebagian wanita. Namun, seiring bertambahnya usia, kualitas dan kinerja kulit semakin menurun.

Rangkaian perawatan 'evitalift with Elastin' dari L'Oreal menjadi solusi perawatan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Rangkaian produknya telah dikembangkan secara khusus dan menjadi produk anti aging nomor satu di dunia berdasarkan data Nielsen Perancis 2009 di 50 negara.
Produk perawatan anti aging Revitalift terdiri dari cleansing, care dan specific care. Formula inovatif yang terkandung dalam produknya terdiri dari Pro-retinol, Pro-tensium E dan Vitabrine mampu mengurangi kerutan, mengencangkan serta menghaluskan kulit.

Yang menguatkan produk ini adalah formula Elastin. Elastin adalah senyawa alami kulit yang memiliki fungsi untuk meningkatkan elastisitas dan merupakan komponen utama dalam lapisan dermal kulit. Kandungan Elastin dan kolagen merupakan kandungan protein yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kekencangan dan kehalusan kulit wajah.

by +Rinal Purba

artikel lawas 

0 Response to "pengertian kolagen dan elastin"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.