asal usul marga purba simalungun sisilah sejarah dan community

Agen SBOBET
Purba secara etimologi bermakna timur, kata ini serumpun dengan kata purwa dalam bahasa Jawa. Kata ini berakar dari bahasa Sanskerta "purva". Pengaruh budaya India yang kental dengan corak Hindu-Buddha melalui bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa pada awal abad Masehi sangat besar peranannya dalam mewarnai kebudayaan nusantara. Pengaruh itu tentunya tidak terelakkan oleh suku Simalungun, akibat dari pengaruh yang berlangsung selama berabad-abad tersebut sehingga ditemukan begitu banyak budaya Simalungun yang bernuansa Hindu.

Purba adalah salah satu marga dari empat marga besar di Simalungun. Marga ini terbagi ke dalam beberapa cabang yaitu Tambak, Sidasuha, Sidadolog, Sidagambir, Sigumonrong, Silangit, Tambun Saribu, Tua, Tanjung, Pakpak, Siboro, Girsang, Tondang, Sihala, Manorsa, dan Raya. Penamaan Purba sebagai marga dari suatu kelompok masyarakat Simalungun dapat dideskripsikan, kelompok penyandang marga ini mendiami wilayah bagian timur atau nenek moyang yang menurunkan marga ini datang dari arah timur Sumatera.

Marga Purba dahulu menguasai lima kerajaan yaitu kerajaan Silou dengan rajanya bermarga Purba Tambak, kerajaan Dolog Silou dengan rajanya juga bermarga Purba Tambak, kerajaan Panei dengan rajanya marga Purba Sidasuha, kerajaan Purba rajanya marga Purba Pakpak, dan kerajaan Silimakuta rajanya bermarga Purba Girsang.

Grup ini dibentuk dalam rangka menyatukan seluruh marga Purba Simalungun yang ada di penjuru bumi ini agar saling berkenalan, mempererat kekeluargaan dan saling tukar menukar informasi yang berkaitan dengan sejarah marga Purba. Grup ini didirikan di Medan pada tanggal 19 Desember 2011 pukul 07.36 WIB.

sumber :  PPS community
Pendiri: Masrul Purba

Administrator:
1. Laiden Purba
2. Neldy Sigumonrong
3. Boston Girsang

yang memposting +Rinal Purba

LIHAT SELANJUTNYA PEMBAGIAN MARGA PURBA SIMALUNGUN

0 Response to "asal usul marga purba simalungun sisilah sejarah dan community"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.