cara menggunakan komputer dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja (k3)

Agen SBOBET
Dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi harus diperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja,sehingga peran teknologi dalam kehidupan manusia menjadi sumber pemecahan masalah bukan sumber masalah.Keberadaan komputer sangat mendukung penyelesaian pekerjaan yang membutuhkan waktu cepat dan hasil yang baik.

Dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, pasal 23 mengenai kesehatan kerja disebutkan bahwa upaya kesehatan kerja wajib diselenggarakan pada setiap tempat kerja, khususnya tempat kerja yang mempunyai resiko bahaya kesehatan yang besar bagi pekerja agar dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya, untuk memperoleh produktivitas kerja yang optimal, sejalan dengan program perlindungan tenaga kerja.

Aplikasi komputer yang multiguna,seperti pengolahan kata,angka,gambar,media presentasi, perhitungan statistik, multimedia, dan sebagainya.Mengharuskan pemakai komputer mengetahui syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan komputer.
1. Ergonomis
Prinsip kenyamanan digunakan pada setiap aspek lingkungan kerja termasuk dalam penggunaan komputer. Segala hal dalam pembentukan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi manusia disebut dengan ergonomis.
Terdapat berbagai tingkatan masalah kesehatan dan keamanan dalam menggunakan komputer. Pada beberapa kasus, desain peralatan dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang singkat. Akan tetapi, kasus lain dapat menyebabkan cedera tubuh yang membahayakan. Secara umum, faktor ergonomis pada saat menggunakan komputer dibagi ke dalam tiga aspek, yaitu aspek fisik, aspek visual, dan aspek pencahayaan.
2. Faktor Ergonomis dalam menggunakan komputer
Meletakkan dan menggunakan komputer secara benar merupakan salah satu cara termudah untuk mencegah terjadinya cidera dalam menggunakan komputer. Beberapa hal yang dapat memicu cedera secara fisik adalah tempat bekerja dan desain alat, seperti meja, kursi, keyboard, dan mouse.

Aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja K3 Dalam Penggunaan Komputer
Kesehatan dan Keselamatan Kerja K3 dalam penggunaan komputer juga wajib kita perhatikan karena komputer juga mempunyai tingkat bahaya yang relative tinggi jika kita tidak memperhatikannya. Beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh komputer dan cara penanggulangannya antara lain:

Listrik
Listrik adalah bahaya lain yang mengancam saat kita menggunakan komputer. Bahaya akibat listrik ini dapat terjadi karena masalah kabel listrik yang tidak tertata dengan baik. Kabel listrik yang tidak beraturan selain tidak enak dipandang mata juga bisa mengakibatkan bahaya ketika kita tersandung kabel tersebut.
Atau kabel yang mengelupas bisa membuat kita tersengat listrik ketika menginjaknya. Karena itu pengaturan kabel yang merupakan sumber daya komputer harus tertata dengan rapi dan lebih baik lagi jika menggunakan jalur kabel untuk meletakkan kabel tersebut.

Posisi Duduk
Posisi duduk ketika bekerja di depan komputer juga bisa mengakibatkan bahaya. Posisi duduk yang sama dan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan urat-urat kaku dan menyebabkan sakit urat otot. Selain itu penyakit wasir atau ambeien juga mengancam bagi orang-orang yang terlalu lama duduk.
Penyakit akibat terlalu banyak duduk ini bisa dihindari dengan beristirahat selama 5 menit setelah bekerja satu jam. Gunakan waktu istirahat ini untuk berjalan santai misalnya saja mengambil minum ataupun melihat-lihat keluar jendela. Selain itu perbanyaklah minum untuk menghindari dehidrasi.

Radiasi

Jika kita masih mempergunakan monitor komputer CRT atau monitor tabung, kita wajib berhati-hati saat bekerja di depan komputer. Hal ini disebabkan karena monitor tabung memancarkan radiasi yang sangat berbahaya untuk mata. Radiasi ini bisa mengakibatkan mata perih, bahkan dalam penggunaan jangka panjang akan mengakibatkan mata minus.
Untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh penggunaan monitor CRT, kita bisa menggunakan monitor LCD sebagai pengganti monitor CRT. Teknologi LCD ini tidak menyebabkan adanya radiasi bagi penggunanya. Karena teknologi tinggi tersebut, maka harga yang ditawarkan LCD ini jauh lebih tinggi daripada harga monitor CRT.
Tetapi tidak usah khawatir, karena selain menggunakan LCD, kita juga bisa menggunakan layar anti radiasi untuk monitor CRT kita. Layar anti radiasi ini bisa kita peroleh di toko elektronik atau took komputer dengan harga yang relatif murah.

K3 ;
a. Kenyamanan dalam posisi duduk
Saat kita duduk saat mengoperasikan komputer, diperlukan posisi yang baik dan benar seperti:
Tempat duduk yang ergonomis yang memiliki sandaran yang nyaman
Kursi dapat di atur tinggi rendahnya
Kursi dapat di putar atau dapat bergeser
b. Kenyamanan pada posisi mata
Posisi mata yang baik dan benar di depan komputer yaitu :
Posisi mata pada layar harus lurus
Posisi mata tidak terlalu tinggi/rendah
Layar yang digunakan sebaiknya layar yang low radiasi
Jangan menggunakan efek warna yang terlalu terang
Gunakan kaca anti radiasi
c. Kenyamanan posisi tangan di keyboard
Posisi tangan di keyboard yang baik dan benar yaitu :
Pilihlah tuts keyboard yang lembet
Gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik

Pandangan ke Layar Monitor

Jarak pandang ke layar monitor yang baik adalah sekitar 30 cm. apabla jarak pandang ke monitor terlalu dekat, maka hal inni dapat mempengaruhi kesehatan mata. Hal ini karena cahaya yang terpancar dari monitor merupakan radiasi elektromagnetik yang dapat merusak mata kita atau mempengaruhi fungsi organ-organ tubuh kita yang lain. Oleh karena itu, selain mengatur jarak pandang, penggunaan cpenyaring atau filter cahaya (kaca anti radiasi) yang dipasang pada layar monitor juga akan mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik dari monitor komputer.

Pentingnya K3 (Komputer)
Pada saat ini hampir di setiap aspek pekerjaan selalu menggunakan komputer sebagai fasilitas utama. Kegiatan apapun itu yang berhubungan dengan komputer, sedikit banyak membuat mereka bertahan duduk lebih lama menghadap komputer tersebut. Bermenit-menit bahkan berjam-jam tanpa sadar waktu terlewat begitu saja. Penggunaan komputer yang terus-menerus dapat menyebabkan keluhan pada beberapa anggota tubuh. Misalnya terasa nyeri pada otot leher, kaku dan pegal semua, mata yang terasa kabur, dan sebagainya. Tanpa kita sadari, perangkat komputer sebenarnya dapat menimbulkan penyakit pada pemakaiannya. Mulai dari tata letak meja dan kursi, layar monitor, keyboard dan printer merupakan peralatan yang apat menimbulkan penyakit pada pemakaiannya. Oleh karena itu sebagai pengguna komputer perlu menerapkan prinsip menjaga kesehatan dan keselamatan kerja (K3) menurut petunjuk yang sudah ada.

Jika telak menggunakan K3 dalam penggunaan computer dan masih saja sering kelelahan, meta rabun, sakit punggung, sakit maka dianjurkan melakukan hal berikut:
1. Senam relaksi (Latihan peregangan).
a. Mekarkan jari – jari dan tahan selama 10 detik lalu tekuk jari ke buku jari, tapi jangan mengepalkan tangan lalu dilepas.
b. Rentangkan siku ke atas kepala, lengah bawah berjuntai kebelakang kepala.
c. Genggam tangan dibelakang kepala dan duduk tegak.
d. Duduk tegak dikursi, genggam tangan dibelakang sandaran kursi, lalu regangkan lengah sebisa mungkin.
e. Tundukkan kepala kearah telinga lalu perlahan tarik.
f. Gerakkan bahu kedepan, belakang, turun dan naik serta berputar.

2. Cara-cara untuk menghilangkan rasa pegal yaitu dengan..
a. Kita bisa menggunakan komputer terus-menerus dengan mendengar lagu-lagu yang bisa menghilangkan rasa pegal kita.
b. Jika belum bisa meghilangkan rasa pegal kita itu, ini cara yang lebih cepat yaitu kita bisa mencari refresing seperti kita bermain permainan yang ada di komputer anda tersebut. Bila di komputer anda tidak ada permainan yang lebih menarik kita bisa mengekspresikan rasa pegal kita dengan mencoba progam-progam yang ada di komputer anda.

Keselamatan Dan Kenyamanan Duduk Di Depan Komputer.

1. Aturlah posisi tubuh saat berkerja dengan komputer sehingga merasa aman.
2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
3. Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena terlalu asyik berkerja dengan komputer.
4. Sebaiknya penglihatan kemonitor minimal sejajar atau sedikit dibawah garis penglihatan mata (eyes level).
5. Tidak boleh ada silau (glare) pada layar monitor, sebisa mungkin gunakan filter anti glare.
6. Jarak tempat duduk adalah satu lengan dari monitor.
7. Aturlah tinggi tempat duduk sehingga paha anda pararel dengan lantai sehingga sirkulasi darah lancar.
8. Apabila anda sedang menyalin dokumen, letakkan dokumen didepan anda, beri penerangan yang cukup pada dokumen anda.
9. Dalam menggunakan keyboard dan mouse jaga lengan bawah anda pararel dengan lantai dan sudut siku pada 90° atau 110° untuk sirkulasi darah yang baik dan tidak ada ketegangan pada otot.
10. Jaga penglihatan anda tetap lurus. Relaksasikan bahu anda karena kita mempunyai kecenderungan untuk menaikkan bahu kita selagi bekerja yang menyebabkan ketegangan otot yang berujung pada sakit kepala.
11. Lengan dan siku relaks dekat dengan siku.
12. Monitor dan keyboard berada didepan anda.
13. Usahakan CPU tidak menghalangi keleluasaan kaki anda.
14. Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran.
15. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata, beristirahat sejenak untuk mengurangi kelelahan dengan aturan 20/20/20 (setelah 20 menit gunakan 20 detik untuk melihat jarak 20 kaki). Sering-seringlah mengubah postur, bangkit dan bergeraklah, selangi pekerjaan harian anda sehingga anda tidak duduk dalam waktu lama.

@Bangrinalpurba
sebelumnya

1 Response to "cara menggunakan komputer dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja (k3)"

  1. Cari TiketPesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memilikipotensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone :085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.