pengertian istilah dalam olahraga

Agen SBOBET
Tenis meja, atau ping pong (sebuah merek dagang), adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.

Lempar lembing adalah termasuk salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik, prestasi yang diukur adalah hasil lemparan sejauh mungkin. Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh atlet lempar lembing yaitu : cara
memegang lembing, cara membawa lembing, lempar lembing tanpa awalan, dan lempar lembing dengan awalan. Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m.

Tendangan pembuka (kick off) adalah permainan dalam sepakbola yang gampang dimengerti artinya. Siapa yang menendang bola duluan di awal pertandingan itulah yang disebut tendangan kick off. Jadi boleh dikatakan bahwa tendangan kick off adalah tendangan pertama sebagai tanda dimulainya sebuah pertandingan sepakbola. Istilah "kick off" selalu mengacu pada babak pertama jalannya sebuah pertandingan.

Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand.

PERTANDINGAN RENANG :
Tujuan Pertandingan Renang adalah untuk berenang dengan cepat dalam suatu jarak yang diberikan. Pertandingan Renang menjadi popular pada abad ke-19 dan kini terdiri daripada 34 buah acara, yaitu 17 buah acara bagi setiap laki-laki. Renang juga merupakan acara yang popular dalam pertandingan Olimpic Musim Panas, dengan setiap laki-laki yang ahli olahraga masing-masing bertanding dalam 13 buah acara yang dipetandingkan. Acara-acara pertandingan Olimpic diadakan di dalam kolam yang 50 meter panjangnya. Badan perkumpulan renang seluruh dunia ialah FINA (Federation Internationa Nation), yaitu Perkumpulan Renang Seluruh Dunia.

Smash : Pukulan overhead (atas)aalah pukulan yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini di klasifikasikan sebagai pukulan menyerang. Tujuan utamanya untuk mematikan lawan. Pukula smash adalah bentuk pukula keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. Sifat pukulan ini ialah kuat, pantas dan cepat menuju lantai gelanggang lawan, pukulan ini memerrlukan aspek kekuatan otot bahu, lengan, dan fleksibiliti pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang baik.

Backhand,
adala Pukulan dasar kedua dalam bermain tennis. Backhand adalah pukulan yang diayun dari seberang badan menuju depan atau menggunakan bagian belakang dari raket untuk memukul bola dan telapak tangan anda membelakangi bola. Saat ini terdapat dua jenis pukulan backhand yang populer digunakan, yaitu: backhand menggunakan satu tangan dan backhand menggunakan dua tangan. Masing-masing pukulan memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, saat ini pukulan backhand dua tangan lebih banyak dipakai oleh pemain pro karena efektivitasnya

Forehand Bulutangkis : Apakah itu pukulan forehand dalam bulutangkis. Forehand adalah pukulan yang diayun dari belakang badan kita dengan arah depan raket dan telapak tangan kita menghadap bola. Pukulan forehand adalah pukulan standard yang mudah diajarkan dalam memukul shuttlecoc

Pukulan Clear adalah pukulan dari posisi belakang lapangan menuju posisi belakang lapangan lawan dengan cock masih berada di atas kepala lawan meskipun lawan sudah berdiri di posisi belakang lapangan, cock akan jatuh di posisi belakang lapangan lawan tidak jauh dari garis paling belakang. Bagi pemula pukulan ini hampir tidak pernah berhasil dilakukan, kebanyakan pemula hanya mampu memukul dari belakang lapangan sampai posisi tengah lapangan lawan saja, dan bila Anda sedang berhadapan dengan lawan yang sudah mahir, maka siap-siap Anda akan di smash dengan sangat kencang. Biasanya masyarakat indonesia menyebut pukulan ini dengan istilah Lob yang artinya memukul tinggi-tinggi. Pukulan Clear adalah pukulan yang wajib dilatih terus menerus oleh pemula, karena bila Anda tidak pernah berhasil melakukan pukulan ini, maka Anda tidak bisa menikmati permainan badminton karena setelah itu Anda akan dipatahkan terus dengan pukulan smash oleh lawan bermain.

Kekuatan/ strenght
Kekuatan otot adalah komponen yang sangat penting guna meningkatkan kondosi fisik secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan kekuatan adalah daya penggerak setiap aktifitas fisik, kekuatan dapat melindungi atlet dari kemungkinan cidera, serta kekuatan dapat memaksimalkan hasil gerakan. Jadi kekuatan tetap merupakan basis dari semua komponen kondisi fisik.

Lari jarak pendek adalah semua perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan penuh/maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh atau sampai jarak yang telah ditentukan. Pelarinya bisa juga disebut dengan Sprinter. Lari cepat meliputi jarak: 100 m, 200 m, 400m. Kelangsungan gerak pada sprint secara teknik sama, kalau ada perbedaan hanyalah terletak pada penghematan penggunaan tenaga karena perbedaan jarak yang harus ditempuh.

Kartu kuning adalah dikeluarkan oleh seorang wasit dalam sepak bola untuk menunjukkan bahwa seorang pemain secara resmi telah diperingatkan karena telah melakukan pelanggaran. Menurut aturan permainan sepak bola, ada 7 hal yang membuat seorang pemain sepak bola kena kartu kuning, yaitu:

Tindakan tidak sportif
Memperlihatkan ketidaksetujuan lewat kata-kata dan perbuatan
Berkali-kali melanggar aturan permainan.
Menunda permainan dimulai lagi.
Tidak menuruti aturan yang diperlukan untuk melakukan free-kick atau corner-kick.
Masuk atau masuk kembali ke lapangan tanpa seijin wasit
Meninggalkan lapangan tanpa seijin wasit.

KARTU MERAH dan KUNING
Kedua kartu ini digunakan wasit sebagai simbolisasi dari hukuman yang didapat pemain dalam sebuah pertandingan sepakbola. Kartu kuning berarti peringatan keras, merah berarti pemain itu harus meninggalkan lapangan. Sistem penggunaan kartu dalam sepakbola pertama kali diperkenalkan FIFA pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Adalah Ken Aston, seorang wasit asal Inggris yang menemukan sistem ini. Idenya didapat usah melihat partai Piala Dunia 1966 antara Inggris vs Argentina. Rudolf Kreitlein, wasit asal Jerman yang memimpin partai itu mengusir Antonio Rattin, kapten Argentina. Namun ternyata Rattin menolak untuk keluar. Adu argumentasi terbentur karena keduanya memiliki bahasa berbeda.

# Tiang:
Dua buah tiang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak 30,5 cm dari garis samping.
Tinggi tiang 1,55 meter untuk laki-laki dan 1.45 meter untuk perempuan.

# Jaring (net): Jaring dibuat dari bahan benang kasar, tali, atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm. Lebar jaring 72 cm dan panjangnya tidak lebih dari 6,71 m. Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat dengan tali yang diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat yang menggunakan sepeda. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar berlomba kecepatan saja.

Melompat adalah bagian dari olah fisik yang ternyata banyak manfaatnya. Antara lain sistem saraf dikuatkan, tulang dipadatkan, memperbaiki reaksi refleks. Demikian juga tubuh bagian bawah. Tidak dibutuhkan peralatan untuk melakukan latihan ini. Sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Senam lantai (bahasa Inggris: floor exercise
) adalah salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan istilahnya, maka gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Senam lantai sering juga di sebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 X 12 m dan dapat ditambahkan matras sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan pesenam yang baru melakukan latihan atau rangkaian gerakan.

Kayang adalah suatu bentuk atau sikap badan telentang yang membusur bertumpu pada kedua tangan dan kedua kaki dengan lutut. Gerakan kayang adakn mudah dilakukan apabila :
a. memiliki kekuatan otot perut, punggung dan paha.
b. Memiliki kelentukan persendian bahu, ruas-ruas tulang belakang, dan persendian panggul
c. Memiliki kekuatan lengan dan bahu untuk menopang Sikap kayang dapat dilakukan dari sikap tidur dan berdiri

+Rinal Purba

baca selanjutnya : pengertian pengertian dalam lari estafet  

0 Response to "pengertian istilah dalam olahraga"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.