pengertian pengertian dalam lari estafet

Agen SBOBET
Lari Sambung merupakan nama lain lari estafet yang masuk ke dalam kategori perlombaan atletik. Sama seperti namanya, lari sambung ini dilakukan lebih dari satu pelari dan dilakukan secara bergantian. Secara resmi, satu tim yang terlibat dalam kompetisi lari estafet terdiri atas 4 orang. Mereka secara bergantian berlari sejauh 20 meter dan memberi sebuah tongkat pada pelari lainnya untuk melanjutkan jarak lari yang menjadi bagiannya. Apabila seorang pelari memberi tongkat pada pelari setelahnya padahal belum atau melewati jarak 20 meter, maka ia dianggap gagal dan didiskualifikasi dari perlombaan.

Susunan Pelari Sambung
Lari sambung dilakukan secara beregu. Tiap regu terdiri dari 4 orang. Masing-masing orang
mempunyai peranan yang berbeda dalam lari sambung.

Pelari I : melakukan lari dengan start jongkok dan membawa tongkat.
Pelari II : menerima tongkat dari pelari pertama, pelaksanaan lari dengan start melayang.
Pelari III : menerima tongkat dari pelari kedua, pelaksanaan lari dengan start melayang.
Pelari IV : menerima tongkat dari pelari ketiga, pelaksanaan lari dengan start melayang dan memasuki garis finish.

(ppt power point tentang ,artikel olahraga lari sambung, contoh olahraga lari sambung, makalah olahraga lari sambung, cara olahraga lari sambung,atletik lari sambung, lari bersambung, artikel olahraga lari estafet, diskualifikasi lari estafet)

Atletik = lari sambung & lempar cakram from Radenmaspardi Supardi

Ada ketentuan atau peraturan yang ada di olahraga Lari Estafet ini:

Diperbolehkan mengambil tongkat estafet apabila tongkat tersebut jatuh pada saat pergantian penerimaan tongkat pada lari yang berjarak 4×400 meter dengan resiko team tersebut bisa kalah dalam lomba tersebut.

Di perbolehkan mengambil tongkat estafet apabila tongkat tersebut jatuh pada saat pergantian penerimaan tongkat pada lari yang berjarak 4×100 meter dengan resiko team tersebut dapat langsung di diskualifikasi dalam pertandingan olahraga tersebut.

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi
Kesalahan yang sering terjadi pada penerima, antara lain :


Penerima berangkat terlambat
Penerima berlari terlalu cepat
Mengulurkan tangan yang keliru
Tangan penerima bergoyang (bergerak)
Lari tidak lurus (berbelok-belok)

Kesalahan yang sering terjadi pada pemberi, antara lain:
  1. Tidak memberi kode saat akan memberi tongkat
  2. Mengulurkan tongkat dengan tangan keliru
  3. Mengulurkan tongkat kurang tepat pada tangan penerima.
teknik

Suatu cara untuk meneruskan atau memindahkan tongkat adalah dimana si pelari tidak perlu menukar tangan pemegang tongkat dimaksud.

Pelari pertama berangkat berlari dengan tongkat dipegang pada tangan kanan , pelari ketiga menerimanya dengan tangan kanan, dan pelari ke empat menerimanya dengan tangan kirinya.

Metoda ini memberi kemungkinan kepada pelari pertama dan ketiga untuk berlari mepet ke garis lintasan pada tikungan , sedangkan pelari kedua dan ke empat berlari di sisi luar pada lintasan lurus

Pelari yang akan berangkat lari mulai bergerak apabila pelari yang datang telah melintas tanda / marka di lintasan ( yang di tentukan sebelumnya) -+ 9 m di belakangnya. Tangannya dijulurkan ke belakang cukup tinggi dan tidak goyang guna siap menerima tongkat (Gb.1)

Saat memberikan tongkat apabila pelari pembawa tongkat dan pelari penerima tongkat berada cukup jarak di antara keduanya. Penyampaian tongkat adalah terjadi / berlangsung secara non-visual. Pelari penerima dan akan berangkat tidak perlu melihat kepada tongkat tersebut.

Pelari yang baru datang menaruh tongkat itu ke dalam telapak tangan ( yang menghadap ke atas) dari pelari yang akan berangkat (Gb.3)

Adalah sangat penting agar kecepatan laju tongkat tetap dijaga, sedang pergantian tongkat hendaknya terjadi bila pelari yang akan berangkat telah mencapai atau mendekati kecepatan lari maximum.

Dalam nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lainnya, yakni memindahkan tongkat estafet sambil berlari cepat dari satu pelari kepda pelari berikutnya atau pelari lainnya. Nomor lari estafet (lari sambung) yang sering diperlombakan adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Pada saat melakukan lari sambung seorang pelari ti tuntut bukan hanya menguasai tekniknya saja, tetapi seorang pelari juga dituntut untuk mengerti dan memahami teknik pemberian dan penerimaan tongkat di zona ataupun daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari estafet tersebut.

sebelumnya definisi mahasiswa dan perguruan tinggi

0 Response to "pengertian pengertian dalam lari estafet"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.