pengertian moralitas dan etika bisnis

Agen SBOBET
sebelum kita membahas lebih jauh apa penerapanya di dalam ekonomi bisnis namun alangkah lebih baiknya kita mengerti terlebih dahulu apakah pengertian antara moralitas dan etika. Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini.

Etika pada akhirnya membantu kitauntuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yangpelru kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita, dengan demikian etika ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

sedangkan  Moral ( yang dalah Bahasa Latinya Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Moral dalam zaman sekarang memiliki nilai implisit karena banyak orang yang memiliki moral atau sikap amoral itu dari sudut pandang yang sempit. Moral itu sifat dasar yang diajarkan di sekolah-sekolah dan manusia harus memiliki moral jika ia ingin dihormati oleh sesamanya. Moral adalah nilai ke-absolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh.

Penerapan keduanya adalah dimana contohnya di dalam etika sering di sebut dengan nilai, jadi nilai norma yang di bangun di dalam perusahaanya harus di junjung oleh semua pihak supaya dia bisa sukses baik di dunia ini maupun di dalam dunia akhirat nantinya. Namun dalam aspek pelaksanaanya dilakanakan per individu perorangan, sehingga orang tersebut bisa di bilang bermoral yang dalam artian berkelakuan baik atau juga positif.

namun sejalan dari pada itu semua pelaksanaan keduanya pun di laksanakan baik antara orgainisasi perusahaan bisnis kecil maupun besar demi berjalanya suatu bisnis yang baik dan dapat berterima umum, bukan haanya itu antar negara pun melaksanakan etika dan moralitas bisnis contohnya dalam pertemuan APEC yang di laksanakan 2009 menjelaskan Pedagangan bebas  pun harus menerapkan pola sedemikian, sehingga dunia tidak akan menjadi kacau nantinhya.

Kesempatan Memperoleh keuntungan yang lebih besar di afta 2015
saya sendiri berpendapat jika kamu ingin memperoleh untung yang lebih besar, atau perusahaan mu ingin maju makan saya mempercayainya di dalam bisnis anda, laksanakanlah kedua prinsip ini sehingga kamu dapat bersaing di dunia global atau internasional, bahkan di dalam perdagangan bebas asian yang disebut dengan asiant tradingg FREE/ AFTA maka perlu saya ingatkan disini semua anggota asean ditambah cina dan jepang akan melakukan FREE trading di seluruh anggota asean yang mungkin menyebabkan kita tidak siap.

AFTA 2015 ( peluang bisnis atau jadi ancaman)
saya tujukan ini untuk kita semua kaum yang ingin memperhatikan aspek dunia bisnis untuk kesejahteraan bersama, bagi yang belum mengerti saya jelaskan bahwa aftar adalah singkatan dari asen free trade area atau dalam bahasa indonesianya area perdanganan bebas asean. yang saya maksud di sini adalah saya ingin mengingatkan kepada kita semua untuk selalu waspada dan untuk mempertebal ilmu pengetahuan pengalaman kerja keras, dan selalu menerapkan moralitas dan etika bisnis supaya dapat bersaing secara global.

baca juga artikel sebelumnya : pengertian kas kecil menurut para ahli akuntansi

0 Response to "pengertian moralitas dan etika bisnis"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.