arti sosialisasi secara umum

Sosialisasi adalah proses pemasyarakatan sesuatu supaya di kenal oleh kalangan luas untuk suatu tujuan tertentu, sosialisasi biasanya membutuhkan suatu media suapaya kabar yang di beritakan dapat tercapai dengan cepat dan tepat, contohnya sosialisasi pupuk organik kepada para petani , maka pemerintah menggunakan media Radio untuk mensosialisakikanya supaya cepat dan tepat tujuan. kenapa radio , karena para petani suka mendengarkan radion di ladang tempat mereka bekerja.

Defenisi sosialasasi berbeda-beda tergantung orang atau ahlinya menyimpulkan dari mana mereka menyatakan pengertian sosialisasi tersebut, berikut ini arri sosialisasi menurut para ahlis sebagai berikut :
Definisi sosialisasi yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah :
  1. Soerjono Soekanto ; Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.
  2. Stewart : Sosialisasi merupakan proses orang memperoleh kepercayaan , nilai , sikap, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.
  3.  Peter Berger : Sosialisasi merupakan suatu proses dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.
  4. Koentjaraningrat ; Proses sosialisasi adalah proses belajar yang dialami individu sejak masa kanak-kanak sampai masa tuanya. Ia belajar pola-pola tindakan dalam interaksi dengan segala macam individu sekeliling yang mengembangkan aneka peran sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Prof. Dr. Nasution, S.H. : Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa). 
  6. Charlotte Buhler : Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
  7. Horton & Hunt : Sosialisasi merupakan proses dimana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup, sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.
  8. Macioni ; Sosialisasi merupakan pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan.
  9. Broom & Selznic : Sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri sendiri.
  10. Bruce J. Cohen : Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar dapat berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok.
  11. Ritcher Jr. : Sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan , keterampilan, dan sikap yang diperlukannya agar dapat berfungsi sebagi orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif daklam suatu kedudukan atau perana tertentu di masyarakatnya. 
  12. Giddens : Sosialisasi merupakan sebuah proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap samapi akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri, pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidup dalam kebudayaannya tempat ia tinggal.
 Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sosialisasi itu sendiri
1. Faktor Politik : politik sering dikaitkan dengan sosialisakai dimana sewaktu orang mengadaka sosialisasi itu , ada kecurigaan-kucurigaan , atau ada alasan tertentu di balik sosialisasi itu yang menjadi sosialisasi tersebut tidak merupakan tujuan utama dari socialisasi nya tadi
2. Faktor Intrinsik,
3. Faktor Intrinsik

Tipe sosialisasi
Sosialsisasi mempunyai  3 tipe yaitu :
1. tipe terselubung : yaitu sosialsasi yang gunanya untuk menjebak para tujaun sosialisasi itu sendiri sehingga dapat mempengaruhi
2. sosialisai  formal : merupaka sosialasi yang dilakukan oleh badan yang formal contohnya pemerintah  seperti menteri keuangan, presiden, bank indonesia dan lainya. yang menjadi pembeda diantara tipe lain dari sosialisasi ini adalah ada undang-undang yang mengikat terhadap apa yang dilakukan sehingga tidak bisa sembarangan mensosialisikanya karena ada aturan tetap yang mempunyai hukum tertentu
3. sosialsasi informal : ini berbanding terbalik dengan formal, kalau disini cara penyampaian sosialisinya bebas, dan biasanya ini dialkukan oleh orang-orang sesam teman, keluarga, atau di tengah-tengah masyarakat .
Loading...

0 Response to "arti sosialisasi secara umum"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.