peranan bank indonesia dalam sistem pembayaran di indonesia

Agen SBOBET
BanK Indonesia atau sering disingkat dengan BI adalah Induk segala bank di seluruh tanah air ini, peranya sangatlah penting dalam tantanan keuangan negara indonesia. peranan utama yang sering kita dengar adalah tentang kebijakan BI Rate yang menjadi berita perbincangan menarik di media-media indonesia baik itu surat kabar elektronik maupun yang lainya.
logo BI bank indonesia-peranan bank indonesia
sebetulnya apasih peran penting BI dalam pembayaran di indonesia, ya kalau saya berpendapat sangat penting karena sebagai IBU dari bank-bank lainya. bank juga harus bisa menjaga stabilitas monoter negara ini. oleh sebab itu mau tak mau dia harus mengatur pembayaran apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah demikian dalam bahasa umumnya.

OKE lebih tepatnya mari kita lihat cuplikan dari situs resmi BI dibawah ini supaya lebih mengerti ...

TUGAS BANK INDONESIA DALAM SISTEM PEMBAYARAN
Menjaga stabilitas nilai tukar rupiah adalah tujuan Bank Indonesia sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Untuk menjaga stabilitas rupiah itu perlu disokong pengaturan dan pengelolaan akan kelancaran Sistem Pembayaran Nasional (SPN). Kelancaran SPN ini juga perlu didukung oleh infrastruktur yang handal (robust). Jadi, semakin lancar dan hadal SPN, maka akan semakin lancar pula transmisi kebijakan moneter yang bersifat time critical. Bila kebijakan moneter berjalan lancar maka muaranya adalah stabilitas nilai tukar.

BI adalah lembaga yang mengatur dan menjaga kelancaran SPN. Sebagai otoritas moneter, bank sentral berhak menetapkan dan memberlakukan kebijakan SPN. Selain itu, BI juga memiliki kewenangan memeberikan persetujuan dan perizinan serta melakukan pengawasan (oversight) atas SPN. Menyadari kelancaran SPN yang bersifat penting secara sistem (systemically important), bank sentral memandang perlu menyelenggarakan sistem settlement antar bank melalui infrastruktur BI-Real Time Gross Settlement (BI-RTGS).

Selain itu masih ada tugas BI dalam SPN, misalnya, peran sebagai penyelenggara sistem kliring antarbank untuk jenis alat-alat pembayaran tertentu. Bank sentral juga adalah satu-satunya lembaga yang berhak mengeluarkan dan mengedarkan alat pembayaran tunai seperti uang rupiah. BI juga berhak mencabut, menarik hingga memusnahkan uang rupiah yang sudah tak berlaku dari peredaran.
sumber : http://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/di-indonesia/peranbi/Contents/Default.aspx

Diatas itu jelas kita sudah mengerti bahwa BI itu mempunyai wewenang yang sangat kuat dalam menyokong suksesnya sistem pembyaran indonesia, namun untuk mensukses kan itu semua perlu tanggung jawab bersama supaya alat pembayaran kita lebih baik.

ngomong-ngomong sistem pembayaran di indonesia, indonesia sekarang mempunyai banyak cara alat yang di gunakan dalam pembayaran contoh dengan Uang ( alat utama pembayaran saat ini) , cek/atm, surat berharga dan lainya yang dimana ini semua diatur oleh BI dan bekerja sama dengan lembaga terkait untuk menciptakan ekonomi indonesia yang stabil.

Krisis atau ketidak adilan adalah salah satu yang harus di jaga oleh BI, namun akhir-akhir ini contohnya harga buah impor naik, dan buah lokal turun drastis, makah dengan inii Bang indonesia sebetulnya bisa mengendalikan tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait untuk menstabilkan harga tersebut.

Kita berharap BI bisa bertingkah laku normal sebagai mana mestinya. sukses terus BI sukses terus indonesia.
baca juga artikel sebelumnya : daftar perusahaan kawasan industri pulogadung

0 Response to "peranan bank indonesia dalam sistem pembayaran di indonesia"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.