penyebab terjadinya kebakaran hutan dan cara penanggulangannya

Terakhir-akhir ini sering terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan hutan indonesia akan semakin berkurang setiap tahunya, bukan saja akibatnya polusi udara juga sangat menganggu warg di sekitarnya bahkan negara tetangga juga terkena dampakanya seperti singapura, timur leste dan malaysia, kita tidak boleh membiarkan bencana ini terus terjadi menghampiri indonesia, karena mengani ini sangat lah sebenarnya mudah tinggal tergantung kita dan peran pemerintah saja di tuntut apakah mereka benar-benar serius memberhentikan kebakaran hutan ini terus menerus seperti yang sudah terjadi dari tahun-ketahun masalah ini belum saja bisa teratasi.

Namun sebelum kita membahas cara penanggulanganya, terlebih dahulu kita mengetahui apa sih penyebab kenapa terjadi kebakaran hutan tersebut adalah sebagai berikut ini :

1.Tindak kejahatan yang Disengaja.
ini adalah akibat yang paling parah di alami indonesia saat ini, banyak perusahaan yang sengaja di waktu musim kemarau menyuruh anggotanya untuk membakar hutan, untuk apa mereka melakukan ini, setelah di selidik oleh pihak yang berwajib dan ditanyai warga sekitar mereka melakukanya untuk membuka lahan perkebunan baru, ini masih marak terjadi di kalimantan, pekanbaru dan di kota lainya di indonesia, tindakan ini sebenarnya melanggar aturan dan dapat di jerat dengan hukum yang sudah ada undang-undangnya di indonesia. namun ketidak tegasan pemerintah masih kutang untuk membuat efek jera. pemberian pelajaran dan bimbinan kepada masyarakat baik melui media atau secara langsung itu sangat lah penting, diman kita mengetahui bahwa kalau terjadi kehabisan hutan indonesia banyak kerugian yang di tibulkan seperti berkurangnya tempat spesieses hewan, tumbuhan dan resapan air bersih utuk indonesia kita sendiri.

Selain itu juga pemberitahuan atas manfaat hutan yang sangat tinggi untuk keberlangsungan hidup manusia juga perlu di beritahukan yang dimana kita mengetaui bahwa O2 (oksigen) merupakan salah satu hal yang diperulakan oleh manusia untuk benafas dan dimana Pohon2nan yang hijaulah mengeluarkan O2 tersebut dan pohon jugalah yang membutuhkan CO2 ( karbon dioksida) yang merupakan jat yang tidak dibutuhkan atau dibuang oleh manusia dan tumbuhan lah yang membutuhkanya , jadi simbiosis mutualisme sebenarnya terjadi antara manusia dan Tumbuhan hijau.
gambar ilustrasi kebakran hutan yang merupakan
 penyebab utamanya adalah ulah manusia itu sendiri

2. Kejahatan yang tidak disengaja ( terlebih pada musik kemarau)
ini contohnya seperti membuang rokok sembarangan, di penghusim kemarau daun-daun yang sudah tua dan masak berjatuhan ketanah, ini akan menyebabkan mudah terbakar sedikit aja terkena bara api akan terus berkembang sehingga terjadinya kebakaran hutan, bukan saja di hutan, dirumah kita sendiri aja sering terjadi kebakaran pada waktu musim ini. oleh karena itu kesadaran individiual sangat diperlukan sekali untuk meminimalkan terjadinya hal yang tidak di inginkan tersebut.
gambar ilustrasi: dimana diatas telah dijelaskan bahwa hutan/tumbuhan hijau itu adalah penting untuk, untuk memproses gas CO2 menjadi O2

kita bisa membayangkan bukan jika kita kekurangan tubuhan, maka kita akan kepanasan tidak bisa hidup karena penuh sesaknya udara yang tidak di sukai oleh tubuh,  mumpung terlambat mari lah kita menjaga hutan kita, dan bahkan marilah kita menanam pohon atau bunga hijau di daerah lingkungan sekitar kita, akan lebih menyehatkan bukan, menjaga hutan merupakan investasi besar untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita nantinya.

Negara yang tidak cukup hutan, atau kita sebut saja Singapura sebenarnya kehidupanya tergantung kepada hutan yang ada di Indonesia, itulah makanya DUnia sebenarnya akan mengalami rugi besar kalau indonesia boros terhap hutanya.Tapi sangat di sayangkan sumbangan luar negeri masih minim untuk merawat hutan di tanah air kita ini. namun apa pun itu kita harus tetap berjuang merapikan hutan yang masih gundul untuk indonesia yang asri dan Indah untuk tempat tinggal kita bersama.

Cara penanggulangannya :
banyak cara yang harus di perbuat untuk meminimalisasikan terjadian ini dari tahun ketahun adalah sebagai berikut :
  1. mempromosikan untuk menyadarkan kepada masyarakat betapa pentingya itu hutan, ini dilakukan oleh pihak pemerintah dan juga swasta
  2. menanamkan pada diri kita masing-masing individual untuk wajib menjaga kelestarian hutan seperti menjag rumah kita sendiri
  3. menghukum bagi yang terdapat melanggar terhadap perusakan hutan sesuai dengan undang-undang yang berlaku
  4. pemerintah pusat dan daerah juga kepala daerah dan warga sekitarnya untuk masalah ini
  5. membuat dengan jelas mana hutan yang patut di lindungi dan mana yang tidak.
baca juga : bahaya menggunakan headset terlalu lama

Tonton juga penyebab kebakaran hutan dalam video di bawah ini:
Loading...

0 Response to "penyebab terjadinya kebakaran hutan dan cara penanggulangannya"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.