perbedaan agama dan kepercayaan

Agen SBOBET
secara singkat banyak orang menyangka kedua ini adalah sama, namun dapat kita simpulkan bahwa keduanya adalah beda, pembedanya adalah di mana agama itu adalah sesuatu yang ada di kepercayaan dan bisa di bilan bahwa kepercayaan itu tidak merupakan suatu agama, misalnya begini Si A Mempunyai sautu kepercayaan menyembah sautu pohon besar di daerahnya, lantas itu bukan atau tidak bisa disebutkan menjadai bagian dari agama meskipun dia itu percaya terhadap apa yang di lakukan tersebut, tapi sebaliknya agama itu adalah mengajarkan untuk seluruh umat manusia untuk berbuat baik tidak lari dari norma-norma yang sering terjadi biasanya dilakukan oleh masyarakat umum sedangkan kalau kepercayaan biasanya sangat bertentangan dengan orang lain.

untuk lebih lanjutny membedakan antara kedua tersebut anda bisa melihat di bawah ini sebagai pembeda dari kedua kata tersebut dalah sebagai berikut ini :

Kepercayan
1. Tidak memiliki dogma-dogma atau ajaran yang baku dan mengikat. Yang ditekankan adalah kesadaran diri pribadi dalam berhadapan dengan yang kuasa.
2. Tidak berbentuk lembaga.
3. Tidak ada pemimpin struktural yang menjadi pemimpin umat.
4. Tidak terdapat upacara-upacara khusus yang mengikat orang yang mengikutinya.

Agama
1. Terdapat dogma-dogma atau ajaran yang baku dan mengikat penganut-penganutnya
2. Terdapat lembaga tertentu yang mengatur tata tertib anggota atau umatnya
3. Terdapat pemimpin atau imam sebagai orang yang memiliki fungsi struktural dalam bidang peribadatan
4. Terdapat upacara-upacara atau ritual-ritual tertentu yang berlaku dan harus diikuti

Di Indonesia kita sendiri masih banyak timbul kepercayaan yang ada , tak jarang pula kepercayaan nya tesebut menyimpang dari nalar pikiran manusia pada umumnya , seperti jika ingin masuk surga katanya harus menikahi imamnya dulu untuk semua perempuan,, bisa dibilang ini merupakan ajaran sesat yang tidak mendidik orang banyak , maka tak jarang ada juga yang diadili karena masyarakat sudah mulai geram degan ulah tersebut menyebabkan pelakukan bisa masuk penjara.

tetapi dengan urusan agama , toleransi diperlukan dalam hal ini. memang kita akui toleransi di indonsia pada abad ini menunjukan perkembangan yang sangat bisa kita bilang kita acungi jempol karena sangan menunjukan kemajuan yang sangat pesat, disusul dengan adanya demokrasi di indonesia pada saat ini sangat berkembang meyebabkan kita harus berbangga bahwa kita adalah bangsa yang sangat besar yang mempu membawa demokrasi yang toleran terbesar nomor satu di dunia. +Rinal Purba baca juga : kitab suci agam hindu dan juga budha adalah

0 Response to "perbedaan agama dan kepercayaan"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.