cara melaporkan penipuan jual beli online

Agen SBOBET
Jual beli online memang sangat familiar pada saat ini di indonesia, khusunya bagi kaum muda. namun seiring dengan perkembanganya jama jual beli online ini banyak dimanfaatkan orang yang tidak bertanggun jawab baik. kamu bisa saja kena di media sosial seperti twitter, facebook kakskuser dan bahkan mereka sekarang berani berjualan di berniaga.com, dan atau membuat toko online nya sendiri.

Saudara saya juga pernah demikian terkena penipuan dia sudah mengirimkan uangnya terlanjur ke nomor rekening pelaku tersebut, dan barangnya sampai sekarang tidak kunjung di kirimnya. jalan satu-satunya saya sarankan dia melapor ke pihak kepolisian secara resmi dan membawa bukti-bukti kejadian yang ada kepada pihak yang berwajib.


Namun anehnya namanya juga polisi jaman sekarang ini saya bilang penakut lah saya katakan, gak mau direpotkan dan dapat masalah. kadang tidak diurus atau di perhatikan. ini lah mungkin alasan bagi penipu untuk selalu mengulangi perbuatan mereka yang tidak terpuji tersebut. lain hal nya dengan saudara saya yang tadi dia mempunyai seorang polisi saudaranya yang dibilang sudah kuat lah jabatanya di kepolisian makanya di proses.

berikut cara melaporkan penipuan nya sebagai berikut : 
ke kepolisian
1, Persiapkan dahulu bukti-bukti yang anda akan lapokan semuanya, baik itu rekaman, gambar, dan yang lainya yang di perlukan.
2. buat sebuah daftar berisi , biodata dirimu berisikan : nama, tanggal lahir, alamat, nomor hp atau email dan lainya yang dibutuhkan dan selanjutnya biodata dari pada yang ingin kamu lapor beserta kronologinya.
3. datang ke kantor polisi dan ceritakan, serahkan daftar berkas satu dan dua tadi, setelah itu juga pihak kepolisian akan memberimu petunjuk kelengkapan apa saja yang dibutuhkan
4. jangan lupa juga kamu membawa saksi yang melihat ke jadian tersebut di kepolisian
5. tunggu beberapa hari sehingga kamu akan di konfrontir yang buktinya kasus kamu akan di tindak lanjuti

ke tempat dimana kamu melakukan transaksi.
ini memang sulit, itu kalau seperti facebok twitter dan lainya situs luar negeri mungkin akan lebih sulit. namun apa daya kita kan berusaha untuk mengembalikan uang yang sudah terlanjut kita kirimkan ke penipu tersebut. kalau dia situ dalam negeri segera laporkan saja ke pihak layanan centernya seperti kaskus, berniaga dan lainya. silahkan kamu berikap pemaparan yang selengkapnya supaya dia bisa menindak lanjuti penipu tersebut di situsnya kan , lumayan jadi tidak ada lagi dia berkeliaran di situs tersebut karena sudah di depak oleh operator.

anda sekarang juga bisa melaporkan kepada pihak yang berawjib melalui online di alamat emai cybercrime@polri.go.id silahkan laporkan di sanan dengan sopan dan alur yang mudah di mengerti oleh pihak kepolisian tersebut.

cara lainya adalah dengan melakukan atau mendatangi bank tempat mengrim ke nomor rekening penipu tersebut. kamu bisa mengajukan keluhan bahkan melakukan pemblokiran terhadap nasabah penipu tersebut. mudah-mudahan pihak penipu tersebut tidak bisa bekerja sama dengan pihak bank tersebut. biasanya jika ada hal tersebut mereka akan menindak lanjuti. lain hal nya jika penipu tersebut sudah konkalikong dengan pihak bank apa boleh buat lah

lainya adalah kamu berdoa saja lah kepada Tuhan yang maha esa, ini adalah jalan yang harus kamu lakukan, supaya dia tobat membalikan kepada korbanya atas hasil penepian tersebut . ini mungkin saja terjadi bukan kalau ada keajaiban. kamu percaya ke ajaiban bukan !!

0 Response to "cara melaporkan penipuan jual beli online"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.