indonesia terletak diantara 2 benua apa keuntungannya di bidang ekonomi dan transportasi

Indonesia adalah terletak di antara garis lintang khatulistiwa yang berada diantara letak koordinat 90 BT 141 BT dan 6 LU – 11 LS. Menjadikan indonesia berada di tempat yang strategis dan diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan australi dan juga berada di antara Samudra hindia dan pasifik. Dengan tersebut maka Indonesia mempunyai banyak keuntungan yang khusus dari letak tersebut diantara negara-negara lainya terutama di bidang ekonomi dan transportas seperti :

Letak indonesia dapat di lihat di gambar diatas, seperti kita ketahui indonesia diapit oleh 2 benua dan mempunyai banyak pulau-pulau besar dan juga kecil yang menyebabkan indonesia di sebut negara kepulauan
  1.  Indonesia akan menjadi jalur yang harus di lewati baik dari darat, udara, maupun laut diantara perdagangan-perdagangan indonesia
  2. degan posisi tersebut seharusnya indonesia akan menjadi tujuan investasi para investor dunia dan menjadi keuntungan tersendiri bagi indonesia, tinggal bagai mana kita mengelola nya saja dengan baik. (jalur perdagangan dunia)
  3. dengan adanya tersebut juga maka kegiatan eksopr dan impor barang ke indonesia akan mempermudah melakukanya.
  4.  dengan di lewati garis khatulistiwa maka secara cuaca indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau ( panas) dan musim dingin ( hujan ) dengan keadaan tersebut maka akan memudahkan para petani bekerja terus menerus sepanjang tahunya, tidak seperti negara lainya yang kita ketahui adanya musim salju, anda boleh bayangkan bukan bagaimana jika itu terjadi di indonesia.
  5. Dengan begitu indonesia memiliki banyak ragam fauna dan flora menyebabkan indonesia paling kaya nomor satu di indonesia dari segi jumlah nya. dari hal tersebut sebenarnya sudah menjadi keuntungan ekonomi tersendiri bagi indonesia untuk mampu mandiri memenuhi kebutuhan masyarakat indonesia tersendiri
bukan hanya keuntungan, kita juga harus mengetahui dari segi kelemahan yang sering timbul dan yang harus kita antisipasi segera yaitu :
  1. potensi masuknya negara lain, seperti pencari suaka yang sedang ngetren saat ini yang melalui indonesia secara illegal yang membuat keaman indonesia harus di perbaiki
  2. dengan keadaan indonesia yang merupakan negara kepulauan maka indonesia harus mempunyai sumber daya manusia yang mumpuni dan diimbangi dengan modal yang dibilang tidak sedikit.
  3. Ilmu pengetahuan Indonesia Dan SDM Indonesia belum siap untuk menghadapi PErdagangan indonesia secara bebas menyebabkan indonesia belum bisa maksimal memanfaatkan dari segi letak tersebut.
demikian semoga membantu anda dalam mengerjakan tugas dan juga dapat pengetahuan yang lebih baik. sumber artikel ini adalah dari berbagai sumber , buku geografi, pendapat dan situs wikipedia.

0 Response to "indonesia terletak diantara 2 benua apa keuntungannya di bidang ekonomi dan transportasi"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.