pengertian rekonsiliasi bank

DEFINISI : rekonsiliasi bank adalah Suatu bentuk yang memungkinkan sesuatu untuk membandingkan catatan kas bank dengan kas yang ada di perusahaan tersebut dalam rangka untuk mengungkap setiap perbedaan yang mungkin terjadi. Sebuah rekonsiliasi bank juga merupakan salah satu cara utama untuk mencegah penipuan dan penggelapan dana perusahaan. Sebuah perusahaan saldo kas di bank dan saldo kas menurut catatan akuntansi biasanya tidak cocok. Hal ini disebabkan fakta bahwa, pada setiap tanggal tertentu, cek mungkin menjadi luar biasa, deposito mungkin dalam perjalanan ke bank, kesalahan yang mungkin terjadi dll, Oleh karena itu perusahaan harus melakukan proses rekonsiliasi bank yang mempersiapkan pernyataan akuntansi untuk perbedaan antara saldo kas di rekening kas perusahaan dan saldo kas menurut pernyataan bank.

pengertian rekonsiliasi bank menurut para ahli:
  1. Dalam bukunya Soemarsono S.R. (2004;304) mendefinikan rekonsiliasi bank adalah apabila semua penerimaan uang langsung disetorkan dan semua pembayaran dilakukan dengan cek, maka akun kas perusahaan akan sama dengan akun bank.
  2. definisi rekonsiliasi bank menurut Wibowo dan Abubakar Arif (2000;118) merupakan suatu laporan yang berisi saldo kas menurut perusahaan dengan saldo kas menurut bank disertai dengan penyebab perbedaan keduanya.
  3. Sedangkan menurut M. Mundar (2006;40) rekonsiliasi bank (Bank Reconciliation) adalah kewajiban yang dilakukan perusahaan dalam mencari sebab - sebab ketidaksamaan antara saldo simpanan menurut laporan catatan bank dengan saldo menurut catatan perusahaan. Apabila sudah ditemukan sebab - sebabnya, maka perusahaan berkewajiban segera menyusun laporan bank disertai sebab - sebab tersebut.
  4. Menurut AI. Haryono Jusup (2005;21) rekonsiliasi bank adalah proses untuk mengetahui sebab - sebab terjadinya perbedaan antara catatan perusahaan dengan laporan bank, dan menentukan jumlah saldo rekening giro yang sesungguhnya pada suatu saat tertentu.
*Berikut ini adalah transaksi yang biasanya muncul dalam catatan perusahaan, tetapi tidak ada dalam laporan bank:
  • Deposit in Transit: Deposito yang telah dikirim oleh perusahaan ke bank tetapi belum diterima oleh bank pada waktu yang tepat sebelum penerbitan laporan bank.
  • Cek Posisi: Cek yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tetapi tidak disajikan atau dibersihkan sebelum penerbitan laporan bank.
*Berikut ini adalah transaksi yang biasanya muncul dalam laporan bank tetapi tidak ada dalam rekening kas perusahaan:
  • Biaya /layanan: Layanan/ biaya mungkin sudah dipotong oleh bank. Biaya tersebut biasanya tidak diketahui perusahaan sebelum penerbitan laporan bank.
  • Pendapatan Bunga: Jika pendapatan bunga apapun telah diterima oleh perusahaan pada rekening bank, ia biasanya tidak masuk dalam rekening kas perusahaan sebelum penerbitan laporan bank.
  • Cek NSF: NSF singkatan dari "tidak cukup dana". Ini adalah pemeriksaan disimpan oleh perusahaan dalam rekening bank namun bank tidak dapat menerima pembayaran pada mereka fi cek karena dana yang tidak mencukupi di rekening pembayar.
contoh format rekonsiliasi bank :
 format pencatatan dengan dua kolom
 format dalam pencatatan dengan empat kolom
format dalam microsoft  excel
terima kasih +Rinal Purba
Loading...

0 Response to "pengertian rekonsiliasi bank"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.