pengertian kolonialisme dan imperialisme secara luas, menurut para ahli barat dan indonesia

dari kaata colunus (colonia)itulah bahasa latinya dari kolonialisme yang artinya merupakan suatu usaha untuk mengembangkan wilayah negara di daerah tertentun tentunya di luar negaran sekarang pastinya. biasanya kolonilisme itu dilakukan dengan penjajahan terhadap populasi yang ada di wilayah tersebut. kolonialisme dilakukan biasanya di tempat yang wilayahnya dapat diandalkan maksudnya kaya yang mempunyai alam dan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat atau di indonesia sering di sebut rempah-rempah yang dapat berguna ekonomi yang tinggi. secara umum atau luas ada empat jenis cara kolonialisme dilakukan yaitu dengan eksploitasi ( Menguras SDA), deportasi , kolonialisme penduduk, kolonialisme kelebihan penduduk ( yaitu untuk menampung wilayah penduduknya), sekunder ( yaitu dengan mendirikan pangkalan peran/militer)

sedangkan imperalisme itu adalalah sebuah penjajahan dengan memperluas wilayah tersebut ke negara atau wilayah lain dengan cara lainya dengan daya tarik negara itu sendiri, baik dengan kekayaan atau gold, dengan kekuasaan atau mempengarhi bangsa tersebut dengan kepercayaan baik dengan penyebaran agama yang seperti di indonesia islam dari negara gujarat india, katolik dan protestan dari negara portugis dan spanyol yang merupakan yang pertama kali menjajah dan menduduki indonesia. secara singkat pengertian dari imperalisme itu sendiri kamu bisa mengingat 3 G yaitu glory ( kekuasaan ), gospel ( menyebarkan ajaran ) , gold ( emas ) dengan ketiga itulah para penjajah melakukanya.

secara sejarah mengatakan bahwa portugis lebih dahulu datang ke indonesia secara kolonialise, dan setelah itu bansa ke dua yang datang menjajah indonesia adalah spanyol dengan cara imperalisssme. sedangkan belanda juga menganut kolonialisme untuk menguasai negara indonesia pada masa itu.

Menurut para ahli :

Menurut para sejarahwan barat Andre Gunder Frank, kolonialisme adalah perpindahan sumber daya alam dari daerah terkoloni ke daerah pengkoloni.

pakar Lenin mengatakan bahw pengertian adalah Imperialisme sebagai sebuah sistem ekonomi-politik. Pemahaman ini, menurut Lenin, adalah pemahaman dasar bagi sebuah upaya untuk memahami imperialisme secara keseluruhan. Imperialisme merupakan sebuah sistem ekonomi-politik, artinya ia adalah sebuah proses ekonomi yang memiliki perwujudan dalam keputusan-keputusan politik

IMperialisme dan kolonialisem pada jaman sekarang.
Pada saat ini sebagai jaman modern bisa di bilang model kolonialsime tidak akan bisa terlihat atau pun berkembang lagi di dunia, meskipun adanya sebagian negara lain seperti isreael yang ingin menguasai negara palestina yang sampai saat ini tidak bisa juga bahkan palestina sendiri sekarang sudah merdeka dari negara israel. semua itu tentunya karena berkat kupulan bangsa-bangsa yang disingkat dengan PBB yang menangani kekerasan, kemiskinan dan perbedaan hak kemanusiaan di seluruh dunia.

Lain halnya dengan Imperialisme yang masih subur di jaman modern sekarang ini, contohnya yang paling cepat berkembang pada saat ini bisa kita bilang seperti china, bahkan negara se modern amerika serikat sekarang ini sudah dikuasai oleh produk-produk kekayaan dari bangsa tirai bambu ini.

Indonesia sendiri bagaimana saat ini? indonesia masih sampai sekrang setelah beberapa puluh tahun di jajah sampai saat ini masih terus mencari jati di nya sendiri. terus menggali ilmu pengetahuan ke negara-negara maju . indonesia menjadi imperialisme negara-negara maju pada saat ini seperti tiongkok , AS , Jerman, Jepang .
contoh nya saja seperti kekayaan alam yang ada di indonesia mampu dikuasai oleh bangsa asing,  oleh karenanya banya yang berpendapat bahwa indonesia belum sempurna menjadi bangsa yang merdeka karena memang indonesia masih menjadi penonton di negara sendiri yang sampai sekarang ini belum mampu untuk menguasai wilayah, bahasa atau budaya nya sendiri. bangsa luar masih yang paling dominan yang mendominasi ekonomi di tanah air.

Ini tentunya menjadi pekerjaan berat tersendiri tentunya untuk kita supaya terlepas dari penjajahan ini, saya mengatakan mari kita bekerja keras demi diri kita terelbih dahulunya dan juga untuk negara indonesia kita untuk bisa maju menjadi negara berkembang, kita tidak mau menjadi budak oleh negara lain kan. Semangat juang INDONESIA!!!

sumber reffrensi bacaan.
- wikipedia
- pendapat ahli ( http://www.pengertianahli.com/ )
- iwak phitik di situs http://iwak-pithik.blogspot.com/
- buku IPS di http://ips-book.blogspot.com/
- http://saripedia.wordpress.com/ ( sari pedia)
- http://www.tuanguru.com/
- apaihitu.com
Loading...

1 Response to "pengertian kolonialisme dan imperialisme secara luas, menurut para ahli barat dan indonesia"

  1. Jazakallah, semoga bisa menambahkan http://vracarsa.blogspot.co.id/2016/07/perbedaan-kolonialisme-dengan.html

    BalasHapus

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.