bahasa batak maafkan aku

Agen SBOBET
saling memaafkan adalah salah satu gaya khas orang batak, apalagi pada suatu saat hari raya dan tahun baru itu merupakan hal yang wajib atau tradisi dilakukan di penghujung tahun. Namun bagaimanakah orang batak mengucapkan kata maaf itu dalam bahasa batak. berikut di uraikan di bawah secara detail :

1. Maafkan dalam bahasa indonesia ( lupahon, ambukkon, maaf, sori, sattabi )
2. aku ( dalam bahasa batak : au, ahu, iba )
3. dia ( ho, imana ) 4. Orang itu ( halak ai ) 5. kawan ( dongan ) 6. paman ( tulang )

 Peggunaan dalam kalimat :

a. maafkan lah aku Paman karena perbuatan aku yang tidak ku sengaja dan doakan lah aku kedepanya dapat berkah yang luar biasa ( maaf ma tulang halani pambahenanku na dob salpu in na hujangaja pakon na lang husangaja pakon doahon ma au tulan ase dapot berkah na sumbang na lau roh on )
b. maafkan lah dia karena dia melakukanya tidak sengaja ( maaf hon ma ia halani ia mambuat ai lang sangaja)
c. Dia sudah memalukanmu, maafkanlah anak ku itu karena sudah membuatmu malu kepada masyarakat jon ( ia doma mamaluhon ho, sori ma jo ba humbandi anak nami on halani domma mambuat ho malu i tongah-tongahni masyarakat)

D. Saling memaafkan adalah salah satu perbuatan yang terpuji dilakukan oleh siapapun di dunia ini. (mafmaaf-mafan aima parbuatan na tarpuji ilakukan oleh ise ganup i dunia on)
E. Selaku bapak adalah orang yang sudah tua atau senior di kampung ini maaf dulu pak kami ucapkan di depan karena kami mau bekerja di kampung orang bapak ini ( halani bapak aima salah sada halak na paling tua i kampung on makani ai mar sattabi ma dobei hanami hatahon i lobei halani hanami lao horja di huta ni halak bapak on )
F. pertama-tama saya mengucapkan maaf dulu kepadamu sayang karena sudah menduakanmu dengan orang lain ( parlobei makkatahon sattabi mau au hu bamu sayang hu halani doma manduahon ho au pakon na legan)

0 Response to "bahasa batak maafkan aku"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.