Karakter orang simalungun sifat Dan Perbedaanya dengan Batak Toba, Karo

Agen SBOBET
Simalungun adalah sebuah kabupaten yang sangat luas daerahnya sumatera utara, sankin luasnya banyak orang yang berpendapat untuk memekarkan daerah ini menjadi dua kabupaten atau lebih. Namun tak jarang pula orang yang menantang perkataan tersebut yang menyebutnya nanti akan menimbulkan perpecahan budaya saja jika nanti simalungun di mekarkan menjadi beberapa kabupaten.

Dari segi luasnya daerah diatas maka dapat kita simpulkan bahwa orang simalungun juga mempunyai iklim dan gaya-gaya yang berbeda diantara masing-masing orang simalungun itu sendiri. Secara garis besar dapat di tarik menjadi 3 wilayah yang sering menjadi perbincangan yaitu simalungun atas, Simalungun bawah, Dan simalungun tengah. sifat dan karakter diantara masing-masing wilayah itu sesuai dengan letaknya yaitu simalungun bawah ( lembek) tengah ( biasa) atas ( keras) ini lah yang sering di ungukapkan orang-orang simalungun itu sendiri dan orang luar Simalungun. Jadi Perbedaanya dengan anggota batak yang lain itu sendiri bagaimana ??( terus baca akan diulas di bawah ini)

Namun apa sih yang lembek, Normal, dan Keras saya selaku orang simalungun merasa dan berpikir mungkin dari Bahasa nya. ya sejauh apa yang sering saya alami terhadap teman-teman simalungun lainya, saya merasa bahasa di Simalungun itu mempunyai logat yang berbeda-beda diantara 3 wilayah masing-masing diatas. Namun kalau kita perhatikan gaya bahasa mungkin akan merubah tingkah laku atau sifat seseorang. jika dia berbicara dengan keras-keras itu akan melambangkan sifat dan karakternya yang tegas. Itu pula lah yang sering kita alami di Indonesia sekarang yang menyebutkan orang batak itu keras-keras. atau sebaliknya jika perkataanya lembek-lembek atau engge-engge begitu juga lah merupakan karakter sifat dan pemawaanya sehari-hari.

Namun bagaimana sifat orang simalungun dengan bangsa-bangsa batak lainya di Sumatera utara seperti dengan batak Toba, karo, Nias dan lainya. ya jelas itu perbedaanya itu adalah tentunya memang adalah Namun seperti penjelasan saya diatas bahwa Bahasa, Tempat dan kehidupan sehari-hari kesimpulanya akan merubah sifat masing-masing orang/suku tersebut. Jika batak toba di bandingkan denga simalungun jelas orang batak toba adalah orang yang paling keras jiwanya daripada batak simalungun. begitu pula denga batak karo.

itu semua bukan lah keseluruhan orang pribadi masing-masing di lingkungan tersebut. pribadi orang akan susah kita temukan sifat dan karakternya hanya dengan melihat apa yang sudah diunkapkan diatas. Yang jelas setiap orang sangatlah berbeda, itu diarik berdasarkan secara umumnya sahaja tanpa menjustifikasi pribadi masing-masing orangnya.

Dari Semua itu, Begitu lah budaya Unik dan menarik untuk selalu di bahas. yang jelas di dalam budaya manapun itu pasti ada satu atau lebih Masing-masing dari etnis tersebut. karena kita membahas mengenai karakter simalungun maka kita contohkan salah satu lagi sifat yang sudah umum untuk di pegang orang simalungun yang sudah melekat pada batinya yaitu HABONARON DO BONA. 

HABONARON DO BONA.  Adalah merupakan pesan dan secara tidak langsung yang mempunyai arti mempengaruhi sifat orang simalungun untuk selalu ingat akan asal nya masing-masing, untuk tidak sombong karena sudah tahu dari mana dan bagai mana dia lahir. dan yang penting saling tolong menolong di dalam sesama orang simalungun. 

Dan habonaron do Bona pula adalah salah satu alat simalungun untuk tetap bersemangat maju untuk bersama-sama membangun secara gotong royong, dan tidak bertindak simalungun. 

Demikian. Penjelasan diatas hanyalah Pendapat yang diungkapkan oleh Seorang Warga Simalungun Yang mungkin mempunyai banyak sangkalan atau perlu di koreksi, komentari dan apapun itu. Jika Teman-teman Mempunyai Unek-unik lain Bisa membuat semacam Diskusi Disini Dengar rasa Kebersamaan dan Pertemanan Kami Mengucapkan Terima Kasih.

Salam Hangat +Rinal Purba 

0 Response to "Karakter orang simalungun sifat Dan Perbedaanya dengan Batak Toba, Karo"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.