7 Cara Paling Umum yang Digunakan Hacker untuk Cracking Password

Agen SBOBET
Di era digital yang serba mengandalkan internet ini seolah menuntut para individu untuk memiliki berbagai akun yang nantinya dapat mempermudah akses internet guna melakukan berbagai aktivitas. Namun sayangnya hal ini terkadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum hacker tertentu untuk mencari keuntungan yaitu dengan membobol password dari akun-akun tersebut sehingga dapat dikendalikan tanpa sepengetahuan dari pemilik akun itu sendiri.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kewaspadaan kita perlu mengetahui modus apa saja yang biasanya digunakan oleh oknum hacker yang melakukan cracking password tersebut. Berikut ini akan kami bagikan informasi seputar modus yang sering digunakan oleh hacker untuk melakukan cracking password, berikut ulasannya:



Modus cracking password para hacker:

1. Phising
Cara paertama yang paling umum digunakan oleh seseorang untuk meng-cracking sebuah password adalah dengan menggunakan teknik phising. Cara kerja dari teknik Phising ini adalah mengelabui seseorang untuk kemudian dengan secara sadar memberikan passwordnya.
Dalam hal ini biasanya oknum yang ingin meng-cracking tersebut akan membuat sebuah halaman internet palsu seperti facebook, gmail, atau twitter yang nantinya akan membuat si korban login dengan menggunakan email dan password di halaman itu.
Teknik ini sebenarnya bukanlah teknik yang sulit sehingga hanya bisa digunakan oleh para hacker professional melainkan teknik  ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan orang awam pun bisa melakukannya, yaitu dengan bantuan software yang bisa didownload secara gratis di internet untuk membuat atau mengirim halaman internet palsu tersebut ke target sasaran.

2. E-mail berisi Virus dan Trojan
Cara paling umum selanjutnya yang digunakan para hacker untuk meng-phising korbannya adalah dengan sengaja mengirim virus ataupun trojan ke email si korban.
Dalam hal ini biasanya email akan menunjukkan nama pengirim dan subject yang dengan kata-kata yang aneh dan tidak dikenal, atau bahkan email tersebut akan langsung masuk ke kotak spam sehingga bagi para pengguna diharap hati-hati sebelum membuka email. Apabila dirasa ada email tak dikenal maka lebih bijak untuk tidak membukanya.

3. Dictionary Technique
Teknik Dictionary ini juga menjadi salah satu teknik paling umum yang digunakan oleh para hacker untuk meng-cracking password para korbannya. Cara kerja dari teknik ini adalah dengan menciptakan file sederhana yang berisikan kumpulan kata-kata yang biasanya digunakan sebagai password oleh orang pada umumnya sehingga saat menemui kata tersebut orang itu akan memilihnya dan sang hacker pun akan segera mengetahui password yang dipilih.
Namun hal ini tentunya tidak akan bekerja apabila si korban menggunakan password yang tidak umum sehingga sering disebut jika teknik ini adalah teknik ‘Lotre’ karena dalam pengerjaannya tidak ada jaminan langsung berhasil melainkan benar-benar mengandalkan keberuntungan.

4. Shoulder Surfing
Teknik selanjutnya adalah Shoulder Surfing yang mana biasanya dilakukan oleh para hacker untuk meng-cracking password yang tidak hanya berkaitan dengan akun internet saja namun bisa juga untuk memat-matai berbagai perangkat elektro, bahkan ATM sekalipun.
Dalam hal ini para hacker akan membuat sebuah program yang dikirimkan ke korbannya untuk kemudian memaksa korban login dengan menyebutkan username dan password dari akun tertentu sesuai sasaran sang hacker.
Teknik ini sebenarnya cukup berbahaya karena terkadang korban tidak sadar jika dirinya tengah berada dalam proses cracking karena hacker biasanya akan mengirimkan sebuah program yang membuat komputer tidak bisa digunakan sebelum login dengan username dan password tertentu.

5. Offline Cracking
Jika sebelumnya anda mengira bahwa proses cracking haruslah dilakukan secara online maka sebaiknya anda mengetahui teknik yang satu ini, yaitu teknik offline cracking. Dalam hal ini biasanya para hacker akan menguji validitas sebuah password dari korbannya dengan mengirimkan program offline yang kemudian meng-scan dan menyimpan data-data akun si korban.

6. Teknik sosialisasi
Teknik yang satu ini juga cukup berbeda dari teknik-teknik sebelumnya yang mana proses cracking dilakukan oleh para hacker secara diam-diam. Pada teknik ini hacker akan dengan sengaja bersosialisasi dengan korbannya untuk kemudian menipu korban dengan berbagai cara agar mau memberikan username dan paswword dari akun yang dimilikinya.
Teknik semacam ini sebenarnya cukup berbahaya karena tak jarang para hacker mampu mengontrol pikiran korban sehingga mau mengikuti segala sesuatu yang disuruh oleh hacker tersebut.

7. Guess Technique
Teknik terakhir yang paling umum digunakan oleh para hacker adalah dengan teknik ‘Guess’ atau ‘Menebak. Dalam teknik ini para hacker akan berspekulasi dengan menebak berbagai kemungkinan dari password yang digunakan oleh si korban.

Dalam hal ini tentunya hacker tidak akan asal menebak melainkan melakukan riset terlebih dahulu dengan mensurvei apa saja yang dapat dijadikan petunjuk untuk kemudian menebak password yang digunakan oleh si korban.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar informasi dari teknik cracking yang paling sering digunakan para hacker sehingga diharap para pembaca dapat lebih berhati-hati terhadap berbagai modus diatas, semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Paling Umum yang Digunakan Hacker untuk Cracking Password"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.