Ingin Berinvestasi Emas? Pelajari Faktor Penyebab Fluktuasi Harga Emas!

Agen SBOBET
Emas merupakan salah satu perhiasan yang sangat digemari khususnya kaum wanita. Perhiasan ini menjadi pelengkap aksesorissekaligussebagaipenandatingkatkesejahteraanseseorang. Saat ini lebih banyak orang memilih berinvestasi dalam bentuk emas daripada menabung dalam bentuk uang. Investasi emas dinilai sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya harga emas dipasaran.

Emas adalah logam mulia yang sangat menarik perhatian. Berbagai macam bentuk emas seperti perhiasan maupun batangan. Warna kuning gold itu memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi di mata dunia. Kebanyakan orang berinvestasi emas untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan di masa mendatang seperti uang pendidikan anak, biaya umroh atau naik haji, biaya untuk kesehatan, dan lain sebagainya.

Emas digunakan sebagai bentuk investasi untuk jangka panjang. Dan juga sebagai pelindung dari tingginya tingkat inflasi. Seperti halnya komoditi lain, naik turunnya harga logam mulia emas ditentukan oleh permintaan dan juga penawaran yang ada di pasar. Terdapat 4 faktor yang berpengaruh pada harga emas:

1. Perubahan kurs mata uang US Dollar
Harga perhiasan atau emas batangan dengan nilai tukar mata uang US Dollar memperlihatkan adanya korelasi negatif. Jika US Dollar melemah, harga sebuah perhiasan atau emas batangan akan meningkat. Begitu juga sebaliknya. Bila Anda memang berniat berinvestasi emas, sebaiknya pantau secara berkala pergerakan harga logam mulia ini dengan melihat perkembangan ekonomi di dunia. Bila saja ada kemungkinan akan terjadi resesi global, Anda bisa menyimpan paling tidak satu batang emas di dalambrankasatau safety deposit box di sebuah bank.

2. Faktor supply dan demand atau penawaran dan permintaan
Ketika permintaan emas meningkat, maka harganya pun akan semakin mahal. Begitu juga sebaliknya.

3. Tingkat inflasi yang tak terduga
Semakin naik inflasi, harga sebatang emas akan ikut meningkat dan mahal. Hal ini biasa terjadi ketika kondisi ekonomi dalam keadaan tidak stabil. Sehingga banyak orang beramai-ramai membeli emas untuk mengantisipasi kondisi tertentu.

Adapun faktor lain yang mempengaruhi fluktuasi harga, yaitu:

• Produksi emas di seluruh dunia
Produsen emas paling utama di dunia adalah Peru, Amerika Serikat, Cina, Rusia, Afrika Selatan, dan Australia. Produksi emas dari negara-negara tersebut sangat berpengaruh pada permintaan dan juga penawaran emas di seluruh dunia.
• Kenaikan permintaan emas dari industri perhiasan di seluruh dunia.
• Jumlah emas pada bank sentral di dunia.
Bank sentral di dunia memiliki cadangan emas yang cukup besar. Ketika bank-bank tersebut membeli emas lebih banyak dibanding menjual, maka harga sebatang emas pun akan meningkat.
• Faktor isu-isu politik dunia.
Isu Berxitadalahsalah satu yang mengakibatkan banyak investor memborongemas dengan jumlah yang sangat banyak.

Keuntungan memiliki emas yaitu emas sangat mudah dicairkan kembali, bebas pajak, dan sebagai pelindung nilai kekayaan seseorang. Sedangkan kelemahan berinvestasi emas yaitu tingginya resiko kehilangan, harga yang fluktuatif, berpengaruh kecil terhadap ekonomi riil, digunakan hanya sebagai investasi jangka panjang sehingga hanya cocok bagi orang yang memang ingin berinvestasi bukan sekedar menabung, dan juga kestabilan harga berjalan lambat.

Itulah ulasan mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi fluktuasi harga perhiasan emas maupun emas batangan. Berinvestasi dengan emas adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Yang harus diperhatikan adalah, Anda wajib mengetahui waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas itu kembali. Jangan sampai justru Anda merugi karena salah strategi. Pelajari pergerakan harga emas dengan seksama agar niat Anda memiliki tabungan jangka panjang dan menguntungkan bisa  terealisasi dengan baik.

0 Response to "Ingin Berinvestasi Emas? Pelajari Faktor Penyebab Fluktuasi Harga Emas!"

Poskan Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.