Arti Kata Signifikan dalam Kamus Bahasa Indonesia

Signifikan

Kata signifikan tentu saja sudah tidak asing dan sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ya, istilah atau kata signikfikan selain digunakan dalam percakapan juga sering didengar, dijumpai dan ditampilkan di pemberitaan media, baik cetak, eletronik, maupun online). Selain itu, kata ini juga sangat sering dijumpai dalam tulisan-tulisan atau penelitian jurnal ilmiah.

Pengucapannya memang mudah dan terkesan sangat ilmiah sekali. Namun sebenarnya tahukan Anda pengertian yang sebenarnya dari kata signifikan itu sendiri? Nah, untuk itu berikut kita bahas bersama-sama terkait pengertian kata signifikan beserta contoh-contoh penggunaannya.

Pengertian Kata Signifikan
Kata signifikan sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu significant yang berarti penting (dalam sebuah persoalan). Dalam bidang kajian ilmu Linguistik, kata signifikan dapat diartikan sebagai sesuatu yang benar. Hal ini berkaitan dengan sebuah hasil riset yang merupakan penemuan yang benar, walaupun hal itu tidak terlalu penting.

Dalam bahasa Indonesia, kata significant tadi diserap (kata serapan) menjadi signifikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata signifikasn berarti:

Signifikan/sig•ni•fi•kan/ (a) penting; berarti: seorang -- yang dijadikan anutan; perbedaannya kecil sekali, tidak –

Maksudnya, kata siginfikan digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan atau menyatakan pengaruh atau peran dari suatu permasalahan tertentu. Signifikan juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang memiliki efek yang cukup besar untuk diperhatikan sehingga sangat penting dan tidak dapat lepas dari hal lain. Misalnya: Menjelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak Cukup Signifikan.

Kata signifikan juga dapat berarti nyata atau benar-benar berbeda. Contohnya begini:

“Karena jujur dan rajin dan jujur, gaji Budi dinaikkan dari Rp 1.500.000 menjadi Rp 1.500.200 per bulan”

Disini terlihat, meskipun gaji Budi bertambah sebesar Rp 200, tapi jelas saja tidak berarti sama sekali karena jumlahnya sedikit sekali. Namun apabila gajinya dinaikkan menjadi Rp 2.000.000, maka gajinya dapat dikatakan naik secara signifikan atau benar-benar berbeda dari gaji sebelumnya. Nah, dari contoh ini terlihat bahwa signifikan dapat berarti sangat berbeda.

Pengertian Signifikan dalam Sebuah Penelitian

Katta siginifikan banyak dihubungkan dengan hasil suatu penelitian atau kata ini sering digunakan dalam hasil sebuah riset. Misalnya;


“Hasil penelitian itu memiliki signifikasi sebesar 0,02%”

Artinya, hasil penelitian tersebut memiliki kebenaran sebesar 98% dan kemungkinan salahnya hanya 20% saja. Jadi, signifikan berarti sebagai suatu hal yang menyatakan tingkat kebenaran yang tidak lepas dari suatu permasalahan.

Dalam penelitian, orang biasanya menggunakan tingkat signifikansi dalam bentuk persen. Misalnya, sebesar 9% atau sekitar 0,05 (bisa lebih kecil dari itu) untuk melakukan penolakan terhadap hipotesis nol (H0). Angka ini bertujuan untuk menunjukkan adanya perbedaan hubungan antar-variable yang akan terjadi 5 kali dari 100 secara kebetulan. Probabilitas sebesar 0,05 ini secara historis merupakan pilihan secara arbitrer yang sudah disepakati dan diterima dalam dunia riset.

Contoh Penggunaan Kata Signifikan
1. Virus ini akan mengurangi jumlah penduduk secara signifikan di bumi
2. Angka kematian akibat kanker serviks meningkat secara signifikan setiap tahunnya
3. Pasangan X mendapatkan perolehan suara yang cukup signifikan pada pilkada lalu
4. PKS mendapatkan suara signifikan di perkotaan karena memiliki jaringan intelektual muda dan aktivis dakwah kampus.
5. Berhati-hati dalam merespons persoalan menjadi sangat signifikan dalam menjaga stabilitas politik pada suatu wilayah tertentu.
6. Menjelang dan tahun baru, harga sembako melonjak secara signifikan.
7. Setelah mengalami kenaikan yang cukup signifikan beberapa waktu lalu, kini harga cabe rawit mulai normal kembali.
8. Pengelolaan kualitas udara menjadi hal yang signifikan bagi warga dunia untuk menjamin keberlanjutan kualitas udara bersih
9. Nilai raport Amir memang mengalami kenaikan, namun tidak terlalu signifikan
10. Setelah peristiwa tsunami 12 tahun lalu, pembangunan infrastrukru di Aceh meningkat sangat siginfikan.
11. Wamenhub: Rekomendasi Litbang Sangat Signifikan Bagi Kemajuan transportasi
12. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa minat baca merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca siswa.
13. Dalam hal ini, Perrine menegaskan bahwa penggunaan ‘figure of speech’ atau majas bertujuan agar wacana kesasteraan yang diciptkan memiliki kekuatan yang lebih signifikan dalam pencapaian pesan dari pada disampaikan dengan bahasa yang sederhan dan lugas.
14. Dengan adanya perubahan yang signifikan oleh Islam terhadap hukum masyarakat Arab pra-Islam, misi Islam mendapatkan sambutan dan respon dari masyarakat, baik dari kelompok masyarakat yang menghendaki perubahan maupun dari kelompok masyarakat yang menjadi penopang hukum Jahiliyyah yang telah ada.

Nah itulah penjelesan mengenai arti kata signifikan. Kata ini memang sering digunakan dalam bentuk kalimat ilmiah, judul berita, maupun dalam percakapan sehari-hari. semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah kosa kata dan pengetahuan Anda mengenai arti kata-kata yang ada di dalam bahasa Indonesia.

0 Response to "Arti Kata Signifikan dalam Kamus Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.