Pengertian Interpretasi dan Contohnya

Menurut Kaelan seorang ilmuwan sosial, arti kata interpretasi ialah seni yang melukiskan bentuka komunikasi secara tidak langsung di mana jenis komunikasi tersebut dapat mudah dipahami. Istilah interpretasi sangat erat dengan jangkauan yang hendak dicapai oleh suatu subyek. Jangkauan tersebut secara bersamaan diungkapkan kembali dalam sebuah struktur identitas yang ada dalam sejarah, kehidupan dan objektivitas.

ilustrasi Interpretasi

Selain kita gunakan dalam perbincangan sehari-hari, istilah interpretasi sering kita jumpai di beberapa artikel maupun berita di Koran seperti interpretasi sejarah, interpretasi karya seni, interpretasi data dan lain-lain. Makna interpretasi sangat dekat dengan kata tafsiran.

Arti Kata Interpretasi dan Contoh Kalimatnya

Secara umum, interpretasi merujuk pada tafsiran, arti, penjelasan, makna, pandangan atau pendapat teoritis tentang suatu objek yang berasal dari pola pemikiran mendalam dan dipengaruhi oleh latar belakang subyek yang melakukan proses interpretasi. Setiap objek baik berupa data, lukisan, patung, puisi maupun buku dapat dijadikan sebagai objek interpretasi. Interpretasi dilakukan untuk memperoleh pengetahuan atau pengertian yang sangat jelas dan lebih mendalam tentang suatu hal.

Misalnya: 

Lukisan yang bersifat abstrak biasanya kurang dipahami maknanya oleh sebagian besar orang. Lukisan tersebut dapat dijadikan objek interpretasi sehingga orang awam sekalipun dapat memahami makna yang berada dalam lukisan tersebut.

Proses interpretasi juga dapat ditujukan pada jenis data statistik. Misalnya: data jumlah penduduk suatu pedesaan berdasarkan rata-rata penghasilan dan jenis kelamin warga desa. Data-data tersebut dapat melewati proses interpretasi untuk memperoleh informasi tentang pengaruh besarnya jumlah warga berjenis kelamin laki-laki dibanding perempuan dengan penghasilan rata-rata masyarakat.

Dari contoh di atas, tampak jelas bahwa proses interpretasi sangat bergantung pada latar belakang dan sudut pandang orang yang menginterpretasikan. Dengan demikian interpretasi akan objek yang sama dapat menciptakan hasil yang berbeda apabila dilakukan oleh orang yang berbeda. Hal ini berdampak positif karena kita bisa memahami dan melihat sebuah objek dari berbagai sudut pandang.

Faktor yang berperan penting dalam proses interpretasi ialah latar belakang orang yang menghasilkan interpretasi. Orang yang melakukan proses interpretasi sebaiknya mempunyai pengalaman dan landasan ilmu yang mumpuni sehingga dapat mempertanggungjawabkan hasil interpretasinya tersebut.

Misalnya:

Bagaimana syarat seseorang dalam melakukan penafsiran ayat Al-Quran sangat ketat. Orang yang melakukan penafsiran Al-Quran harus benar-benar memahami ilmu tafsir, ilmu tata bahasa Arab juga memiliki karakteristik tingkah laku yang baik, jujur dan sehat akidahnya. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas interpretasi sangat bergantung pada kapabilitas dan kompetensi orang yang membuat interpretasi.

Pengertian Interpretasi dalam Beberapa Kajian Ilmu

• Pengertian Interpretasi dalam Kajian Ilmu Sejarah
Dalam kajian Ilmu Sejarah, pengertian interpretasi ialah bentuk penafsiran seorang sejarawan tentang sebuah fakta sejarah dalam satu runtutan alur cerita yang masuk akal dan harmonis. Proses interpretasi sejarah memiliki sifat subyektif yang bearti bahwa hasil penafisiran tersebut dipengaruhui bagaimana orang yang melakukan penafsiran tersebut. Para sejarawan sering mengungkapkan alur cerita dengan perbedaan interpretasi karena umumnya mereka berasal dari latar belakang yang berbea juga pola motivasi, pengaruh dan pola pikir yang berbeda.

• Pengertian InterpretasI dalam Kajian Ilmu Hukum
Dalam kajian Ilmu Hukum, interpretasi ialah proses menentukan arti atau makna dari sebuah teks/bunyi pasal juga hal-hal lain yang saling terkait dengannya.

• Pengertian Interpretasi Data dalam Kajian Penelitian Kualitatif
Dalam kajian penelitian kualitatif, interpretasi data merujuk pada suatu ungkapan dan diskripsi yang berupaya menggali pengetahuan tentang suatu peristiwa maupun data melalui penggalian informasi dan pemikiran yang mendalam.

• Pengertian Interpretasi dalam Ilmu Seni Musik
Dalam kajian Ilmu Seni Musik, interpretasi merupakan proses penemuan hal-hal yang dinginkan oleh komposer. Proses ini merupakan bentuk ekspresi dan penyampaian komunikasi melalui perasaan yang menggambarkan sosial, sejarah dan kondisi psikologi suatu karya musik. Kerangka interpretasi dapat berupa tempo, struktur, melodi, ritme, harmoni, sejarah musik, dinamika dan warna suara.

LIHAT JUGA: bahasa inggrisnya sama sama

Pengertian Interpretasi Berdasarkan Konteks Manfaatnya

Pengertian Interpretasi berdasarkan konteks manfaatnya terdiri dari:

• Pengertian Interpretasi Peta
Interpretasi peta ialah proses membaca peta dengan cara memberi makna atau menafsirkan isi peta dengan simbol-simbol yang ada. Simbol-simbol tersebut biasanya berupa objek geografi seperti sungai, danau, gunung, laut dan jalan.

• Pengertian Interpretasi Citra
Interpretasi Citra ialah suatu kegiatan dalam melakukan pengkajian foto udara atau citra dengan tujuan untuk mengenali gejala dan objek. Pengakajian ini juga untuk melakukan penilaian tentang seberapa penting arti gejala dan objek tersebut melalui tahapan identifikasi, deteksi dan analisis.

• Pengertian Interpretasi Cerpen
Interpretasi Cerpen ialah suatu penafsiran makna tentang apa saja yang terdapat dalam sebuah cerpen. Interpretasi cerpen biasanya terkait dengn kegiatan penafsiran mengenai pesan pengarang, pemahaman kalimat konotasi dan kaitan cerita dengan kehidupan sebenarnya dan proses penemuan nilai-nilai kehidupan yang ingin diungkapkan oleh penulisnya.

Itulah ulasan terkait pengertian interpretasi dan jenisnya. Semoga bisa menjadi bahan rujukan yang bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Interpretasi dan Contohnya"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.