BAHASA KARO LAGI NGAPAIN DAN CONTOHNYA DALAM KALIMAT ATAU PARAGRAPH

bahasa karo LAGI NGAPAIN adalah erkai kam e? . masih sangat minim anak bangsa kita yang mengetahui bahasa-bahasa daerah, salah satunya adalah bahasa karo (BAHASA KARO). Hal ini cukup memperhatinkan karena bukan hanya suku-suku lain saja yang belum memahami bahasa ini, dan bahkan ornag karo keturunan dari nini bulang (nenek moyang) kita masih banyak yang belum memahami hal ini. Nah disini sayang hanya mencoba unuk membantu anda yang ingin mengerti dan memahami bahasa karo ini.

Terkait karena minimnya pengetahuan–pengetahuan bahasa daerah disini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengucapkan sesuatu atau percakapan dan sapaan dari seseorang. Dan saya akan menjelaskan sedikit apa maksud kalimat tersebut. selain kata erkai kam e ? yang artinya lagi ngapain berikut juga kata kalimat dalam bahasa karo sehari-hari dan artinya dalam bahasa indonesia:

1. Salam wari erpagi pagi ( Selamat pagi )
Kata kata ini yang selalu duucapkan oleh orang-orang yang mengerti berbahasa karo. Kertia bertemu di pagi hari sapaannya biasanya diucapkan dengan ( salam wari erpagi pagi si mehuli).

2. Mejuah juah si mehuli man banta kerina ibas wari si sendah ( salam yang terbaik untuk kita semua pagi ini)
Ini juga cocok menjadi salah satu kata kata yang dapat kita ucapkan untuk menyapa seseorang yang dimana ketika bertemu disuatu tempat.

Nah,,, disini juga kita akan mencoba untuk membuat suatu kalimat yang berhubungan dengan aktifitas kita sehari hari, karena kalimat yang kita ucapkan biasanya hanya formal saja.

1. Mejuah juah man banta kerina ija pe kita ringan, mudah mudahen sehat sehat kita kerina ras kai pendahinndu dahiken ibas wari simehuli enda gelahna rezeki nta pe maler man kita she asa si targetken,
“Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua dimana pun kita berada, mudah mudahan kita selalu di berikan kesehatan dan apa pun pekerjaan kita kerjakan dihari yang baik ini agar rezeki kita pun akan mengalir kepada kita semua”

2. Pagi pagi enda she kel mbergehna ras la tanggung metunggungna adi lit segelas kopi ras kudul kundul santai
“Dipagi hari yang dingin sekali mantapnya ditemani segelas kopi sambil duduk santai”

3. Salam wari erpagi pagi….
Labo sen ngenca rezekinta, umur sigedang e pe bali nge. Gejapken saja kesehaten, kinihulien, rasp e kedamaien bas geluhta
Selamat Pagi…
“Rejeki bukan hanya berupa uang, tetapi juga umur yang panjang. Nikmatilah kesehatan yang dikelilingi oleh kebaikan dan kedamaian dalam hidup kita”

4. Wari si enggo lewat, uga pe si mehuli ras si la mehuli, enggo me lewat. Wari sisendah lah kesempaten ngidah lagit si biru she kel cerahna. Salam wari erpagi pagi, dunia
“Hari kemarin, bagaimanapun baik atau buruknya, telah berlalu. Hari ini adalah waktu untuk melihat langit biru yang cerah. Selamat pagi, Dunia”

5. Salam erpagi pagi dunia,
Lit pengharapen man jelma si erdoa ras tek man bana lit kerina jalanna man kita si la pernah putus asa ras ketenangen e pe pasti iberekenna man kita si iklas ndingen pedah pedah na.
“Selamat pagi dunia,
Harapan itu selalu ada bagi mereka yang berdoa dan senantiasa ada jalan bagi mereka yang tidak mengenal putus asa. Dan ketenangan itu pasti ada pada mereka yang ikhlas dengan aturan dan kehendak-Nya”

6. Salam erpagi pagi turang …
La kusangka she riah na ukurku ibas wari sisendah. Kenca nggo ngerana ras kena, eitah tadingken ingan modom eina, perbahanken wari erpagi pagi enda pe la siakap sempurna adi langa ngidah ayondu si merupa ena.
“Selamat pagi sayang…
Tak terbayang indahnya hidupku hari ini. Setelah menyapamu di pagi hari, ayo tinggalkan tempat tidurmu. Karena pagiku belum sempurna sebelum memandang rona indah wajahmu.”

7. Salam erpagi pagi simehuli man bandu turang si rasa lalap ku kelengi….ngena ateiku kena
“Selamat pagi sayang yang akan selamanya aku cintai… Love You”

8. Salam erpagi pagi manuk bujur enggo medaki kou aku
“Selamat pagi ayam terimakasih sudah bangunkan aku.”

9. Salam erpagi pagi turang …. kam bagi matahari si lalap tenangken pusuhku
“Selamat Pagi Sayang… Kamu yang seperti mentari menghangatkan jiwaku”

10. Salam erpagi pagi man bandu turang. Gelah meriah ukurndu, gelahna banci kam tawa, ras si e kerina mbera erbahan kedamaien ibah pusuhku
“Selamat pagi untuk semangat mu sayang. untuk bahagiamu, untuk keceriaanmu, dan semua itu akan memberi kedamaian padaku”

11. Salam erpagi pagi teman, enggo erganti berngi ku pagi pagi, I pesikapken kerna gelahna banci si dahiken pendahin, ula lupa kam bersyukur man si erkuasa gelahna berekenna rezekinnta, em kesempaten kita robah si dat kita bas pagi pagi enda.
“Selamat pagi sahabat.. telah berganti malam menjadi pagi, kita siapkan diri untuk aktivitas hari ini, tidak lupa mengucap syukur atas karunia yang maha kuasa,atas kesempatan untuk memperbaiki diri yang masih kita dapatkan di pagi hari ini”
Loading...

0 Response to "BAHASA KARO LAGI NGAPAIN DAN CONTOHNYA DALAM KALIMAT ATAU PARAGRAPH"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.