Negara Asean Dengan Pelabuhan Transit Paling Ramai

Tahukah anda negara ASEAN dengan pelabuhan transit paling ramai saat ini? Setiap negara di dunia ini pasti memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan suatu negara tersebut bisa dilihat dari aspek yang berbeda-beda, ada yang unggul dalam sumber daya alam, perdagangan, teknologi atau di bidang lainnya. Termasuk keunggulan dalam hal pelabuhan yang dijadikan transit.

Dan saat ini, negara ASEAN dengan pelabuhan transit paling ramai adalah Singapura. Karena letak Singapura yang sangat strategis.

Negara Asean singapura
Negara Asean singapura

Singapura Sebagai Pelabuhan Transit Paling Ramai di Asean

Nah terkait hal tersebut, berikut ini beberapa fakta mengenai negara Singapura yang sebaiknya anda tahu :

Sejarah Singapura

Singapura merupakan salah satu negara di kawasan Asean yang terkenal dengan kotanya yang sangat bersih. Nama Singapura berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “Kota Singa“. Nama ini telah digunakan sejak abad ke-12. Sebelum bernama Singapura, negeri ini bernama Tumasik. Letak Singapura yang strategis di jalur perdagangan internasional membuat Singapura terkenal sebagai pelabuhan transit yang sibuk. Singapura adalah salah satu negara termaju di Asia khususnya di Asean.

Kekuatan ekonomi Singapura terletak pada kegiatan perdagangan, keuangan, dan industri. Meskipun wilayahnya kecil dan sumber daya alamnya sedikit, Singapura mampu menciptakan objek wisata dan mengemasnya menjadi komoditas yang menguntungkan. Objek wisata Singapura misalnya Taman Burung Jurong yang memiliki koleksi lebih dari 1.500 jenis burung. Singapura juga membangun P.Sentosa yang pada mulanya merupakan kampung nelayan dan bekas benteng pertahanan Inggris menjadi kawasan wisata modern. Singapura memiliki pusat perbelanjaan terkenal di dunia yaitu Orchard Road.

Letak Geografis Singapura

Singapura merupakan negara kecil yang terletak di kawasan Asis Tenggara tepatnya di antara Malaysia dan Indonesia di selatan Semenanjung Malaka. Letak Singapura inipun sangat strategis karena terletak di jalur silang pelayaran internasional dengan etak geografis Singapura adalah 1°22’N, 103°48’E.

Seperti yang kita tahu, Singapura terkenal dengan industri modern. Industri modern singapura ini dimulai tahun 1960 dengan tujuan menyediakan lapangan pekerjaan bagi warganya. Luas kawasan industri Singapura kurang lebih 6.300 ha. Industri terpenting di singapura yaitu industri listrik atau elektronika, transportasi. Industri transportasi ini misalnya pembuatan dan perbaikan kapal dan pembuatan komponen pesawat terbang. Di Singapura juga terdapat industri peralatan pengeboran minyak yang sangat maju. Nah, dari banyaknya industri tersebut, Singapura merupakan negara industri terbesar di Asia Tenggara.

Singapura menjadi pelabuhan transito yang paling ramai di asean karena letaknya yang strategis sebagai pusat perdagangan impor dan ekspor serta pusat pengumpulan dan penyebaran barang-barang. Bandar udara internasional di Singapura tersebut dibuka pada tahun 1981 di Changi dan menjadi bandar udara yang modern.

Saat ini, Singapura juga menjadi negara transit penerbangan dan pelayaran terbesar di dunia khususnya untuk kawasan Asia Pasific. Kawasan transit di Singapura ini bisa dilihat dari Hampir semua petikemas di dunia didistribusikan melalui Singapura. Termasuk juga wisatawan dunia khususnya dari Eropa dan Amerika dengan tujuan Asia atau Australia termasuk Indonesia transit di Singapura.

Singapura pun memiliki kebijakan untuk lebih mengutamakan pelayaran kepada tamu, pedagang atau investor yang datang sebagai negara transit yang ramai. Para tamu yang datang harus dijamu dan dilayani dengan baik, sehingga betah tinggal dan membelanjakan uangnya.

Sebagai negara dengan pelabuhan transit teramai, untuk mempermudah komunikasi sedikitnya ada empat bahasa yang diajarkan di sekolah di Singapura yaitu Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil. Untuk bahasa resmi administrasi, Singapura menggunakan bahasa Inggris.

Lihat juga : pengertian Modal dan Penjelasanya

Keuntungan di Bidang Perekonomian

Letak geografis Singapura serta industri yang modern memberikan banyak keuntungan terutama di bidang perekonomian. Singapura memiliki ekonomi pasar yang sangat maju dan disebut sebagai macan asia bersama Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan. Dalam hal pendapatan negara, Ekonomi Singapura sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor khususnya di bidang manufaktur. Pendapatan sektor ekonomi Singapura meliputi sektor elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik dan ilmu biomedis.

Selain negara yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia , ternyata singapura juga merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia. Posisi ini ditempati Singapura setelah London, New York dan Tokyo. Prestasi lain Singapura adalah ditempatkanya pada peringkat hub logis teratas dunia oleh Bank Dunia.

Keuntungan lain dari letak Singapura yang sangat strategis yaitu membuat sektor perdagangan dan jasa berkembang sangat cepat bahkan terbesar di Asia Tenggara. Singapura sebagai tujuan investasi khususnya bagi negara-negara barat yang hendak memperluas pasarnya di kawasan Asia karena kondisi politik dan keamananya yang stabil.

Nah itulah sekelumit penjelasan mengenai negara Asean dengan pelabuhan transit paling ramai, yaitu negara Singapura. Semoga menambah wawasan anda.
Loading...

0 Response to "Negara Asean Dengan Pelabuhan Transit Paling Ramai"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.