34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya Lengkap

Indonesia adalah suatu Negara kepulauan yang memiliki 34 provinsi. Dari masing-masing provinsi yang ada di Indonesia dipimpin oleh seorang Gubernur sebagai pemerintah daerah. Pada masa sebelumnya, Indonesia hanya memilki 27 provinsi. Namun akan tetapi di masa reformasi pada tahun 1999, masing-masing provinsi yang ada di Indonesia memiliki wilayah lebih besar lalu di kembangkan menjadi dua bagian. Provinsi yang di kembangkan menjadi dua iyalah provinsi Riau dan provinsi kepulauan Riau, provinsi papua barat yang sebelumnya menjadi provinsi irian jaya serta provinsi banten yang sebelumnya termasuk dalam provinsi jawa barat.

Peta Pembagian Wilayah Provinsi Di Indonesia
Peta Pembagian Wilayah Provinsi Di Indonesia
Pembagian wilayah provinsi di Indonesia- Di tahun 1945 hingga 1949 negara Indonesia tercinta ini mengalami kemajuan pada wilayanya. Hal ini terjadi dikarenakan kembalinya Belanda untuk mencoba menguasai Indonesia. Pada tahun 1949 belanda mengatakan bahwa Indonesia dalam bentuk serikat yang berdasarkan hasil konfrensi meja bundar di den haag. Pada saat itu juga Indonesia memiliki 15 negara bagian dan Republik Indonesia iyalah suatu bagian dari Republik Indonesia Serikat. Pada tahun 1950 indonesia menjadi negara kesatuan Republik Indonesia kembali. Dan pada saat tahun 1950 hingga 1966 di Indonesia telah terjadi perkembangan dari beberapa provinsi yang di antaranya:

  • Di era tahun 1950 Provinsi Sumatera dipecah menjadi Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Sumatera Tengah. Dan pada tahun 1950 ini juga kota Yogyakarta mendapatkan sebutan daerah khusus yaitu daerah istimewa.
  • Di tahun 1956 Provinsi Kalimantan pun di pecah menjadi tiga provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Barat.
  • Di tahun 1957 indonesia kembali memecah provinsi yakni pada tahun ini provinsi Sumatera Tengah dipecah menjadi Provinsi Jambi, Provinsi Riau dan pada bagian sumatera barat. Setelah itu aceh juga terlepas dari Provinsi Sumatera Utara dan di tahun ini juga Jakarta mendapatkan gelar sebagai daerah khusus ibu kota.
  • Di tahun 1959 terjadi lagi sebuah perpecahan provinsi yaitu dari sunda kecil menjadi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 1959 ini juga terbentuklah sebuah Provinsi Kalimantan Tengah dari dipecahnya Kalimantan Selatan.
  • Di tahun 1960 mendatang Provinsi Sulawesi juga ikut serta dipecah menjadi sebuah Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.
  • Di tahun 1963 PBB menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia dan di tahun 1964 mulailah terbentuknya sebuah provinsi Lampung dari perkembangan Provinsi Sumatera Selatan. Bahkan bukan hanya itu saja, akan tetapi di tahun ini juga Provinsi Sulawesi Tengah mulai ada oleh hasil perkembangan dari Sulawesi utara dan Provinsi Sulawesi Tenggara dari perkembangan Provinsi Sulawesi Selatan.
Lihat juga :

Jadi bertambahnya jumlah Provinsi di Indonesia pada saat Irian Barat telah resmi kembali menjadi milik NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia) di tanggal 19November 1969 dan menjadi urutan Provinsi  ke 26. Setelah itu Irian Barat sendiri berubah nama menjadi Irian Jaya. Kemudian, Timor Timur pun ikut serta bergabung bersama NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) di tanggal 17 juli 1976. Dengan begitu bertambahnya jumlah provinsi dan timor timur menduduki urutan Provinsi ke 27. Namun akan  tetapi sangat di sayangkan, pada tanggal 19 oktober 1999 timor timur melepaskan keangotaan bersama NKRI. Hingga sampai saat ini Indonesia maju berkembang dengan pesatnya Timor Timur telah menjadi Negara baru yaitu Timor Leste. Dari sekian banyaknya Provinsi di Indonesia, yang memiliki luas wilayah terbesar adalah Provinsi Papua yakni 219.036.05 km dan Provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah Provinsi Jawa Barat yaitu sebanyak 42.332.370 jiwa atau setara dengan 16, 5% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia.

Daftar 34 provinsi Di Indonesia dan ibukotanya 

(Provinsi - Ibu Kota )

Dki Jakarta - Jakarta
Jawa Barat - Bandung
Banten - Serang
Jawa Tengah - Semarang
Jawa Timur - Surabaya
DI Yogyakarta - Yogyakarta
Bali - Denpasar
Nusa Tenggara Timur - Kupang
Nusa Tenggara Barat - Mataram
Kalimantan Tengah - Palangkaraya
Kalimantan Selatan -  Banjarmasin
Kalimantan Timur - Samarinda
Kalimantan Barat - Pontianak
Kalimantan Utara - Tanjung Selor
Sulawesi Tengah - Palu
Sulawesi Utara - Manado
Sulawesi Tenggara - Kendari
Sulawesi selatan - Makassar
Sulawesi Barat - Mamuju
Gorontalo - Gorontalo
Maluku - Ambon
Maluku Utara - Ternate
Papua - Jayapura
Papua Barat - Manokwari
Lampung - Bandar Lampung
Bengkulu - Bengkulu
Jambi - Jambi
Sumatera Selatan - Palmebang
Sumatera Barat - Padang
Sumatera Utara - Medan
Riau - Pekanbaru
Kepulauan Riau - Tanjung Pinang
Kepulauan Bangka Belitung - Pangkal Pinang
Aceh Banda - Aceh

34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya Lengkap dengan Gambar:


34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya Lengkap
34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya Lengkap
Demikian ulasan yang dapat saya bagikan seputar Pembagian wilayah provinsi di Indonesia di atas,
Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua dan juga dapat membantu dalam menyelesaikan tugas
sekolah seputar daftar provinsi dan ibu kota yang terdapat di negara indoneisa tercinta ini. Sampai
jumpa kembali di ulasan berikutnya..
Loading...

0 Response to "34 Provinsi di Indonesia dan Ibukotanya Lengkap"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.