Negara-Negara Asia Tengah Beserta Ibukotanya

asia tengah dalam peta
asia tengah dalam peta
Konsep asia tengah itu didefinisikan berbeda-beda, ada yang menganggap asia tengah mulai dari mongolia, masuk ke china barat dari rusia, nagara pecahan uni soviet, afganistan kadang juga dimasuukan dalam kawasan asia tengah. Tetapi sekarang mayoritas asia tengah merupakan negara pecahan uni soviet yakni kazakhtan, kyrgystan, tajikistan, uzbekistan, dan turkmenistan.

Daftar Negara-Negara Asia Tengah Lengkap dengan Ibukotanya

1. Afganistan
Ibukota : kabul
Luas wilayah : 650.090 km persegi
Bentuk pemerintahan : republik islam
Afganistan
Afganistan
Afganistan umumnya dianggap sebagai negara d asia selatan, tetapi tidak ada klasifikasi yang jelas mengenai hal ini karena afganistan terletak di persimpangan asia dan terpengaruh dari berbagai kebudayaan negara-negara disekitarnya. Afganistan diklasifikasikan sebagai negara di asis selatan karena merupakan salah satu wilayah dari india raya yang dipengaruhi oleh kebudayaan hindu budha.

Afganistan merupakan tempat berakhirnya pengaruh india., tepat di pegunungan hindu kush yang membentang dari timur laut sampai afganistan bagian barat daya. Pada bagian barat pegunungan kush, afganistan bisa diklasifikasikan sebagai bagian dari timur tengah karena masuk dalam wilayah persia raya.

Secara geografis, afganistan dianggap sebagai negara asia tengah bersama dengan negara “lima-stan yang lainya .

Lihat juga: Negara - Negara Anggota ASEAN

2. Kirgystan
Ibukota : bishkek
Luas wilayah : 198.500 km persegi
Bentuk pemerintahan : parlementer
Mata uang : rubel
Bahasa : kirgystan
Kirgystan
Kirgystan

Penduduk asli kirgistan adalah orang turki yang pertama kali menghuni penguningan tien shah. Untuk memperluas ekspansi rusia, pada tahun 1900-an, penduduk rusia memberikan tanah-tanah pertania yang subur, sebagai akibatnya terjadilah pemberontakan yang tidak sukses pada tahun 1916. Negara ini menjadi bagian dari republik sosialis federasi soviet di tahun 1924 dan menjadi republi otonomi pada tahun 1926. Kirgystan mendeklarasikan kemerdekaanya pada tanggal 31 agustus 1991.

3.Tajikistan
Ibukota: dushhanbe
Luas wilayah : 143.100 km persegi
Bentuk pemerintahan : republik
Bahasa : tajikistan/rusia
Tajikistan
Tajikistan
Tajikistan merupakan negara termiskin peringkat sepuluh di dunia. Meskipun miskin, tetapi rakyatnya pantang mengemis. Setelah perang sipil, kondisi negara ini semakin mengenaskan, diwarnai dengan korupsi, kolusi dan nepotisme yang menjangkiti aparatur negara.

Rakyat tajikistan memeluk agama islam beraliran syiah ismaili. Mereka tidak naik haji dan tidak puasa. Haji bagi mereka adalah melayani musafir dengan memberikan jamuan dan tumpangan. Mereka sangat menghormati para tamu. Meskipun miskin mereka murah hati.Minuman keras wajib bagi mereka sebagai pelarian dari pahitnya hidup, inilah yang menyebabkan tingkat kriminalitas tinggi.

Sedangkan kazakhtan, negara ini berjaya dengan kapitalismenya. Kazakhstan dan kirgiztan sangat berkiblat pada uni soviet. Sedangkan uzbezkistan sangat anti rusia.

4. Turkmenistan
Ibukota: ashabad
Luas wilayah : 488.100 km persegi
Bentuk pemerintahan : republik
Bahasa : tajikistan/rusia
Turkmenistan
Turkmenistan
Turkmenistan menjadi bagian dari uni soviet pada perang dunia I dan memproklamirkan kemerdekaanya pada tanggal 27 oktober 1991 setelah 69 tahun menjadi bagian dari uni soviet dan 67 tahun menjadi bagian dari reublik kesatuan uni soviet.

Negara ini terbagi atas 5 provinsi atau welayatlar. Sebagian besar wilayah turkmenistan adalah gurun pasir yang merupakan etkering di dunia dimana di beberapa titik curah hujan tahunanya hanya mencapai 11 mm.

5.Uzbekistan
Ibukota: tashkent
Luas wilayah: 447.400 km persegi
Bentuk pemerintahan : republik
Bahasa : uzbekistan
Uzbekistan
Uzbekistan

Negara ini pernah menjadi bagian dari kekaisaran persia kuno yang kemudian dikalahkan oleh alexander agung pada abad 14 SM. Pada abad ke 8 uzbekistan mendapat serbuan dari tentara arab, akibatnya suku nomaden turkis yang tinggal disana memeluk agama islam.

Kemudian pada abad ke-13, bangsa mongol dibawah komando Ghengis Kan mengambil alih wilayah tersebut dan menjadi bagian dari kekaisaran agung tamerlane sampai abad ke -16. Pada pertengahan abad ke-16 tentara rusia menguasai wilayah ini dan berganti nama menjadi republik uzbek di tahun 1924 dan pada tahun 1925 berganti nama menjadi republik sosialis uzbekistan dibawah kepemimpinan uni soviet.

Kawasan asia tengah merupakan kawasan baru di benua asia, karena sabagian besar negara-negara dikawasan ini dulunya bagian dari uni soviet. Arganistan saja yang merupakan negara yang menempati asia tengah secara murni. Sementara negara-negara yang terdiri dari eks uni soviet yakni kazahstan, tajikistan, turkmenistan, uzbekistan.

Sejarah asia tengah

Dahulu kala, asia tengah dihuni oleh penduduk nomadik seperti xiongno (hun), orang turkic, yuezhi (tocharian atau kshan), kaum indo-eropa, orang iran, dan mongol.

Asia tengah sudah lama menjadi jalur perdagangan antara tiongkok dan bangsa barat dengan adanya jalur sutra yang melewati wilayah asia tengah dengan banyaknya kerajaan disini. Pada 5 abad terakhir, wilayah ini secara bertahap dijajah oleh kerajaan tiongkok dan kekaisaran rusia, dan britania raya yang menduduku india di bagian selatan asia tenggara.

Pada abad ke 20, mayoritas wilayah di asia tengah merupakan bagian dari bekas negara aliran komunis uni soviet yang pecah di tahun 1991.
Loading...

0 Response to "Negara-Negara Asia Tengah Beserta Ibukotanya"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.