Negara-Negara Asia Timur Beserta Ibukotanya

Asia timur mempunyai wilayah yang luas, hampir mancapai 12 juta kilometer persegi dengan total populasi lebih dari 1,6 juta jiwa, sekitar 22% dari jumlah populasi dunia. Nah, berikut ini adalah negara-negara yang mendiami kawasan asia timur tersebut.

Negara-Negara Asia Timur Beserta Ibukotanya

1. Jepang

Ibukota : tokyo
bendera Jepang
bendera Jepang
Jepang merupakan negara di asia yang paling maju di bidang industri. Penduduk asli jepang adalah bangsa ainu yang tinggal di pulau Hokkaido. Bentuk pemerintahan jepang adalah monarki parlementer. Kepala negara di jepang bergelar kaisar dengan Kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri.

Kekuasaan legislatif dengan sistem bicameral yang terdiri atas house of representative yang merupakan wakil rakyat yang dipilih dan house of cou, merupakan rakyat yangterdiri atas utusan dalam negeri.

Di bidang agama mayoritas penduduk jepang menganut shintoisme yang merupakan perpaduan anyata penyembahan kepada matahari dan arwah nenek moyang. Disetiap rumah di jepang terdapat altar yang digunakan sebagai tempat pemujaan shinto.

2. Cina

Ibukota: beijing
bendera cina
bendera cina
Cina atau tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia. Negara ini juga merupakan salah satu negara terbesar ke-4 di dunia dengan luas wilayah 9.596.960 km persegi. Dibidang ekonomi, china menempati peringkat ke-2 terbesar ke dunia.

Secara politik china pemerintahanya hanya dikuasai oleh satu partai saja yakni partai komunis china. Di sebagian besar sejarahnya, cina dipimpin oleh kaisar dan memiliki tingkat kemakmuran dan pemerintahan yang baik. ketika negara semena-mena terhdap rakyaktnya dan hanya memperkaya diri sendiri,, rakyat akan memberontak dan seorang pemimpin baru akan muncul dan membentuk dinasti baru.

Sebagian penduduk cina termasuk ke dalam etnis yang di sebut Han. China memiliki 55 kelompok entis diantaranya zhuang yang tinggal di barat daya, etnis uighur di barat laut, ada juga etnis hui yang merupakan ETNIS han muslim, dan sebagainya.

3. Hongkong

Ibukota : hongkong
bendera hongkong
bendera hongkong
Hongkong merupakan wilayah adminustratif khusus di Republik Rakyat China. Wilayah hongkong hanya sekitar 1.104 km persegi. Hongkong menerapkan prinsip satu negara dua sistem dengan demokrasi-kapitalisnya.

4. Taiwan

Ibukota: taipei
bendera taiwan
bendera taiwan
Nama sebenanya taiwan adalah Zhong-hua yang artinya Republik Cina. Hingga kini, kebanyakan negara di dunia belum mengakui taiwan sebagai negara merdeka. Hanya kota vatikan dan 23 negara yag tergabung dalam PBB yang mengakui kemerdekaan taiwan secara resmi.

Status politik dan hukum di taiwan menjadi isu yang berkepanjangan karena Cina mempunyai otoritas atas taiwan. Tetapi taiwan dengan konstitusinya sendiri bebas memilih presiden dan angkatan bersenjatanya dan mengganggap wilayahnya telah merdeka.

Pemerintahan taiwan dibangun atas Undang-undang cina dan tiga prinsip kerakyatan yang mendeklarasikan bahwa taiwan akan menjadi republik demokratis yang dibangun dari dakrat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sejarah singkat taiwan sejak 1949

Taiwan merupakan sebuah pulau yang terletak di pantai lepas chinna bagian tenggara, diantara laut cina selatan dan timur. Pulai tersebut beada di bawah dominasi kekuasaan china setelah masa kolonial belanda. Pada tahun 1949, pendukung Partai Kuomintang yang dipimpin Chiang Kai-shek melarikan diri ke taiwan untuk mendirikan pemerintaan yang terpisah setelah kalah perang sipil melawan sekutu partai komunis yang dipimpin Mao Zedong.

Setelah kematianya, Chiang Kai-shek digantikan oleh putranya Chiang Ching-kuo, dan dia mencabut status darurat militer yang sudah diljalankan selama 38 tahun. Pada 1991, pemerintahan darurat yang tela belaku selama 43 pun mengakhiri kondisi perang dengan china. Pada 1998, lee teng-hui wakil chiang, menggantikan posisinya. Ia juga merupakan warga asli taiwan yang menjadi presiden yang pertama yang terpilih melalui sistem demokratis .( Lihat jugaEdit Negara-Negara Asia Tengah Beserta Ibukotanya )

Pada tahun 2000, chen shui bian dari partai demokrasi progresif terpilih menjadi presiden. Perubahan terjadi seletah Ma Ying-Jeo dari partai kuomintang memperoleh kemananganya melalui platform meningkatkan ekonomi yang digamangkan yakni dengan menjalin hubungan dagang yang lebh intens dengan tiongkok.

Hubungan antara taiwan dan cina mulai membaik setelah Ma menjabat. Sebagai akibatnya, penerbangan langsung antar kedua negara ini di luncurkan dan dibarengi dengan langkah untuk meningkatkan sektor pariwisata. Perjanjian kerjasama ekonomi ditandatangani pada 2010.

Tetapi sentimen publik khawatir cina akan semakin mendominasi taiwan. Pada tahun 2014 sekitar 200 mahasiswa menduduki parlemen selama lebih dari tiga minggu untuk menetang pakta perdagangan yag kontroversial. Gerakan ini dikenal debagai gerakan bunga matahari.

Dampaknya, kumomintang (KMT) atau partai nasionalis mengalami kekalahan telak dalam pemilu lokal 2014 november akibat pandanganya yang terlalu pro cina. China mengaggap taiwan sebagai bagian dari wilayanya dan mengancam melakukan serangan jika taiwan memproklamirkan kemerdekaanya.
Pada 1971 taiwan kehilangan keanggotaan PBB dan 16 kali upaya bergabung selalu terhalang oleh beijing. PBB mencabut keanggotaan taiwan karena mengakui one china dimana china mmerupakan wakil sah dari seluruh cina trmasuk taiwan juga merupakan provinsi yang masuk dalam kedaulatan china. Sampai sekarang taiwan dianggap oleh china dan PBB sebagai provinsi dari china daratan. Ia memiliki status quo karena tidak mempunyai kedaulatan internasional, tidak merdeka dan tidak menggunakan kekuatan.

5. Korea selatan

Ibukota : seoul
bendera Korea selatan
bendera Korea selatan
Negara ini terletak di semenanjung korea yang sebelumnya merupakan wilaya bagi korea selatan dan korea utara. Keduanya terpisah sejak kemenangan blok sekutau dalam perang dunia II yang mengakhiri penjajahan jepang atas korea. Sistem pemerintahan yang dianut adaah presidensiil dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan yang ditunjuk oleh presiden.

6. Korea utara

Ibukota : pyongyang
Bendera korea utara
Bendera korea utara 
Akibat dari penjajahan jepang dan berakhir dengan kekalahanya pada perdang dunia II tahun 1945 adalah korea dibagi atas paparel utara ke-38 mengikuti persetujuan dengan PBB. Bagian utara diatur oleh Uni Soviet dan bagian selatan diatur oleh Amerika. Korea utara secara resmi berdiri secara independent ketika pembentukan Republik Rakyat Demokratik pada 1948.

7. Mongolia

Ibukota : ulaanbaatar
bendera mongolia
bendera mongolia
Mongolia merupakan negara yang memiliki banyak sejarah. Bangsa mongol berasal dari daerah pegunungan mongolia yang membentang dari asia tenga sampai siberia utara tibet selatan, mancuria barat dan turkistan timur. Dulunya bangsa mongol merupakan masyarakat yang menghuni hutan siberia dan mongolia.

Bentuk pemerintahan negara ini adalah demokrasi parlementer dimana presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Perdana menteri dipilih oleh parlemen.
Nah, sekarang paham kan mengenai negara-negara di Asia timur beserta Ibukotanya? Semoga bermanfaat.

Loading...

0 Response to "Negara-Negara Asia Timur Beserta Ibukotanya"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.