High tech & high touch Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Kemajuan teknologi selalu memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat tidak hanya pengaruh positif namun juga ada konsekuensi yang harus diterima masyarakat sebagai pengguna dari teknologi tersebut sebagi dampak negatifnya. Anda pasti paham betul bahwa sesuatu yang dibuat oleh tangan manusia tidak ada yang sempurna, berbeda dengan mahluk ciptaan Tuhan. Termasuk tentang high tech maupun high touch.

Arti kata high tech & high touch

Berdasarkan referensi sebuah buku (karya dari john naisbit) yang berjudul “high tech, high touch” menjelaskan bahwa arti dari high tech sendiri yaitu kemajuan yang akan terjadi dimasa depan, sebuah inovasi, serta kemajuan di bidang teknologi yang terkontrol. Sedangkan untuk arti high touch mepercayai atau mengakaui adanya sesuatu yang lebih besar di dalam diri seseorang, entah itu ketuhanan maupun kemanusiaan.

Dari pengertian yang diambil dalam sebuah buku karya john naisbit tersebut maka bisa disimpulkan bahwa perngertian dari high tech & high touch adalah menikmati sebuah kemajuan teknologi yang berkembang saat ini namun tetap harus berpegang teguh dengan ajaran-ajaran yang diperintahkan oleh tuhan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi dibidang apapun harus disertai dengan sentuhan moral dan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi dari para penggunanya. Namun pada pratiknya sering kita lihat bahwa high tech, low touch. Teknologi yang berkembang sudah sanagt canggih, mahal namun tidak diimbangi dengan komitmen dari penggunanya. Inilah yang dinamakan efek yang tidak terduga maupun tidak diharapkan.

Tiap jam terjadi kematian akibat dari kecelakaan lalu lintas, tanpa kita sadari kendaraan motor yang dianggap teknologi canggih dan modern justru telah menjadi alat pembunuh. Inilah mengapa dikatakan bahwa high tech namun low touch. Jika sesama pengguna jalan atau kendaraan ini sadar serta memiliki moral tinggi, maka tidak akan ada kejadian kebut-kebutan yang akan berakibat fatal seperti itu. Itulah makanya kenapa high tech jug harus dibarengi dengan high touch dari para penggunannya.
ilustrasi High tech & high touch 
Konsekuensi high tech

1. Menyukai sesuatu yang instan

Misal ingin menurunkan berat badan atau lansing tidak kok melakukan olahraga dan konsumsi makanan sehat justru meminum obat pelangsing agar cepat kurus.

2. Memuja teknologi

Hal ini mungkin bisa anda lihat dari sendiri, ketika menggunakan teknologi komunikasi berupa smartphone terkadang antara itu privasi ataupun sesuatu yang boleh dipublikasi sudah tidak ada bedanya lagi. Seolah semuanya itu boleh diketahui oleh orang lain, nah inilah yang justru menjadi berbahayanya dari suatu teknologi ketika para penggunanya sendiri tidak bisa mengendalikan.

3. Mengaburkan sesuatu yang nyata dan yang semu

Fenomena yang akhir-akhir ini mungkin sering anda lihat, bahwa ketika seseorang sedang bermain game kesukaanya mereka tidak akan berpaling meskipun dipanggil berpuluh-puluh kali. Baginya desingan peluru, ledakan game serta cipratan darah yang ada digame tersebut lebih menarik dan terlihat nyata dibandingkan anda yang ada disamping si pemain tersebut.

4. Menganggap kekerasan sebagai sesuatu yang wajar

Efek dari tidak bisanya membedakan antara yang nyata dengan semu menjadikan seseorang akan menganggap bahwa sesuatu yang sebenarnya salah menjadi benar, sesuatu yang tidak ada didunia nyata dianggap ada. Misalnya tokoh ksatria baja hitam hanyalah sebuah viksi dan animasi dari ciptaan manusia, namun justru sebagain orang terutama anak-anak menganggap jika tokoh tersebut memang ada entah itu didunia bagian mana.

5. Mencintai teknologi dalam wujud mainan

Sebauh teknologi dianggap sebagi suatu maianan, hal ini bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat ketika ada suatu teknologi baru yang lebih canggih dengan fitur-fitur lebih lenggkap tentu teknologi yang lama tersebut akan segera tergantikan.

6. Lebih individualisme

Utamanya ini berlaku untuk teknologi komunikasi, adanya smartphone anda tidak perlu lagi untuk bertemu langsung atau datang jauh-jauh ketempat orang yang ingin anda kunjungi, namun cukup dengan menekan nomer telepon anda tujuan anda sudah dapap tersampaikan. Inilah yang akhirnya membuat orang semakin individualisme tidak lagi membutuhkan atau bertemu orang lain.

Mereka yang sadar terhadap segala konsekuensi dari sebuah teknologi pasti secara perlahan-lahan akan melepaskan dan tidak lagi mau bergantung kepada teknologi tersebut. Memakai dengan sekedarnya disaat benar-benar dibutuhkan. Bahkan banyak orang diamerika setelah mendengar dan membaca buku karya dari john naisbit segera menjauhkan diri dari teknologi entah itu dengan melakukan perjalanan jauh atau melakuakan wisata petualangan sebagi upaya agar tidak lagi bertemu dengan teknologi dan kemajuan yang ada saat ini.

lihat juga: Arti Kata Implementasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Nah demikianlah ulasan tentang arti high tech & high touch yang bisa kami jabarkan kali ini. Semoga dengan adanya ulasan ini anda semua bisa lebih bijak dalam penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya melakukan kontrol terhadap diri sendiri.
Loading...

0 Response to "High tech & high touch Pengertian dan Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.