Mau Hidup Tenang? Jangan Gunakan Kartu Kredit Online untuk 4 Hal Ini

Kartu Kredit Online
Kartu kredit online seperti kredivo.com memang terkenal dengan proses pengajuannya yang mudah dan cepat. Tapi, meski begitu, bukan berarti kita sebagai pengguna juga bebas menggunakannya sesuka hati. Apalagi untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya konsumtif.

Sebagai salah satu alat pembayaran yang sah sekaligus akses kredit, seperti layaknya kartu kredit konvensional yang diterbitkan perbankan, memiliki kredit online dalam bentuk akun di lembaga multifinansial seperti Kredivo bukan lantas artinya kita memiliki dana ekstra. Melainkan, hanya sebagai fasilitas pembayaran yang memudahkan dalam transaksi namun tetap harus dikembalikan dalam tempo waktu yang disepakati.

Semua kartu kredit, baik yang berbasis konvensional maupun yang online dan tanpa survey, bisa menjadi teman kalau dipergunakan dengan bijak. Sebaliknya, dapat menjadi lawan kalau digunakan dengan semaunya dan tanpa perhitungan. Supaya di kemudian hari nggak terbebani dengan utang yang melebihi kapasitas finansial, maka sebaiknya jangan gunakan kredit online untuk empat hal berikut ini.

Beli gadget baru untuk sebuah status sosial

Gengsi dan status sosial bukanlah kebutuhan, melainkan keinginan. Mengikuti gengsi dan status sosial, tentu nggak bakal ada habisnya. Terutama soal gadget. Belum ada 6 bulan, pasti seri terbarunya sudah dirilis lagi. Apple misalnya, belum habis popularitas iPhone X sejak dirilis Juli 2018 lalu, seri penerusnya, yaitu iPhone XS sudah dirilis sekitar bulan September 2018 ini.

Boleh-boleh saja menggunakan plafon kredit online untuk beli gadget, asalkan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga proyeksi kapasitas finansialmu kedepannya untuk membayar cicilannya. Misalnya, smartphone lamamu sudah rusak dan perlu diganti untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Di samping itu, penghasilan per bulanmu masih cukup untuk bayar cicilan per bulan dan utang yang dipunya belum mencapai 30% dari total penghasilan. Supaya hidup tenang, semua yang terkait dengan kredit, utang, dan pembelian barang, sebaiknya dilakukan dengan perhitungan yang matang.

Dengan Kredivo, kredit gadget atau barang apa pun di merchant online seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan yang lainnya, suku bunganya hanya 2,95% per bulan dengan pilihan tenor 3, 6, hingga 12 bulan. Tanpa dp dan biaya admin. Ini tentunya bisa membantu meringankan beban angsuranmu per bulannya. Tapi, kalau sudah menggunakan Kredivo untuk ambil cicilan barang sebelumnya, dan tenornya masih berjalan, sebaiknya tunda dulu untuk mengambil cicilan kedua. Tunggu hingga cicilan barang tersebut lunas supaya finansialmu nggak terbebani dan skor kreditmu menjadi positif.

Dijadikan andalan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Dana yang dijadikan sumber sekaligus andalan untuk memenuhi kebutuhan primer sehari-hari seperti sandang, pangan, dan papan, sudah seharusnya berasal dari penghasilanmu, bukan dari pinjaman ataupun kartu kredit online. Kebutuhan primer tersebut sifatnya adalah konsumtif dan tidak menghasilkan perputaran uang. Apabila mengandalkan pinjaman online tunai dari kartu kredit online seperti Kredivo, ada suku bunga yang harus kamu bayar beserta cicilan per bulannya. Selain mencari pekerjaan tambahan untuk menambah pundi-pundi uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, solusinya adalah kamu juga perlu berhemat dengan meninggalkan gaya hidup yang nggak sesuai dengan penghasilan bulananmu.

Fitur pinjaman online tunai ini sebaiknya digunakan untuk kebutuhan darurat yang sangat mendesak, misalnya biaya rumah sakit atau biaya pendidikan. Dengan Kredivo, minimal jumlah pinjaman tunai yang bisa diajukan adalah Rp 1,5 juta, sedangkan jumlah maksimalnya disesuaikan dengan limit kredit cicilanmu untuk tenor 6 bulan. Untuk tenornya, mulai dari 30 hari hingga 6 bulan. Suku bunga untuk opsi 30 hari sebesar 0%, sedangkan untuk tenor 3 hingga 6 bulan, sebesar 2,95% per bulan. Terdapat biaya administrasi mulai dari 6% untuk layanan pinjaman tunai. Sedangkan untuk biaya keterlambatan, dikenakan sebesar 3% apabila kamu telat membayar angsuran.

Supaya bisa menggunakan fitur pinjaman tunai, apabila kamu masih terdaftar sebagai pengguna opsi “Bayar dalam 30 hari”, maka kamu harus mendaftar atau upgrade akun ke opsi “Cicilan” lebih dulu. Kalau sudah menjadi pengguna Cicilan, kamu bisa langsung masuk ke menu “Layanan” di aplikasi Kredivo, dan pilih fitur “Pinjaman Tunai” lalu ikuti tahapan pengajuannya. Plafon kredit maksimal yang bisa kamu dapat untuk Cicilan adalah hingga Rp 20 juta. Kalau belum menjadi pengguna Kredivo sama sekali, maka download aplikasinya sekarang di Google Play Store atau App Store, dan daftar akun.

Membayar utang di tempat atau lembaga keuangan lain

Punya utang di lembaga keuangan lainnya yang akan segera jatuh tempo? Menggunakan kartu kredit online jadi pinjaman tunai untuk menutupi utang tersebut bukanlah solusinya. Sebab, hal ini akan menambah beban utang baru beserta suku bunganya yang perlu kamu bayarkan. Apabila sangat mendesak, tidak ada tabungan, atau penghasilan bulanan tidak mencukupi, sebaiknya utamakan untuk mencari dana talangan pada kerabat atau orang terdekat. Meski tetap harus bayar uang yang kamu pinjam ke kerabatmu, setidaknya jumlahnya akan lebih ringan sebab tidak ada bunga atau biaya keterlambatan yang dibebankan kepada kamu.

Sebagai uang muka untuk kredit barang lainnya

Mau beli motor atau mobil dengan cara kredit tapi uang DP-nya kurang? Menggunakan kartu kredit online sebagai pinjaman tunai untuk menambah uang DP tersebut juga bukanlah solusinya. Sebab, yang perlu diingat dari metode pembelian barang dengan cara kredit adalah harganya akan lebih mahal daripada bayar lunas sekaligus. Ada suku bunga yang diakumulasikan ke dalam angsuran per bulannya. Apabila menggunakan pinjaman dari kartu kredit berbasis online untuk menambah uang muka kredit lainnya, artinya kamu memiliki dua pinjaman atau kredit yang perlu dibayarkan sekaligus per bulannya. Yang satu cicilan pinjaman dan satu lagi cicilan barang. Keduanya masing-masing juga memiliki suku bunga yang harus dibayar beserta denda keterlambatan yang dibebankan apabila kamu telat membayar angsuran.
Loading...

0 Response to "Mau Hidup Tenang? Jangan Gunakan Kartu Kredit Online untuk 4 Hal Ini"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.