Cara Intip Lalu Lintas Data Orang Lain yang Terhubung ke WifiHotspot

Anda punya jaringan wifi di rumah? Atau ada yang suka numpang wifi di ponsel Anda? Kadang kita jadi sebal sendiri jika tagihan atau kuota internet cepat habis saat berbagi sambungan wifi bersama orang lain. Selain itu, banyak juga orang tua yang cemas dengan konten-konten yang diakses oleh anggota keluarga mereka, terutama anak-anak. Nah untuk itu, tak ada salahnya Anda mencoba mengetahui lalu lintas data orang lain yang terhubung dengan jaringan wifi/hotspot kita.

WifiHotspot


Tertarik ingin mencoba, ingin tahu bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak ulasan yang kami rangkum berikut ini.

Cara Mengetahui Lalu Lintas Data Orang Lain yang Terhubung ke Wifi/Hotspot

Aplikasi OpenDNS
Aplikasi OpenDNS

1. Gunakan Aplikasi OpenDNS

Software yang sering digunakan untuk memantau aktivitas aliran data pada PC lain salah satunya adalah OpenDNS. Software ini tergolong sangat mudah digunakan dan dipahami bahkan oleh orang non IT sekalipun.

Logika yang digunakan dalam software ini adalah lalu litas data yang Anda gunakan pasti harus melewati router lebih dulu. Kemudian router akan menyebarkannya melalui penyedia jasa DNS ISP (internet service provider). DNS inilah yang kemudian bertugas menerjemahkan nama domain ke alamat IP.

Jadi jika Anda mengganti DNS default yang telah disediakan tersebut dengan OpenDNS, maka Anda bisa memantau aktivitas keluar masuk data dan lalu lintas jaringan pada komputer orang lain yang terhubung ke jaringan wifi Anda. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah mengubah pengaturan DNS Router dan membuat akun gratis pada sotware OpenDNS. Namun, sayangnya aplikasi ini tidak bisa menampilkan lalu lintas data secara realtime. Ada jeda beberapa menit sebelum aktivitas lalu lintas data ditampilkan di perangkat Anda.

Meskipun begitu, aplikasi OpenDNS ini sangat berguna bagi para orang tua yang ingin memantau aktivitas internet anak-anak dan anggota keluarga mereka. Karena OpenDNS juga menyediakan fitur pemblokiran situs-situs internet yang tidak diinginkan dan dianggap kurang sesuai bagi anak-anak Anda, misalnya saja sosial media dan youtube yang banyak menghabiskan kuota data internet.

Aplikasi WhireShark
Aplikasi WhireShark

2. Gunakan Aplikasi WhireShark

Software WhireShark ini diprogram khusus untuk bisa memonitoring aliran paket data secara realtime. Dengan software ini, Anda bisa melihat semua alamat IP yang terhubung ke jaringan wifi/hotspot. Nah, Anda tinggal meng-klik salah satu alamat IP yang diinginkan. Kemudian WhireShark akan segera memproses aliran data yang digunakan oleh alamat IP tersebut.

Selain besarnya aliran keluar masuk paket data, di aplikasi WhireShark ini kita juga bisa melihat website apa saja yang diakses oleh alamat IP tersebut secara realtime. Namun, pastikan saat Anda menggunakan aplikasi ini, mode PROMISCUOUS dalam kondisi ON dan telah mengatur filter permintaan HTTP.

Meskipun WhireShark ini sangat istimewa karena bisa menyajikan data lengkap mengenai aliran paket data dan alamat website, namun ada satu kekurangan yaitu Anda harus membeli adaptor wifi secara terpisah.
 Aplikasi zANTI
 Aplikasi zANTI

3. Gunakan Aplikasi zANTI untuk Ponsel Android

2 aplikasi yang telah disebutkan di atas dapat dijalankan pada PC Anda. Nah, jika Anda ingin mengetahui aliran data yang digunakan leh orang lain saat numpang wifi/hotspot di ponsel Anda, maka aplikasi zANTI adalah pilihan yang paling tepat.

zANTI adalah aplikasi besutan WhireShark yang memang khusus bisa digunakan pada ponsel Android. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah Anda tidak perlu membeli peralatan tambahan dalam bentuk apapun.

Setelah menginstal aplikasi zANTI ini, Anda bisa memindai semua jaringan yang terhubung ke hotspot ponsel Anda. Pilih salah satu jaringan yang ingin Anda pantau lalu lintasnya, kemudian aplikasi zANTI ini akan mulai mematai-matai aktivitas keluar masuk data pengguna tersebut.

zANTI akan terus menampilkan semua lalu lintas domain atau HTTP dari perangkat yang Anda pantau secara realtime. Namun, jika Anda juga ingin memantau aktivitas HTTPS (Domain yang dilindungi) maka Anda harus menghidupkan jalur SSL pada aplikasi tersebut.

Kelebihan aplikasi ini adalah mudah digunakan dan sangat praktis. Anda tinggal mendownloadnya dari Playstore. Aplikasi ini juga sangat berguna untuk membatasi aliran data pengguna lain yang menumpang wifi di ponsel Anda. Bahkan, aplikasi zANTI ini juga bisa memblokir username dan password serta informasi pribadi Anda dari situs-situs yang kurang aman.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun untuk bisa menggunakan aplikasi ini dibutuhkan root access. Artinya, sebenarnya aplikasi ini tidak diizinkan untuk beroperasi di ponsel Android. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan root access yang akan membuat sistem Android mau menerima dan menjalankan aplikasi ini. Root access ponsel pun bisa Anda jalankan dengan berbaga aplikasi yang tersdia di Playstore.

Lihat juga: mengoptimalkan internet

Nah, itulah 3 aplikasi unggulan yang bisa digunakan untuk melihat lalu lintas data yang digunakan orang lain saat numpang wifi/hotspot Anda. Tiga alikasi di atas pastinya sangat berguna untuk mengontrol penggunaan paket data internet dan juga membatasi akses terhadap situs-situs yang dianggap berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Loading...

0 Response to "Cara Intip Lalu Lintas Data Orang Lain yang Terhubung ke WifiHotspot"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.