Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin/PKL yang Baik & Benar

Bagi Anda yang saat ini duduk dibangku SMK, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Prakerin (Praktik Kerja Industri) atau PKL (Praktik Kerja Lapangan). Selain melakukan praktik kerja, siswa juga diwajibkan untuk membuat laporan Prakerin. Laporan Prakerin diawali dengan latar belakang. Untuk membuat latar belakang Laporan Prakerin tentu tidak semudah membuat makalah biasa. Lalu bagaimanakah cara membuat latar belakang laporan Prakerin/PKL yang baik dan benar? Simak penjelasannya di bawah ini!

makalah

Sistematika Laporan Prakerin/PKL

Sebelum memulai membuat laporan Prakerin, pahami dulu sistematika pembuatan laporan Prakerin yang lengkap.

1. Cover
Cover atau sampul merupakan halaman depan dari laporan Prakerin. Dalam cover berisi judul, logo sekolah, identitas pembuat, nama sekolah dan tahun ajaran.

2. Kata Pengantar
Kata pengantar berisi tentang ungkapan puji syukur, tujuan penulisan laporan, terima kasih, permintaan maaf atas ketidaksempurnaan laporan, dan kritik atau saran.

3. Daftar Isi
Daftar isi berisi rincian hal-hal yang ada dan dibahas dapat laporan tersebut. Sehingga pembaca lebih mudah mencari isi laporan yang diinginkan.

4. Lembar Pengesahan
Lembar pengesahan menunjukkan bahwa laporan Prakerin sudah disahkan oleh pihak-pihak terkait, seperti pembimbing Prakerin atau pihak lain yang terlibat. Lembar penyesahan ini berisi tanda tangan pihak terkait dan stempel.

5. Bab I – Pendahuluan
Dalam bab ini berisi:
• Latar Belakang : berisi penjelasan bagaimana latar belakang dilaksanakannya Prakerin.
• Dasar Hukum : berisi landasan hukum berupa Undang-Undang yang dijadikan dasar dilaksanakan Prakerin.
• Maksud dan Tujuan : berisi maksud dan tujuan melaksanakan Prakerin.
• Metode Pengumpulan Data : Tuliskan bagaimana cara Anda mendapatkan data untuk menyusun laporan ini, apakah dari hasil wawancara, dokumentasi, dan lain sebagainya.

6. Bab II – Gambaran Umum Perusahaan
• Sejarah Singkat Perusahaan : berisi sejarah singkat tempat PKL, termasuk visi dan misi perusahaan tersebut.
• Struktur Organisasi : berupa struktur organisasi yang bisa Anda dapatkan di tempat PKL.

7. Bab III – Laporan Kegiatan
• Pelaksanaan Kegiatan : berupa kegiatan-kegiatan yang telah Anda laksanakan selama PKL, termasuk waktu dan rincian kegiatannya.
• Hasil Kegiatan : berupa rincian hasil kegiatan yang Anda laksanakan selama PKL.

8. Bab IV – Kesimpulan dan Saran
• Kesimpulan : berisi tentang kesimpulan atau inti tentang hasil praktik kerja lapangan yang Anda jalani.
• Saran : berisi saran yang Anda sampaikan untuk pihak sekolah maupun pihak tempat dilaksanakan Prakerin.

9. Daftar Pustaka
Daftar pustaka memuat sumber-sumber referensi yang Anda gunakan untuk menyusun laporan Prakerin yang Anda buat.

10. Lampiran
Lampiran berupa file-file atau data tambahan yang tidak memungkinkan dicantumkan di Bab utama, dapat ditambahkan dalam lampiran.

lihat juga: contoh daftar pustaka

Contoh Latar Bekalang Laporan Prakerin

Contoh 1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan pelatihan sekaligus pembelajaran yang dilaksanakan di luar sekolah. Namun program Prakerin atau PKL ini masih relevan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki siswa dan siswi SMK. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta menambah bekal demi masa depan siswa siswi di dunia kerja.

Saat memasuki dunia kerja, akan banyak persaingan ketat antar calon karyawan. Selain itu pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin banyak pula peralatan canggih yang digunakan dalam berbagai bidang. Prakerin dimaksudkan memberikan pengalaman bagi siswa siswi untuk mengaplikasikan teori yang didapat di sekolah dalam praktek nyata di dunia kerja.
Dengan adanya kegiatan prakerin ini siswa siswi dapat mengasah serta megimplementasikan materi pelajaran secara langsung ke dunia industri sesuai keahliannya masing-masing. Dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi nya, SMK Negeri 1 Harapan Jaya melaksanakan program Prakerin atau PKL demi menjadikan siswa siswi siap secara mental dan keterampilan memasuki dunia kerja.

Contoh 2
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Lulusan SMK dituntut untuk memiliki keahlian khusus sesuai jurusannya dan siap terjun di dunia kerja. Demi mempersiapkan mental dan keterampilan, SMK mengadakan program Prakerin (Praktik Kerja Industri) atau PKL (Praktik Kerja Lapangan). Hal ini dimaksudkan memberikan pengalaman nyata kepada siswa dan siswi SMK di dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga siap bekerja setelah lulus sekolah.

Berdasarkan hasil pengamatan serta penelitian oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan program Prakerin di SMK belum secara tegas mampu menghasilkan tamatan yang diharapkan perusahaan. Hal tersebut didukung oleh kondisi pembelajaran yang berjalan di sekolah belum sepenuhnya kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional.

Keahlian professional setiap individu tidak semata-mata diukur dari nilai akademik dan penguasaan pengetahuan saja. Namun, harus diimbangi dengan praktik dan pengalaman langsung mengimplementasikan teori ke dalam praktik kerja. Dengan demikian, dilakukanlah program Prakerin demi memberikan pengalaman dan kesempatan secara langsung kepada siswa dan siswi SMK mengaplikasikan keahlian yang dimiliki dalam kinerja langsung.

Demikianlah contoh latar belakang laporan Prakerin/PKL yang baik dan benar. Sebelum membuat laporan, pastikan Anda memahami sistematikanya dan telah mendapatkan data sebagai bahan pembuatan laporan.
Loading...

0 Response to "Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin/PKL yang Baik & Benar"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.