Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Secara sederhana, admin marketing bertugas menyiapkan segala keperluan administratif marketing sesuai dengan standar operasional procedure (SOP) yang berlaku.

Hal pertamakali yang dilakukan admin marketing yakni menerima orderan dari customer dengan menyesuaikan ketersediaan barang di gudang. Tugas ini sebenarnya dilakukan oleh marketing. Tetapi untuk memudahkan pelanggan memesan barang, dialihkanlah ke admin marketing. Karena untuk menghubugi admin marketing terbilang sedikit susah karena pekerjaan mereka yang selalu berada di lapangan.

Admin Sales
Admin Sales

Kemudian setelah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, baik dalam segi harga maupun kuantutas, orderan kemudian di input dalam laporan order harian. Hal ini agar memudahkan jumlah barang yang terjual setiap harinya.

Selanjutnya dilakukan penginputan sales order meliputi tujuan pengiriman, nama ekspedisi, nama barang, jumlah dan beratnya serta total uang yang harus dibayarkan. Kemudian dilakukan penginputan delivery order yang formatnya hampir sama dengan sales order, tetapi tidak mencantumkan nilai rupiah. Sales order dan delivery order merupakan arsip yang tidak diterbitkan ke customer.

Kemudian admin marketing melakukan penginputan nota penjualan yang formatnya hampir sama dengan sales order. Dilanjutkan dengan menginput surat jalan. Surat jalan inilah yang nantinya dibawa oleh admin marketing ketika mengirim barang ke customer.

Proses selanjutnya ketika sampai di tempat pelanggan, marketing kemudian menyerahkan nota penjualan dan surat jalan ke mereka untuk dilakukan pengecekan kondisi serta jumlah barang. Setelah sesuai, customer kemudian
Lihat juga: Tugas dan Tanggung Jawab SPG
Tugas umum admin penjualan
- Membuat target penjualan harian
- Melayani permintaan pelanggan
- Mengembangkan bisnis
- Mewakili bagian penjualan saat mereka berada di lapangan
- Memperbarui status pesanan serta rincian pengiriman sehingga bisa terus diinformasikan ke pelanggan
- Menjadwalkan pertemuan dengan tim penjualan serta menyediakan informasi presentasi mengenai produk yang dibutuhkan saat pertemuan.

Tanggung jawab admin penjualan
- Menagih pembayaran yang telah lewat
- Memonitoring pesanan yang sedang diproses
- Memberikan informasi penjualan berdasar lini produk atau wlayah yang digunakan dalam memantau kinerja.
- Memperoses pemesanan via email dan telepon
- Memperbarui catatan penjualan
- Membuat laporan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
- Memastikan target penjualan

Sementara penjualan produk menajdi tanggung jawab sales marketing. Jika kinerja sales buruk, ini akan berdampak pada penurunan penjualan produk. Sales mempunyai tanggung jawab terhadap jumlah produk yang terjual dalam suatu peridode. Berikut ini tugas sales marketing yang wajib dikuasai

1. Aktif dalam mencari customer
Target pasar haruslah direncanakan bersama dengan konsep bisnisnya. Ini bertujuan untuk memudahkan saat produk dipasarkan. Sebarluaskan kepada masyarakat mengenai produk perusahaan. Pancing rasa ingin tahu mereka dengan cara memberitahukan keunggulan produk tersebut. Cari dimana calon customer yang potensial berada. Ketahui secara dasar sifat masyarakat di wilayah tersebut. Hal ini merupakan awal mula penetuan strategi. Sesuaikan metode promosi dengan kondisi lokasi yang disasar. Sifat masyarakat yang konsumtif biasanya membuat mereka lebih mudah menerima produk baru. Sementara masyarakat yang selektif mengenai pengeluaran finansialnya dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengenalkan produk yang ditawarkan.

2. Membuat rekapan data hasil penjualan
Data hasil penjualan haruslah disusun dengan rapi dan terperinci. Hal ini untuk memudahkan staff lainnya untuk menganalisis. Evaluasi juga dilakukan berdasarkan hasil rekapan tersebut. Prestasi sales dilihat dari berapa jumlah barang yang berhasil dijual secara global.

3. Menjamin kepuasan pelanggan
Pelanggan merasa puas jika daya guna produk sesuai dengan informasi yang diberikan sales saat promosi. Berikan informasi mengenai semua hal yang berkaitan dengan produk agar customer tidak merasa tertipu dan merasa kecewa. Jangan anggap sepele hal ini, berawal dari kecewa, customer mulai tidak percaya lagi kepada sales. Akan sulit meyakinkan kembali customer yang sudah pernah menggunakan produk tetapi kecewa. Cara mengantisipasi untuk mencegah kerugian yang diakibatkan oleh perusahaan yakni dengan pemberian garansi. Jamin setiap produk dengan garansi untuk tetap menjaga kepuasan pembeli.

4. Mencari mitra kerja
Bermitra dengan pihak lain merupakan cara meningkatkan penjualan produk. Dalam menggandeng mitra tentunya harus dengan persetujuan pemimpin dan hasil diskusi. Kerjasama haruslah menguntungkan kedua belah pihak. Yang menjadi mitra bisa dari kalangan jasa pengiriman barang, lembaga keuangan, dan lainnya. Bagi hasil juga perlu didiskusikn sebelum mulai menjalankan program. Perusahaan dan mitra bisa membuat perjanjian hitam diatas putih lengkap dengan tandatangan dan materai.

5. Mencari strategi lanjutan
Menyusun strategi lanjutan merupakan tanggung jawab sales. Jika metode yang dianjurkan oleh perusahaan tidak membawa hasil, metode bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan target pasar dan kondisi lapangan. Tetapi jangan merubah secara total, hanya sedikit inovasi saja.

Itulah ulasan mengenai tugas dan tanggung jawab admin sales (admin penjualan). Semoga bisa menjadi gambaran bagi Anda yang berencana melamar kerja di posisi admin sales atau admin penjualan.

Sumber: Kupas360
Loading...

0 Response to "Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.