Tugas dan Tanggung Jawab General Manager

Sebagaimana yang kita tahu, General Manager atau yang sering disebut dengan GM dalam suatu perusahaan memiliki peran atau tanggunggjawab yang paling besar. Bisa dibilang, General Manager merupakan jabatan tertinggi yang membawahi banyak jabatan lainnya. Dimana mempunyai tugas memimpin, mengelola dan mengkoordinasi semua hal demi berjalannya suatu perusahaan.
General Manager
General Manager
Tugas General Manager

1. Meningkatkan efektivitas manajemen dengan merekrut, memilih, orientasi, pelatihan, coaching, konseling, dan mendisiplinkan manajer; mengkomunikasikan nilai-nilai, strategi, dan tujuan; menugaskan akuntabilitas; perencanaan, pemantauan, dan penilaian pekerjaan hasil; mengembangkan insentif; mengembangkan untuk menawarkan informasi dan opini; memberikan kesempatan pendidikan.

2. Mengembangkan rencana strategis dengan mempelajari peluang teknologi dan keuangan; menyajikan asumsi; merekomendasikan tujuan.
3. Menyelesaikan tujuan anak perusahaan dengan membentuk rencana, anggaran, dan hasil pengukuran; mengalokasikan sumber daya; meninjau kemajuan; membuat koreksi di tengah jalan.
4. Mengkoordinasikan berbagai usaha membangun pengadaan, produksi, pemasaran, bidang, dan layanan teknis kebijakan dan praktek; mengkoordinasikan tindakan dengan staf perusahaan.
5. Membangun citra perusahaan dengan berkolaborasi dengan pelanggan, pemerintah, organisasi masyarakat, dan karyawan; menegakkan praktik bisnis yang etis.
6. Mempertahankan kualitas layanan dengan membentuk dan menegakkan standar organisasi.
7. Mempertahankan pengetahuan profesional dan teknis dengan menghadiri lokakarya pendidikan; meninjau publikasi profesional; membangun jaringan pribadi; berpartisipasi dalam masyarakat profesional.
8. berkontribusi untuk tim supaya mencapai hasil terkait yang diperlukan.

Tugas lain General Manager

1. General manager ikut berpartisipasi dalam merumuskan dan mengelola kebijakan dalam perusahaan, mengarahkan dan mengkoordinasikan semua kegiatan departemen divisi untuk mengembangkan dan menerapkan tujuan jangka panjang dan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pertumbuhan profitabilitas tujuan.

2. General manager juga bertugas mengulas analisis kegiatan, biaya, operasi dan data perkiraan untuk menentukan departemen atau kemajuan divisi menuju tujuan dan sasaran yang dinyatakan.
3. Memberikan wewenang kepala petugas administrasi dan tenaga administrasi lainnya untuk meninjau prestasi dan mendiskusikan perubahan yang diperlukan dalam tujuan atau sasaran yang dihasilkan dari status dan kondisi saat ini.
4. Mengembangkan, mengulas, update dan mengimplementasikan perencanaan strategis bisnis, termasuk penjualan, kinerja keuangan dan pengembangan produk baru.
5. Mengawasi manufaktur dan bahan departemen untuk meninjau laporan produksi dan operasi, menyelesaikan operasional, manufaktur dan fasilitas masalah untuk memastikan biaya minimum dan mencegah penundaan operasional dan untuk memenuhi pertumbuhan di masa depan.
6. Mengawasi proyek-proyek penting, proses dan laporan kinerja, dan analisis data.

7. Mengulas dan mendukung teknik dan penjualan untuk mengawasi konsep desain dengan teknologi fundamental atau baru digunakan untuk produk baru atau yang sudah ada atau perbaikan untuk memberikan pengurangan biaya, keselamatan, kebutuhan pelanggan dan pertumbuhan pasar.
8. Mengulas operasi dan rencana untuk memenuhi persyaratan perencanaan penjualan dan untuk memastikan manufaktur atau outsourcing persyaratan untuk mengembangkan pasar baru.
9. Mengulas dan menyetujui tentang penyusunan analisis akuntansi untuk perencanaan anggaran dan pelaksanaan, efisiensi produksi, pelaporan keuangan, perencanaan anggaran dan pengajuan untuk belanja modal.

10. Bersama direktur umum / BOD membuat Job Description beserta evaluasinya dari semua aparat/staff berdasarkan kebutuhan struktur organisasi kerja perusahaan. (S.O.K.P).
11. Mengangkat, memberhentikan pegawai/staff permanen (Tetap) sesuai dengan kebutuhan dan kualitas S.O.K.P dengan persetujuan direktur terkait.
12. Menerbitkan surat keputusan pengangkatan, pemutusan karyawan.
13. Membuat, menyusun dan menyiapkan data dan informasi seluruh pegawai perusahaan secara sistematis dan konsisten.

14. Bersama GM divisi lain membuat evaluasi reward and punisment dan rotasi seluruh pegawai perusahaan untuk kelanjutan karir pegawai.
15. Menyusun dan membuat formulir pelatihan untuk karyawan secara berkala dan sistimatis berdasarkan usulan dari masing – masing divisi.
16. Menyediakan/menyiapkan sumber daya manusia untuk kebutuhan proyek.
17. Menyusun dan membuat peraturan kerja perusahaan, termasuk diantaranya :

  • Peraturan tentang gaji, tunjangan – tunjangan dan pajaknya.
  • Peraturan tentang perjalanan dinas.
  • Peraturan tentang disiplin kerja, cuti dan lain – lain.

Tanggung jawab General Manager

1. Bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mengerahkan sistem-sistem prosedur, policy rencana dan serta dalam bidang marketing terutama : sales Target, Sales coordination, Marketing Expanses.
2. Bertanggung jawab akan semua keputusan yang diambil tentang Policy dan prosedur atas semua biaya marketing yang dikeluarkan, dan bertujuan demi kepentingan perusahaan dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
3. Bertanggung jawab dalam tercapainya target yang telah ditentukan perusahaan didalam bidang marketing dengan keuntungan se optimal mungkin dari semua proyek yang dikerjakan secara efisien.
4. Bertanggung jawab serta menjaga kerahasiaan arsip – arsip kepersonaliaan di perusahaan (serta registrasi/distribusi surat – surat korespondensi kantor).
5. Mengawasi dan memelihara seluruh aset – aset perusahaan.
6. Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan kendaraan dinas perusahaan yang stand by di pusat dan kendaraan inventaris direksi serta pengurusan surat – suratnya.

Nah, itulah diatas tugas dan tanggungjawab General Manager di suatu perusahaan. Cukup berat bukan tugas yang diembannya?
Loading...

0 Response to "Tugas dan Tanggung Jawab General Manager"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.