Kota Pematang Siantar Simalungun

Siapa yang tak kenal dengan Kota Pematang Siantar. Kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera utara ini merupakan kota yang dilintasi jalan raya lintas Sumatera sehingga banyak dilewati traveler untuk mencapai beberapa destinasi wisata terkenal di Provinsi Sumatera Utara, seperti Danau Toba.

Jika sedang travelling ke provinsi Sumatera Utara, sempatkanlah mampir ke Kota Pematang Siantar. Banyak destinasi wisata yang bagus serta kuliner lezat yang ditawarkan. Nah, jika ingin mengenal lebih dekat kota Pematang Siantar Simalungun, ada baiknya simak ulasan kami berikut ini.


Tentang Kota Pematang Siantar

Seperti yang telah kami singgung diatas, kota Pematang Siantar (simalungun) atau yang akrab disebut Kota Siantar merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Utara setelah Medan. Jaraknya dari Kota Medan yaitu 128 km dan merupakan kota yang dikelilingi banyak destinasi wisata, baik di kota sekitarnya ataupun di Kota Siantar Sendiri.

Anda dapat menemukan hotel atau tempat penginapan dengan mudah di kota ini. Selain itu, wisata kulinernya pun juga tak kalah menggoda untuk dinikmati. Nah, bicara mengenai daya tarik kota Pematang Siantar, berikut beberapa diantaranya:


Destinasi Wisata Kota Pematang Siantar


Perkebunan Teh Bah Butong


Jika Anda pecinta wisata alam sejati, mengunjungi kebun teh Bah Butong merupakan pilihan yang tepat. Letaknya yang berada di dataran tinggi siantar menyuguhkan pemandangan alam dan hamparan kebun teh yang indah dan sejuk.


Ada sejak jaman kolonial Belanda, kebun teh Bah Butong kini menjadi penghasil teh hitam terbesar kedua di Indonesia. Hasilnya telah dipasarkan ke berbagai pelosok negeri hingga manca negara, seperti Timur Tengah Eropa, Singapura dan Malaysia.


Air Terjun Bah Biak Sidamanik

Air Terjun Bah Biak Sidamanik
Air Terjun Bah Biak Sidamanik
Lokasi air terjun Bah Biak Sidamanik dekat dengan lokasi perkebunan teh Bah Butong. Lokasinya dapat ditempuh selama 15 menit dengan mobil atau motor dari perkebunan teh Bah Butong.

Anda harus menuruni anak tangga terlebih dahulu untuk dapat menikmati keindahan serta dinginnya air terjun Bah Biak Sidamanik. Asyiknya, guyuran air di obyek wisata ini tidak terlalu deras, jadi Anda dapat sepuasnya bermain air di bawah air terjun.


Kawah Putih Tinggi Raja


Kawah putih Tinggi Raja tidak kalah eksotis dengan kawah putih Ciwidey di Jawa Barat. Bukit Kapur berwarna putih dengan aliran air belerang membuat suhu air di tempat ini sangat tinggi yaitu 90 deraja celcius.

Lokasinya masih sulit dijangkau karena terletak di tengah hutan cagar alam dan infrastruktur yang ada masih belum memadahi. Jadi Anda harus siap dengan tantangan yang ada jika ingin menikmati keindahan kawah ini.


Bukit Simarjarunjung


Bukit Simarjarunjung menjadi destinasi wisata yang kian populer, terutama bagi kalangan muda. Lokasi ini merupakan cara lain menikmati keindahan danau Toba. Di sini Anda dapat melihat hamparan danau Toba yang menawan dari atas rumah pohon.

Selain rumah pohon, Anda juga dapat mencoba wahana lainnya, yaitu sky wing. Anda akan diajak untuk berayun di ketinggian sambil melihat paronama alam yang mengesankan. Jika datang pada sore hari, Anda dapat menikmati sunset yang indah dan anggun dari sini.


Patung Dewi Kwan Im
Patung Dewi Kwan Im
Patung Dewi Kwan Im
Patung dewi Kwan Im adalah patung budha tertinggi di Asia Tenggara. Patung ini merupakan dewi cinta kasih sayang umat Budha. Lokasinya berada di vihara Avolokitesvara yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Meskipun tempat ibadah umat Hindu, tempat ini dapat dikunjungi oleh masyarakat luas.

Patung Dewi Kwan Im terbuat dari batu granit dengan tinggi mencapai 22.8 meter yang dibuat dan diimpor langsung dari Cina. Karena keindahan dan kemegahannya, patung ini berhasil mendapat penghargaan/rekor Muri.


Wisata Kuliner Kota Pematang Siantar

Jika sudah lelah berkeliling di destinasi wisata di Kota Siantar, Anda dapat rehat sejenak dengan menikmati beragam kuliner khasnya yang begitu lezat. Nah, ini dia beberapa daftar kuliner khas Kota Pematang Siantar. tersebut.


Mie Pangsit Khas Kota Siantar


Saat berkunjung ke Kota Siantar, sempatkanlah mencicipi mie pangsit yang memang sudah terkenal kelezatannya tersebut. Anda dapat dengan mudah menemukan rumah makan yang menjual mie pangsit khas Kota Siantar di daerah Simpang Empat. Dengan rasa yang enak dan porsi yang cukup banyak, harga yang ditawarkan relatif terjangkau.


Kedai Kopi Sedap


Jika ingin duduk santai menikmati indahnya Kota siantar, Anda dapat mengunjungi kedai kopi sedap. Kedai kopi sedap sudah ada sejak 20 tahun yang lalu dan berada di jalan Seotomo Kota siantar. Selain kopi, Anda juga dapat menikmati roti selai srikaya yang lembut dan cocok disandingkan dengan kopi hitam atupun kopi susu.


Kedai Kopi Kok Tong


Kedai kopi kok tong juga tidak kalah populer. Lokasinya tidak jauh dari Kedai kopi sedap yaitu di Jalan Cipto Kota Siantar. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1925 dan menyuguhkan beragam jenis kopi. Kopi yang paling terkenal yaitu kopi robustanya. Dengan cita rasanya yang sangat khas, kedai ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati suasana Kota Siantar.


Toko Roti Ganda


Toko Roti Ganda merupakan toko roti yang sangat terkenal di Kota Siantar. Pembeli tak pernah surut dan rela mengantri demi dapat merasakan kelezatannya. Jajanan yang ditawarkan berupa roti tawar yang diisi selai srikaya dan juga jajanan pasar lainnya. Selain rasanya yang enak, harganya juga relatif terjangkau, mulai dari 15ribu saja. Anda juga dapat membelinya sebagai oleh-oleh khas Kota Siantar.

Nah, banyak sekali bukan daya tarik yang dimiliki kota Pematang Siantar ini? Jadi, kira-kira kapan anda berencana mengunjunginya?
Loading...

0 Response to "Kota Pematang Siantar Simalungun"

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.