5 Contoh Usaha Waralaba Minuman untuk Hadapi Tantangan Ekonomi 2022


Ingin membuka usaha? Contoh usaha waralaba berikut dapat menjadi acuan bagi yang sedang bingung mencari ide tambahan penghasilan untuk menjawab tantangan 2022 ini. Disebut franchise dalam bahasa Inggris atau waralaba adalah sebuah usaha kemitraan antara pemilik suatu merek atau produk dengan penggunanya.



Jenis usaha yang satu ini memiliki konsep saling menguntungkan. Sang pemilik merek atau produk akan mendapatkan keuntungan dari pembelian paket usaha waralaba yang dijualnya. Dan sang pengguna tinggal menjalankan paket bisnis yang telah dibelinya, tanpa repot memikirkan konsep, sistem dan yang lainnya.

1. Es Cendol

Bagi masyarakat Indonesia es Cendol atau es Dawet adalah sebuah minuman yang tidak asing lagi. Minuman yang berasal dari pulau Jawa ini memiliki rasa gurih dan manis yang berasal dari larutan gula merah, santan dan tepung beras.

Jika dulu es Cendol hanya ada di pasar tradisional, maka sekarang melalui usaha waralaba es Cendol dapat ditemui di banyak tempat. Mulai dari sekolah, komplek perumahan hingga pusat perbelanjaan terlihat banyak penjual yang menjajakannya. Dengan kemasan yang menarik dan beragam inovasi rasa, waralaba es Cendol sukses di pasaran.

2. Es Capucino Cincau

Es Capucino Cincau atau ada juga yang menyebutnya es CapCin ini terbuat dari minuman kopi jenis Cappucino yang diberi isian cincau. Rasa manis gurih dari Capucino ditambah cincau empuk kenyal sangat enak dinikmati kapan saja. Perpaduan unik dua bahan ini ternyata ampuh dijadikan konsep bisnis Waralaba.

Buktinya dapat ditemui banyak penjual jenis es yang satu ini di berbagai pusat keramaian. Tak ada yang menduga sebelumnya jika dua bahan sederhana yang ditemui sehari-hari ternyata jika diolah dengan kreatif dapat memberi hasil yang menjanjikan.

3. Es Teh

Di urutan ketiga, contoh usaha waralaba berikutnya adalah usaha teh yang merupakan minuman keseharian bagi sebagian besar masyarakat di tanah air. Teh ini sendiri cocok untuk dinikmati baik dalam keadaan dingin maupun panas. Melalui daya kreativitas para pelaku bisnis, teh ini pun disulap menjadi minuman yang bercita rasa lain.

Cuaca di tanah air yang cenderung panas dimanfaatkan untuk membuat teh menjadi sebuah es dengan beragam rasa. Berasal dari bahan asli yang dapat dengan mudah ditemui serta memiliki harga terjangkau. Es teh waralaba ternyata mampu menjadi ladang bisnis yang memakmurkan.

4. Es Bubble Tea

Menggunakan bahan dasar dari teh rasa buah, coklat, dan kopi, minuman yang satu ini juga cukup sukses dijadikan sebagai konsep bisnis waralaba. Es Bubble Tea atau disebut juga Boba ini memiliki isian dari tepung tapioka yang dibentuk bulat dengan rasa kenyal. Perpaduan yang dimiliki itu ternyata membuat minuman ini menjadi sangat fenomenal.

5. Es Sari Tebu

Jenis es yang satu ini cukup familiar di tanah air. Di banyak ruas jalan akan mudah ditemui penjual es sari tebu. Biasanya penjual es sari tebu ini juga akan menyediakan gorengan yang menambah minat pembeli untuk datang. Pengguna motor biasanya adalah konsumen utamanya.

Saat ini es sari tebu dapat juga dijumpai di mal-mal serta pusat perbelanjaan di kota-kota besar tanah air. Konsep bisnis waralaba yang memanfaatkan bahan alam yang mudah didapat, stok melimpah dan harga murah ini berhasil menarik minat banyak konsumen.

Demikian ulasan mengenai contoh usaha waralaba yang dapat digunakan sebagai ide untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Dari uraian di atas dapat disimpulkan jika ide bisnis bisa juga menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekeliling. Kreatifitas untuk mengemas yang membuat menjadi istimewa.

 

 

 

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.