10+ Ide Konten Instagram untuk Jualan Online

ide konten instagram untuk jualan online


Apa yang harus diposting di Instagram untuk jualan online? Pertanyaan ini memang sering muncul jika Anda sedang membangun bisnis di Instagram.

Tak diragukan lagi jika Instagram saat ini menjadi salah satu cara pemasaran online yang efektif untuk berjualan. Meskipun banyak marketplace, tetapi ada keuntungan tersendiri jika menggunakan platform Instagram untuk berjualan online.

Permasalahannya, untuk meningkatkan insight atau impresi pada akun Instagram dibutuhkan konten-konten yang menarik dan rutin. Sehingga seringkali menemukan kebuntuan dalam membuat sebuah konten.

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda tidak sendirian. Banyak tentunya yang mengalami hal serupa. Menghasilkan konten istagram yang menarik secara rutin memang tidak mudah, hal ini membutuhkan banyak waktu dan kreatifitas Anda sebagai pemilik bisnis.

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan referensi ide konten Instagram untuk jualan online. Anda bisa membacanya dari awal hingga akhir sehingga tidak ada satupun yang terlewatkan.

10 Ide Konten Instagram untuk Jualan Online

Seperti yang Anda ketahui, Instagram memiliki banyak potensi sebagai platform untuk menciptakan dan menjalin sebuah interaksi yang baik dengan audiens.

Karena itu, penting untuk membuat konten-konten menarik yang disajikan pada mereka.  Jika akun Instagram Anda berbentuk bisnis, tentunya akan sangat membosankan jika konten yang disediakan hanya produk saja.

Anda bisa memberikan campuran konten-konten yang tidak membuat mereka bosan untuk terus mengikuti akun Anda. Berikut ini ide konten Instagram yang bisa Anda buatkan:

Baca juga: 

7 Cara Menemukan Produk Jualan Online yang Laris di Pasaran

10+ Ide Bisnis Ritel Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

9+ Ide Bisnis tentang Teknologi yang Patut Anda Coba!

1. Gambar Produk Berkualitas Tinggi

Instagram termasuk salah satu jenis platform media sosial yang menyediakan fitur posting gambar dengan kualitas tinggi. Pengguna akun Instagram lain juga berlomba-lomba untuk memposting gambar dengan kualitas terbaiknya.

Dengan demikian, untuk bisa memberikan rasa tertarik pada audiens, Anda bisa menyediakan gambar produk yang berkualitas tinggi.

Produk apapun itu akan sangat menarik jika gambarnya menarik perhatian. Jangan memposting gambar secara asal-asalan, ini akan mempengaruhi mindset audiens jika bisnis Anda kurang premium.  

Gambar dengan kualitas tinggi akan mendorong penjualan, karena itu akan membuatnya seperti iklan dan menciptakan peluang konversi bagi audiens.

Anda juga bisa mencantumkan teks atau kutipan yang menarik, bukan hanya nama produk saja, tetapi kata-kata menarik yang mungkin sedang trend.

2. Kutipan Tokoh

Selain memberikan insight yang baik, kutipan suatu tokoh bisa memberikan manfaat atau motivasi bagi audiens. Terkadang, saat audiens bersosmed Instagram, mereka sedang jenuh dalam kehidupan sehari-harinya.

Kutipan tokoh bisa menjadi opsi terbaik dalam membuat konten instagram. Meskipun akun Anda adalah akun bisnis, tetapi tidak ada salahnya untuk memberikan konten-konten motivasi untuk audiens.

Peluang konversi akan muncul dengan sendirinya ketika traffic akun Instagram Anda sudah baik. Anda bisa membuat konten dari kutipan tokoh, baik itu berfifat motovasi, hiburan, ataupun edukasi.

3. Konten Edukasi

Ide konten Instagram selanjutnya adalah dengan membuat konten-konten yang bersifat edukasi. Banyak orang yang menginginkan sesuatu yang prositif dari media sosial. Ini tentu bisa Anda sediakan melalui akun Instagram Anda.

Anda bisa mengisi konten tentang edukasi apapun dari bidang usaha yang sedang Anda jalankan. Ini termasuk salah satu cara terbaik dalam membangun dan meningkatkan kredibilitas akun Instagram Anda.

4. Hiburan

Konten hiburan mungkin sudah tidak begitu asing lagi di telinga Anda, tetapi faktanya konten hiburan masih efektif untuk menciptakan insight.

Anda bisa sesekali menyediakan konten hiburan, baik itu berupa gambar atau video lucu, menarik, atau yang bersifat menghibur.

Dalam hal konten hiburan untuk bisnis online, usahakan mencari sesuatu yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda. ini akan lebih efektif untuk dan relevan dengan akun bisnis Anda.

Misalkan saja jika Anda menjual produk jam tangan, carilah foto/video lucu yang berkaitan dengan jam tangan.  

5. Meliput Aktivitas atau Acara Bisnis Anda

Instagram menjadi tempat terbaik untuk memberitahu audiens jika Anda sedang melakukan aktivitas bisnis atau acara lain yang terkait.

Anda bisa membuat postingan tentang bagaimana proses bisnis Anda berjalan dalam kesehariannya. Atau jika memang ada acara, Anda bisa meliput segala aktivitas sebelum atau sesudah acara berlangsung.

Ini akan menimbulkan keterlibatan yang positif antara Anda dengan audiens. Karena semakin baik Anda dalam menyampaikan aktivitas bisnis, semakin baik pula tingkat kepercayaan pelanggan kepada bisnis Anda.

6. Bermitra dengan Influencer

Jika Anda ingin mendongkrak brand bisnis dan mendapatkan banyak insight dalam waktu yang singkat, bermitra dengan influencer adalah salah satu solusinya.  

Ada banyak sekali influencer atau selebgram yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut. Ini tentu dapat menjadi salah satu konten terbaik untuk bisnis Anda.

Anda bisa memilih salah satu influencer atau instagram yang menurut Anda tepat untuk bermitra dengan bisnis Anda.  

Selain memancing mereka untuk mengikuti akun bisnis Anda, ini juga akan membuat kredibilitas bisnis Anda semakin meningkat.

7. Q&A dengan Audiens

Ide konten Instagram untuk jualan online lain yang bisa Anda buat adalah dengan melakukan Q&A dengan audiens. Selain ini memberikan ide konten, konten ini bisa menjadi jawaban untuk sesuatu hal yang Anda cari.

Saat ini, Instagram menawarkan fitur lengkap, salah satunya dengan stiker Q&A yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk berinteraksi dengan audiens.

Anda bisa mengajukan pertanyaan dan meminta jawaban dari mereka tentang sesuatu hal. Misalkan saja, ketika ingin meluncurkan produk baru dan meminta tanggapan mereka. Ini tentu akan menjadi konten yang bermanfaat bagi bisnis Anda.

8. Video Tutorial

Menggunakan video tutorial untuk konten Instagram bisnis Anda memberikan keuntungan tersendiri. Karena akan secara langsung memiliki nilai dan dapat dilakukan oleh audiens.

Anda bisa menyediakan video tutorial dengan berbagai jenis dan topik. Meskipun hanya berdurasi 30-60 detik, ini akan membantu audiens.

Misalnya saja Anda menyediakan video tutorial cara pemesanan atau perawatan produk. Audiens Anda pasti akan senang melihat postingan ini, Apalagi jika Anda menunjukan betapa mudahnya produk untuk digunakan atau betapa bernilainya produk, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan konversi penjualan.

9. Cross Promotion dengan Brand Lain

Cross promotion atau promosi silang termasuk salah satu ide konten terbaik untuk akun Instagram bisnis. Baik Anda melakukan kemitraan atau hanya menyebutkan brand-nya pada sebuah postingan, ini dakan menciptakan hubungan yang berharga.

Tingkat kredibilitas brand Anda juga semakin meningkat dengan sendirinya, karena biasanya audiens percaya jika terlibat dengan komunitas produk sejenis menandakan jika brand Anda benar-benar dipercaya.

Misalkan saja, jika produk yang Anda pasarkan adalah kaos dengan merek X, Anda bisa membuat konten cross promotion dengan kaos bermerk Y. Selain untuk ide konten, ini tentu akan lebih menguntungkan bagi keduanya merek.

10. Siaran Langsung

Ide konten Instagram untuk bisnis online yang terakhir adalah melakukan video siaran langsung. Siaran langsung akan membantu meningkatkan keterlibatan audiens secara langsung.

Dalam penerapannya, Anda bisa memberikan sesuatu hal yang yang baru atau promosi variasi produk terbaru dengan memberikan Q&A kepada audiens. Atau jika memang dibutuhkan, Anda bisa memberikan give away pada penonton untuk menarik perhatiannya.  

Siaran langsung selain bisa dijadikan konten, ini juga merupakan fitur terbaik untuk melakukan pengiklanan produk.

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.