10+ Ide Usaha Terbaik untuk Daerah Pedesaan

ide usaha di daerah pedesaan


Ada banyak ide bisnis yang bisa Anda temukan di Indonesia. Beberapa diantaranya bisa dilakukan di daerah perkotaan dan juga di daerah pedesaan. Jika Anda berkeinginan untuk menjadi seorang wisarusahawan di daerah pedesaan, tentu bukan mustahil untuk meraih kesuksesan.

Tak jarang seseorang yang sukses membangun usaha di daerah pedesaaan. Apalagi di Indonesia, yang merupakan negara dengan potensi sumberdaya melimpah yang bisa dimanfaatkan berbisnis. Ini tentu menjadi suatu peluang besar bagi Anda untuk memulainya.

Dari berbagai macam persiapan membangun bisnis, langkah pertamanya adalah memikirkan jenis bisnis apa yang ingin dijalankan. Benar begitu, bukan?

Jika Anda berniat untuk membangun usaha di daerah pedesaan, berikut ini akan kami rangkum daftar ide usaha yang bisa Anda lakukan di pedesaan.  

10+ Ide Bisnis Kecil yang Menguntungkan untuk Daerah Pedesaan

Berikut adalah daftar ide bisnis kecil untuk daerah pedesaan. Antara lain:

Baca juga: 10+ Ide Bisnis Ritel Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

1. Peternakan Unggas

Peternakan unggas adalah peternakan yang memelihara unggas peliharaan seperti ayam, bebek, dan angsa untuk menghasilkan daging atau telur untuk makanan. Di negara-negara maju, unggas berarti sebagian besar ayam diternakkan dalam jumlah besar.

Anda dapat memulai bisnis peternakan unggas di desa-desa dan memasoknya di daerah perkotaan dalam jumlah besar.

Ini tentu menjadi peluang yang bisa Anda manfaatkan. Karena salah satu kelebihan di daerah pedesaan adalah memiliki lahan yang luas dan lebih leluasa.

Berbeda dengan daerah perkotaan yang tidak banyak lahan kosong sehingga akan sangat sulit untuk diterapkan di sana.

Memulai usaha peternakan di pedesaan merupakan ide yang bagus. Anda pun juga bisa memulainya dari modal kecil.

2. Pertanian Organik

Saat ini, semua orang khawatir dengan kesehatan mereka. Hal ini karena semakin banyaknya makanan yang mengandung bahan kimia. Bisa dibilang, hampir setiap makanan yang kita konsumsi hari ini mengandung bahan kimia.

Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis terbaik di pedesaan. Anda bisa memulai dengan pertanian organik. Seperti halnya padi, buah-buahan, sayuran atau jenis hasil tani lain yang dikonsumsi masyarakat.

Selain Anda dapat membuka bisnis dan mendapatkan keuntungan, ide ini akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Contohnya, Anda bisa bertani buah-buahan, yang dalam prosesnya tanpa melibatkan pestisida atau bahan kimia lain. Dengan demikian, Anda bisa memasarkannya pada supermarket atau minimarket di seluruh Indonesia.

3. Budidaya Ikan

Budidaya ikan memang sudah bukan hal baru lagi untuk dijadikan bisnis. Tetapi, peluang ide bisnis ini masih memberikan peluang lebar untuk dilakukan di pedesaan.

Budidaya ikan ini bisa dengan jenis ikan untuk tujuan konsumsi ataupun hiasan. Saat ini, peminat ikan hias dengan berbagai jenis juga cukup banyak.

Bahkan, harga yang ditawarkan cukup mahal. Nah, jika Anda memang memiliki pemahaman yang baik tentang jenis ikan hias, ini tentu menjadi sangat menguntungkan.

Atau jika memang Anda berminat untuk budidaya ikan untuk konsumsi, di daerah pedesaan juga sangat cocok untuk dilakukan.

4. Pengolahan Madu

Madu digunakan dalam banyak produk makanan. Ini juga termasuk ide bisnis yang cocok untuk daerah pedesaan.

Mengingat potensi madu di daerah pedesaan masih cukup besar, Anda bisa memanfaatkan ini dengan tujuan berbisnis.

Dalam hal ini, Anda bukan hanya menjual madu secara mentahan, tetapi dengan bentuk praktisnya. Artinya, Anda mengolah madu itu terlebih dulu sebelum didistribusikan.

Anda harus mengekstrak madu dari lebah, membuang limbah dan partikel lainnya, memanaskannya, memasukkannya ke dalam botol dan memberi label. Anda kemudian dapat mulai mendistribusikan ke toko madu, toko kelontong, minimarket, atau tempat di mana ini dapat dijual secara eceran.

Pengolahan madu ini tidak terlalu membutuhkan modal besar, Anda bisa memulainya dengan modal rendah terlebih dulu.

5. Toko Pertanian

Ide usaha untuk daerah pedesaan selanjutnya adalah dengan membangun toko pertanian. Karena mayoritas pekerjaan utamanya adalah bertani, Anda bisa menyediakan berbagai macam kebutuhan mereka.

Mulai dari obat-obatan hama, pupuk organik, atau kebutuhan pertanian lain. Meskipun ada juga toko sejenis, tetapi Anda bisa menyediakan kebutuhan pertanian yang belum tercukupi.

Misalkan saja produk-produk mesin kecil untuk pertanian. Banyak tentunya diantara petani yang belum memiliki mesin yang mempermudah dalam pertaniannya.

Ini bisa menjadi peluang bagus untuk Anda sediakan. Jika memang Anda tidak cukup modal, sekarang ini banyak perusahaan produksi mesin pertanian yang mencari agen atau distributor.

Baca juga: 9+ Ide Bisnis tentang Teknologi yang Patut Anda Coba!

6. Depo Air Isi Ulang

Ide usaha selanjutnya adalah membangun depo air isi ulang. Peluang bisnis ini juga cukup besar di daerah pedesaan. Kebutuhan air minum menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, karena alasan tertentu, banyak diantaranya yang lebih memilih untuk mengkonsumsi air isi ulang.

Dibandingkan dengan daerah perkotaan, di pedesaan tidak banyak pesaing yang membukan usaha yang sama.

Dengan demikian, Anda bisa lebih berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Memulai usaha ini bisa dilakukan sebagai distributor, atau memang jika mampu membuat merk air minum sendiri. Ini juga berpeluang besar untuk mendapatkan banyak keuntungan.

7. Salon/Barbershop

Salon ataupun barbershop saat ini banyak diminati kaum muda, baik di perkotaan maupun pedesaan. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis salon atau barbershop.

Peluang ini tentu sangat baik, karena kaum muda di daerah pedesaan tidak perlu jauh-jauh untuk menemukan salon/barbershop.

Apalagi jika Anda sudah memiliki keahlian di bidang ini, pastinya akan sangat baik untuk Anda mulai dari sekarang.

8. Tempat Penginapan/Villa

Jika daerah pedesaan Anda dekat dengan tempat wisata, membangun tempat penginapan atau villa menjadi opsi terbaik.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung tentu ada yang membutuhkan tempat penginapan. Dengan begitu, tempat penginapan Anda berpeluang besar untuk ditempati, apalagi jika daerah sekitar tidak banyak tempat penginapan.

Meskipun untuk membangun usaha ini cukup membutuhkan modal, tetapi ini bisa menjadi investasi terbaik dalam keuangan Anda.

9. Jasa Fotocopy/Printing

Di pedesaan bisa dikatakan masih minim dengan adanya jasa fotocopy/printing. Padahal, setiap anak-anak sekolah atau pekerja sering membutuhkan.

Nah, kondisi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis perfotokopian. Anda bisa mencari tempat yang strategis, seperti dekat dengan sekolah, kantor kecamatan, ataupun kantor kelurahan.

Peluang ide bisnis ini tak kalah menguntungkan dibandingkan dengan yang lain. Apalagi jika tempat Anda merupakan satu-satunya yang ada di sana.

10. Kuliner Unik

Bisnis makanan memang menjadi salah satu rujukan banyak orang, baik di kota atau pedesaan. Namun, dalam hal ini pilihlah kuliner yang unik dan mungkin satu-satunya yang ada.

Ada banyak bahan yang bisa Anda manfaatkan di desa sehingga bisnis ini juga cocok untuk dibangun di daerah pedesaan.

Untuk target pemasarannya, Anda bisa melakukannya untuk masyarakat desa atau bahkan ke seluruh wilayah yang terjangkau.

Nah, inilah 10 ide usaha di daerah pedesaan yang bisa Anda lakukan. Pada akhirnya, mengenali potensi dan sumberdaya yang ada di desa menjadi salah satu faktor utamanya. Carilah peluang terbaik yang cocok untuk berbisnis di desa Anda. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.