11+ Ide Bisnis Transportasi dan Logistik Menjanjikan Jangka Panjang

ide bisnis transportasi dan logistik yang menguntungkan

 

Transportasi merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Setiap orang hampir membutuhkannya, bahkan bisa dikatakan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Misalkan saja ketika kita ingin berangkat kerja, sekolah, liburan, atau ke tampat lain tentu membutuhkan transportasi untuk mencapainya.

Terlebih di jaman saat ini, perkembangan transportasi semakin pesat. Bukan hanya manusia saja, dalam bentuk barang pun bisa dikirimkan meski jarak yang ditempuh terbilang jauh.

Kemudahan pengiriman barang inilah yang menjadi sebuah budaya baru di negara kita. Jika Anda calon pengusaha yang sedang mencari ide bisnis transportasi dan logistik, kondisi ini tentu menjadi peluang besar.

Apa bisnis transportasi dan logistik yang paling menguntungkan saat ini? Mari kita bahas selengkapnya di sini.

Peluang Bisnis Transportasi dan Logistik

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama, mari kita ketahui terlebih dulu peluang tentang bisnis ini. Transportasi merupakan arus barang masuk dari titik awal mereka berada sampai pada titik akhir tujuan.

Dalam hal ini, transportasi dan logistik menjadi berdampingan satu sama lain. Mengingat tujuan dari kedua ini adalah sama, yakni perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang diinginkan.

Saat ini, ada banyak jenis trasnportasi dan logistik yang tersedia seperti halnya kereta, bus, pesawat, kapal, dan sejenisnya sesuai dengan jalur yang dilewati.

Bagi seorang pebisnis, ini menunjukan adanya peluang bisnis transportasi yang bisa dilakukan. Bagaimana peluang bisnis ini di masa mendatang? Pertanyaan ini tentu penting untuk dijawab sebelum memulainya.

Karena semakin hari semakin banyak seseorang yang membutuhkan transportasi dan logistik, peluang bisnis ini dalam jangka panjang bisa dibilang aman. Artinya, bisnis di bidang ini dapat dijalankan secara berkelanjutan dan tidak kenal musiman.

Baca juga: 11+ Ide Usaha Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

11 Ide Bisnis Transportasi dan Logistik Paling Menguntungkan

peluang bisnis transportasi dan logistik


Jika sedang mencari referensi bisnis transportasi dan logistik yang menguntungkan di masa mendatang, berikut ini akan kami berikan ide bisnis trasnportasi dan logistik yangmenguntungkan dalam jangka panjang. Baik itu ide bisnis baru yang dapat dimulai dengan modal kecil atau membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan seberapa banyak sumberdaya yang Anda miliki.

1. Layanan penyewaan truk

Jika Anda mencari ide bisnis di bidang logistik, truk merupakan salah satu ide yang perlu dicatat dalam daftar Anda.

Hampir semua aktivitas perdagangan terkait pengiriman barangmembutuhkan transportasi ini, apalagi jika barang yang didistribusikan dalam skala besar.

Truk adalah penghubung barang-barang menuju ke konsumen akhir. Anda bisa membukan layanan penyewaan truk sebagai alat pengiriman atau dengan tujuan lain.

2. Layanan pengiriman

Pengirman barang saat ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat, bahkan barang-barang kecil pun sudah menggunakan layanan ini.

Trend ini sebenarnya muncul karena adanya marketplace atau platform jualan online yang beredar. Dengan demikian, permintaan pengiriman barang setiap harinya semakin meningkat.

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang prosedur impor dan ekspor, menciptakan bisnis layanan pengiriman merupakan keputusan yang tepat.

Dalam hal ini, Anda bisa bekerjasama dengan platform jualan online yang sedang populer di kalangan masyarakat. Ini tentu akan sangat menjanjikan dalam jangka panjang.

3. Show room mobil

Kebutuhan transportasi yang meningkat membuat mobil termasuk dalam salah satu daftar ide bisnis yang paling menguntungkan saat ini.

Dalam bisnis ini, Anda dapat mengambil waralaba dari perusahaan mobil tertentu dan mulai menjual merek mobil terbaru. Selain itu, Anda juga bisa memubuat penawaran jual-beli mobil bekas.

Meskipun modal yang dibutuhkan cukup tinggi, tetapi model bisnis ini sangat berpeluang besar untuk meraih keuntungan yangtinggi.

4. Layanan sewa mobil

Masyarakat Indonesia termasuk dalam masyarakat konsumtif, ini termasuk dalam konsumsi kebutuhan tersier.

Sewa mobil bukan suatu fenomena asinglagi, bahkan penggunaannya semakin tahun semakin meningkat.

Jika Anda memiliki mobil sendiri atau cukup modal untuk membelinya, Anda bisa menyediakan mobil untuk disewakan. Bisnis ini termasuk dalam jenis bisnis yang menguntungkan.

5. Layanan sopir atau penyedia driver

Layanan ini ditujuakn kepada orang-orang yang menginginkan sopir untuk mengemudikan mobil mereka. Tak jarang tentunya kalangan yang tidak dapat mengemudikan sendiri, selain itu mereka menginginkan kepraktisan dalam pengemudian.

Jadi, menyediakan layanan sopir tentu sangat memungkinkan. Anda bisa memulainya dengan merekrut sopir berpengalaman dan memasarkan pada target pasar.

Bisnis ini memang cukup sedikir di Indonesia, tetapi jika Anda dapat memanfaatkan peluang ini tentu sangat menjanjikan keuntungan yang besar.

6. Kursus mengemudi mobil

Kursus mengemudi mobil masih menjadi banyak peminat, dan bahkan tak lekang oleh waktu. Hal ini karena tingkat produksi mobil dan konsumsi mobil di Indonesia yang tinggi, tentu menyediakan kursus mengemudi mobil bukan keputusan salah.

Anda bisa memulainya dengan merekrut ahli mengemudi dan membuka perusahaan Anda sendiri. Pemasaran yang umum dilakukana adalah melalui media-media sosial, karena seringkali kebanyakan yang membutuhkan layanan ini adalah kaum muda.

7. Kursus mengemudi truk

Selain mobil, truk kursus mengemudi truk ternyata menjadi peluang besar untuk berbisnis. Karena setiap sopir truk harus memiliki kemampuan mengemudi yang baik sehingga dapat sampai tujuan dengan tepat waktu, sopir truk akan di tes secara praktik ataupun teori sebelum terjun ke jalan raya.

Pada kondisi ini, penyedia kursus mengemudi truk sangat dibutuhkan untuk membantunya. Ide untuk menyediakan kursus mengemudi truk sangat menguntungkan untuk Anda.

8. Transportasi bus untuk karyawan

Sebagian besar perusahaan membutuhkan transportasi bus untuk transportasi karyawannnya. Ini dengan pertimbangan tertentu tentang kondisi perusahaan. Hal ini menciptakan peluang untuk menyediakan layanan transportasi bus untuk karyawan perusahaan.

Bisnis ini tentu sangat menguntungkan, apalagi jika Anda sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan, tentu akan sangat mudah dilakukan.

9. Layanan antar-jemput anak-anak

Saat ini, jadwal anak-anak sekolah di Indonesia bisa dibilang sesibuk orang tua mereka. Tak jarang diantaranya orang tua yang lebih mempercayakan anak-anak mereka pada layanan antar-jemput dibanding membiarkan berangkat sendiri.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah karena mereka juga sama-sama sibuknya sehingga tidak punya waktu yang cukup untuk mengantar sendiri.

Dalam hal ini, Anda bisa membuka layanan antar-jemput untuk anak-anak, baik itu tujuan ke sekolah atau kegiatan anak-anak lainnya.

Anda bisa memulainya dengan bekerjasama dengan sekola, perkumpulan para wali murid, atau hal lain yang mendukungkeberlangsungan bisnis Anda.  

10.  Suku cadang dan variasi mobil

Pada jenis bisnis ini, Anda bisa menjual suku cadang atau variasi mobil secara eceran. Ini menjadi bentuk bisnis yang menguntungkan saat ini, tentu tergantung degan ukuran bisnis yang Anda jalankan.  

Di Indonesia, peminat modifikasi mobil bisa dibilang cukup banyak. Jadi, ini tentu menjadi peluang besar untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Anda bisa memulainya dengan mencari produsen suku cadang mobil, atau variasi mobil tepercaya dan memasarkannya pada komunitas modifikasi mobil di seluruh Indonesia.

11. Bisnis travel

Ide bisnis transportasi dan logistik lain yang bisa Anda lakukan adalah bisnis travel. Banyak saat ini seseorang yang merencanakan liburan tetapi tidak mendapatkan sarana yang tepat.

Dalam hal ini, tugas agen travel adalah menyediakan paket liburan yang bisa mereka gunakan. Anda bisa memulainya dengan menyediakan layanan transportasi, perjalanan wisata, dan menawarkan tujuan liburan mereka.

Bisnis ini sangat menjanjikan dalam jangka panjangkarena setiap orangyang ingin liburan tentu tidak hanya satu-dua orang saja, dan ini juga secara berkelanjutan.

Nah, inilah ide bisnis transportasi dan logistik yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki. Namun, pastikan Anda mempersiapkan secara matang sehingga keberlangsungan bisnis menguntungkan dalam jangka panjang.

 

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.