11+ Ide Usaha Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

ide usaha bulan ramadhan


Mencari ide usaha di Bulan Ramadhan? Berikut ini akan kami berikan rekomendasi ide yang tepat untuk Anda. 

Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana setiap muslim menjalankan ibadah puasa. Pada momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari rezeki. 

Bukan rahasia lagi, ketika setiap muslim setelah berpuasa ingin berbuka dengan makanan atau minuman yang enak. Tak hanya makanan dan minuman saja, tingkat konsumsi lain juga semakin meningkat

Nah, tak heran banyak masyarakat yang ingin memanfaatkan peluang ini. Usaha ini berbeda dengan jenis usaha lain yang membutuhkan banyak waktu, tetapi usaha ini bersifat musiman yang juga bisa dimulai dengan modal kecil. 

Mungkin Anda termasuk salah satunya? Jika benar, di bawah ini merupakan contoh ide usaha bulan ramadhan yang bisa Anda jadikan referensi. 

Inilah Ide Jualan saat Bulan Ramadhan yang Patut Dicoba

Apa saja ide jualan yang laku di bulan Ramadhan? Simak penjelasan berikut!

Baca juga: 6 Cara Mencari Modal Usaha Bisnis

1. Perlengkapan Ibadah

Ide jualan saat bulan Ramadhan adalah peralatan Ibadah. Meski bukan hanya pada bulan Ramadhan saja muslim membutuhkan peralatan ibadah, tetapi tingkat pembelian peralatan ibadah di bulan Ramadhan semakin meningkat. 

Peralatan ibadah disini termasuk, Al-Qur’an, tasbih, sajadah, mukena, peci, dan sebagainya. Jika Anda berminat, memulai usaha ini dari sekarang tentu bukan suatu masalah. Karena perlengkapan ibadah ini masih tetap akan dibutuhkan meski bulan puasa telah usai. 

Tingkat konsumennya juga tidak mengenal batasan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Hal ini tentu dapat menjadi jenis usaha berkelanjutan dan menguntungkan bagi Anda.

2. Usaha Takjil

Ide usaha di bulan Ramadhan lain adalah dengan jualan takjil. Seperti yang Anda ketahui, banyak orang-orang yang ngabuburit sebelum buka puasa. 

Mereka biasanya akan mencari takjil atau makanan pembuka yang digunakan untuk berbuka puasa. Takjil bukan hanya makanan saja, tetapi apapun yang bisa membatalkan puasa, baik itu buah-buahan, minuman ringan, atau sejenisnya. 

Untuk memulainya, Anda bisa mencari tempat yang strategis dan banyak orang berkumpul, di sinilah biasanya jualan takjil akan laris. 

Soal modal, Anda juga tidak perlu khawatir, karena biaya yang dibutuhkan tidaklah besar. Anda bisa memulainya dengan modal kecil. 

3. Menjual Minuman

Satu hal yang diinginkan oleh seseorang yang berpuasa setelah seharian berpuasa adalah minuman yang sejuk dan segar. Ada berbagai minuman buatan yang bisa Anda jual, seperti halnya es campur, es degan, dan jenis minuman lainnya. 

Jika Anda memiliki kemampuan untuk meracik minuman kekinian, ini juga bisa menjadi peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. 

Tempat untuk berjualan minuman ini juga tidaklah sulit ditemukan, karena bulan puasa banyak sekali seseorang yang berjualan sehingga banyak area-area pinggir jalan yang bisa Anda tempati secara gratis. 

4. Menjual Kurma & Buah Lainnya

Tidak ada yang lebih menyegarkan dan lezat daripada berbuka dengan buah-buahan. Setiap orang yang telah menahan makan dan minum seharian pasti mengiginkan menu buka yang menyegarkan. 

Dalam hal ini, Anda bisa menjual buah-buahan. Atau yang paling populer di bulan puasa adalah kurma. Kurma merupakan salah satu buah yang paling dicari saat bulan ramadhan. 

Selain instan, kandungan gizinya sangat baik untuk tubuh. Ini bisa menjadi salah satu ide usaha yang tepat saat bulan Ramadhan. 

5. Catering Sahur dan Buka

Biasanya, setiap orang yang memiliki kesibukan kerja padat lebih memilih untuk membeli makanan untuk sahur dan berbuka. 

Karena seringkali banyak masyarakat yang tidak biasa bangun pagi dan menyiapkan makanan untuk sahur sehingga mereka mengambil jalan pintasnya, yaitu dengan membeli. 

Apalagi jika Anda tinggal di kawasan kos-kosan, perumahan, atau hotel, ini tentu menjadi peluang besar bagi Anda. 

6. Menjual Busana Muslim

Setiap umat muslim Indonesia akan mulai berbelanja menjelang Idul Fitri. Hal ini karena pentingnya Idul Fitri dalam kehidupan umat Islam, mereka mempersiapkan dengan hati yang murni dan sukacita. 

Sebagian besar belanja Idul Fitri mereka adalah untuk membeli baju baru. Menjual busana muslim selama Ramadhan juga merupakan salah satu jenis usaha terpopuler. 

Untuk memulainya, Anda dapat menjual hasil buatan sendiri jika memang memiliki keterampilan dalam konveksi. Atau jika tidak Anda bisa membelinya secara grosir dan menjualnya kembali.

Busana muslim tentu tak kenal batasan usia, dengan begitu peluang Anda semakin besar untuk meraup keuntungan. 

Pemasarannya juga tidak terlalu sulit, apalagi di jaman serba digital seperti saat ini, tentunya bisa dipasarkan secara online melalui beragam platform media.

7. Jual Kembang Api

Untuk memeriahkan momen takbiran sebelum Hari Raya tiba, masyarakat biasanya menyalakan kembang api. Dari anak kecil hingga orang dewasa, semua orang menyukainya. 

Karena itu, menjual kembang api bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Anda bisa mengambil kembang api dari distributor besar sehingga dapat dijual kembali sekaligus mendapatkan keuntungan. 

Berjualan kembang api tidaklah sulit, jika Anda tidak punya lahan atau stand, maka bisa dilakukan di area pinggir jalan. Banyak diantaranya, remaja bahkan orang tua yang mencari kembang api untuk tujuan hiburan. 

8. Kue Kering

Ide usaha saat Bulan Ramadhan lainnya adalah dengan menjual kue kering. Ini sangat cocok jika Anda memiliki keahlian untuk membua kue sendiri. Karena biasanya, setiap lebaran pasti setiap rumah akan menyediakan banyak hidangan di meja tamunya. 

Termasuk juga kue kering, jenis jajanan ini seringkali di hidangkan untuk para tamu yang bersilaturahmi. 

Peluang bisnis ini sangat menguntungkan, karena setiap menjelang lebaran setiap orang akan membeli kue untuk mengisi tempat hidangannya. 

9. Jual Toples

Mungkin terlihat aneh tetapi toples juga menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat lebaran. Karena biasanya setiap rumah akan menyediakan hidangan atau jajanan, dan pastinya hidangan kue itu membutuhkan wadah. 

Nah, toples ini adalah salah satunya. Mereka biasanya akan mewadahi jajanan menjadi beberapa toples. Ini tentu menjadi salah satu peluang usaha yang baik di bulan Ramadhan. 

Untuk mencari distributor atau produsennya juga tidak terlalu sulit, Anda bisa membeli di pasar atau toko besar dan menjual kembali dengan cara Anda sendiri. 

10. Ketupat

Bagi masyarakat Indonesia, ketupat merupakan salah satu ikon khusus saat lebaran. Jadi, ketupat pastinya sangat diminati banyak orang saat menjelang lebaran. 

Apalagi saat ini bahan dasar ketupat semakin sedikit, pastinya sangat banyak yang mencarinya. Anda bisa berjualan ketupat dalam bentuk anyaman atau sudah dengan isinya. 

Ini tentunya bisa menjadi peluang usaha Bulan Ramadhan yang tepat untuk Anda lakukan. 

Baca juga: Mobil yang Cocok untuk Traveling di Segala Medan Perjalanan

11. Sewa Mobil

Salah satu budaya umat muslim Indonesia adalah mudik. Seperti yang Anda ketahui, di lebaran ini tentu banyak sekali seseorang yang ingin kembali ke kampung halamannya jika mereka berada di luar kota. 

Biasanya, mereka akan mencari penyewaan mobil untuk di bawa pulang. Karena dengan mengendarai kendaraan sendiri tentu lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum. 

Jadi, jika memang Anda memiliki banyak mobil tentu bisa menjadi peluang usaha yang tepat. Anda bisa menyewakan mobil Anda ketika menjelang hari lebaran. 

Sekian penjelasan tentang ide usaha Bulan Ramadhan yang bisa dijadikan inspirasi. Semoga bermanfaat!



0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.