7 Cara Menemukan Produk Jualan Online yang Laris di Pasaran

cara menemukan produk jualan online


Seiring bertambahnya waktu, semakin banyak masyarakat yang lebih suka berbelanja online daripada datang langsung ke toko. Mungkin Anda menyadarinya, ini ditandai dengan ramainya platform marketplace yang hampir setiap hari melakukan aktivitas jual-beli.

Jika Anda berminat untuk berjualan produk secara online, tentu bukan keputusan yang salah. Bahkan, ada banyak kisah seseorang yang sukses hanya dengan menekuni jualan online.

Namun, satu hal pertama yang harus Anda tentukan terlebih dulu adalah menentukan produk yang ingin dijual. Saking banyaknya produk yang bisa dijual secara online juga membuat Anda bingung untuk memilihnya.

Karena itu, kami akan memberikan cara riset produk jualan online yang laris dan diminati banyak orang. Sebagai penjual tentu menginginkan produknya laris, bukan? Nah, simak penjelasan di bawah ini!

Mengapa Harus Riset Produk?

Riset produk merupakan langkah pertama yang harus dilakukan semua penjual. Karena jika Anda langsung berjualan tanpa mengetahui pasar atau permintaan, kemungkinan suksesnya tentu sangat rendah.

Sederhananya, riset produk adalah proses meneliti produk atau ceruk yang berbeda dan menggunakan berbagai data untuk menentukan apakah produk tersebut akan laku dikonsumsi banyak orang atau tidaknya.

Jika Anda memilih produk secara acak atau hanya karena Anda menyukainya, Anda akan sulit untuk menentukan strategi jualan yang efektif dan ini bisa saja akan merugikan bisnis yang Anda bangun. 

Berbicara tentang bisnis online, Anda tidak bisa hanya mengandalkan firasat bahwa prooduk bisa laku terjual. Tetapi membutuhkan ide yang benar-benar cemerlang, strategi yang baik, dan eksekusi yang tepat. Ide mungkin tampak sepele, tetapi ini berkaitan dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Baca juga:

10 Ide Konten Instagram untuk Jualan Online

 10+ Ide Usaha Terbaik untuk Daerah Pedesaan

10+ Ide Bisnis Ritel Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Bagaimana Cara Menemukan Produk untuk Jualan Oline?

Setelah Anda mengetahui mengapa riset produk itu penting, mari kita bahas bagaimana  cara menemukan produk jualan online yang laris di pasaran.

1. Mulailah dengan Hobi atau Minat Anda

Langkah pertama yaitu dengan mencari jenis produk yang sesuai dengan minat atau hobi Anda. Produk yang sesuai dengan minat pasti akan lebih menyenangkan untuk Anda jual.

Meski demikian, seperti yang kami jelaskan di atas, produk yang Anda sukai belum tentu akan disukai orang lain.

Karena itu, Anda membutuhkan daftar produk apa saja yang Anda sukai dan kemudian saring sesuai dengan permintaan pasar. Carilah produk yang memiliki potensi diminati banyak orang dan juga Anda sendiri.

Misalkan Anda suka atau hobi olahraga, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual peralatan olahraga secara online seperti bola, jaring, raket, atau sejenisnya.

2. Cari Tahu Apa yang Sedang Tren di Media Sosial

Memanfaatkan tren yang berkembang adalah cara cerdas untuk menghasilkan uang dengan menjual produk secara online, terutama jika Anda memahaminya sejak awal.

Kemudian, bagaimana cara mengetahuinya? Jika Anda aktif di media sosial, tentu ini bukan masalah besar. Anda bisa mencarinya di aplikasi media sosial seperti Instagram, Tiktok, atau Facebook.

Anda bisa mendapatkan ide bagus dari apa yang dibicarakan banyak orang di sana. Kategori apa yang disukai mereka, apa yang di konsumsi mereka saat ini, dan apa yang menyebabkan mereka menyukainya.

Tetapi, dalam hal ini Anda juga harus lebih berhati-hati, karena banyak diantara trend yang hanya musiman. Artinya, tren itu hanya sesaat saja.

Misalkan dalam hal busana, ada influencer atau artis yang sering menggunakan pakaian dan kemudian diikuti banyak penggemarnya. Suatu saat jika influencer itu beralih mode busana lain, pakaian ini tidak akan menarik lagi.

Jadi, pastikan Anda memilih jenis produk yang memiliki tren jangka panjang agar keberlangsungan bisnis Anda juga masih tetap bertahan.

3. Melalui Google Trend

Cara menemukan produk jualan online yang laku di pasaran selanjutny adalah memanfaatkan Google Trend. Tools ini bersifat gratis, dengan begitu Anda bisa menggunakannya kapan saja.

Google Trend adalah tools yang berfungsi untuk melakukan riset kata kunci yang sering dipakai dan topik apa saja yang sedang hangat diperbincangkan.

Dengan menggunakan tools ini, Anda bisa mencari apa saja yang sedang trend dalam beberapa waktu di masyarakat, termasuk jenis produk apa saja yang banyak dicari.

Untuk melakukannya, Anda bisa langsung mengunjungi websitenya, kemudian mengubah lokasi sesuai dengan negara atau kota yang Anda inginkan, dan menuliskan kata kunci yang dicari.

Google trend akan memberikan grafik dalam kurun waktu tertentu, data ini bisa Anda analisa sebagai permintaan pasar yang berhubungan dengan produk.

4. Survei Langsung di Marketplace

Anda bisa langsung mencari ide terbaiknya melalui marketplace secara langsung. Saat ini banyak sekali marketplace yang tersedia di Indonesia, seperti Buka Lapak, Shoope, Blibli, atau sejenisnya.

Lakukanlah survei secara langsung dengan melihat produk apa saja yang sedang laris dikonsumsi oleh banyak orang.

Setiap marletplace itu biasanya akan tersedia informasi tentang produk apa saja yang tergolong paling laris. Data ini tentu sangat berguna untuk Anda, mulai dari berapa produk yang terjual dalam kurun 1 minggu atau 1 bulan.

Selanjutnya, Anda bisa membandingkan dengan jenis produk yang sama di marketplace yang lain. Jika hasilnya kurang lebih sama, ini menunjukan jika produk itu benar-benar sedang trend di masyarakat.

Saat melakukan survei langsung di marketplace, Anda juga akan mendapatkan banyak informasi, misalkan saja tentang harga, jenis produk, merk, bahkan karakteristik toko yang sering dikunjungi.

Dengan demikian, Anda juga sekaligus dapat mempelajari pesaing atau kompetitor jika memang ingin membuka toko online.

5. Survei Langsung ke Supplier/Grosir

Cara ini memang jarang digunakan banyak orang saat melakukan riset produk. Tetapi, Anda bisa langsung mendatangi pusat grosir atau supplier.

Anda akan melihat banyak sekali produk yang ditawarkan di sana, dari banyaknya produk, tentu menjadi referensi terbaik untuk menentukan produk yang akan Anda jual pada nantinya.

Selain itu, Anda juga bisa bertemu secara langsung kepada pemasok dan produsen untuk membicarakan bagaimana peluang produk itu jika dipasarkan secara online.

6. Riset Langsung ke Calon Konsumen

Cara menemukan produk jualan online lainnya adalah dengan melakukan riset langsung ke calon konsumen. Riset ini bisa dibilang lebih akurat dibandingkan cara lain karena langsung berhubungan dengan calon konsumen.

Namun, kekurangannya adalah Anda harus memiliki waktu yang cukup dan lebih kompleks datipada cara lain.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan riset dengan cara membuat riset kecil-kecilan seperti membuat kuesioner dan menyebarkan kepada banyak orang.

Hasil riset ini pasti akan memberikan banyak ide tentang jenis produk apa saja yang diinginkan konsumen dan sedang tren.

7. Menggunakan Jasa Riset Pasar

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menemukan produk jualan online yang tepat yakni dengan menggunakan jasa riset pasar.

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan sendiri, tentu ini akan lebih mudah, karena jasa mereka sering membantu seseorang dalam melakukan riset pasar.

Banyak tentunya jasa riset pasar saat ini, Anda bisa mencarinya melalui Google, rekoemendasi teman atau kolega yang sudah terpercaya dan profesional.

Nah, inilah beberapa caa yang bisa Anda lakukan untuk menemukan produk untuk jualan online. Pastikan Anda menemukan jenis produk yang tepat sehingga terhindar dari kerugian. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.