9 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa



Tidak ada mahasiswa yang tidak ingin menghasilkan uang sendiri, bukan? Meskipun disisi lain belum bisa bekerja secara penuh karena konsentrasi dan fokus pada studi kuliah yang diambil, mahasiswa masih tetap bisa mendapatkan uang tambahan.

Kemudian, apa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa? Kalau kamu berpikir untuk menjadi pekerja freelance, ini jawaban yang tepat. Tak jarang tentunya saat ini mahasiswa yang memiliki pekerjaan freelance sembari melanjutkan studi kuliahnya.

Selain kamu dapat mendapatkan uang, pekerjaan ini juga bisa menjadi salah satu portofolio yang kemudian hari bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Menjadi freelancer saat ini juga sangat menguntungkan, bahkan banyak diantaranya yang memilki penghasilan besar dari pekerjaan ini. Kalau kamu masih bingung untuk memilih jenis pekerjaan apa yang cocok untuk mahasiswa, berikut ini bisa kamu pertimbangkan.

Baca juga: 9 Tugas dan Tanggungjawab Customer Service yang Harus Kamu Tahu!

9 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa



Bekerja paruh waktu merupakan pilihan yang tepat bagi seorang mahasiswa, kerena tidak terikat waktu dan bisa dilakukan di mana pun tanpa harus pergi ke kantor. Kamu bisa melakukan pekerjaan di bawah ini sesuai dengan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki. 

Baca juga: 6 Cara Mencari Modal Usaha Bisnis

1. Penulis Freelance

Kamu mungkin sering menemukan lowongan penulis freelance di berbagai platform, dan tentunya sangat memungkinkan untuk menjadi salah satu pekerjaan yang dapat kamu lakukan sebagai mahasiswa.

Kebutuhan penulis semakin hari juga semakin meningkat, hal ini dikarenakan banyaknya perusahaan yang memanfaatkan platform digital sebagai peningkatan brand.

Untuk menjadi seorang penulis freelance, kamu juga bisa melamar dan memilih sesuai dengan jenis tulisan apa yang dapat kamu kerjakan.

Pasalnya, penulis juga terbagi menjadi berbagai jenis, ada content writer, copywriter, penulis artikel SEO, atau penulis buku, novel, atau penulis lain. Dari berbagai jenis tulisan ini, pastikan kamu melamar yang sesuai dengan kemampuan.

Menjadi penulis tentu sangat menguntungkan, apalagi bagi kamu yang memiliki hobi menulis, selain dapat wawasan yang lebih, kamu juga akan mendapatkan uang.  

2. Fotografer

Selain penulis, fotografer juga menjadi salah satu jenis pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa. Kebutuhan fotorgrafer saat ini juga terbilang cukup banyak karena semakin pesatnya perkembangan media sosial sebagai sarana pengiklanan.

Bukan hanya influencer saja, tetapi perusahaan juga seringkali membutuhkan fotografer untuk mendukung produknya.

Pada jenis pekerjaan freelance fortografer ini, kamu juga bisa memilih sesuai dengan minat dan keterampilan yang kamu miliki.

Kamu bisa memilih menjadi fotografer foto produk, fotografer wedding, atau lainnya. Banyak tentunya orang atau perusahaan yang menyewa jasa fotografer profesional karena tidak ingin hasil fotonya asal jepret saja.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang memang memiliki hobi fotografi atau memang sedang mengambil jurusan yang relevan dengan fotografi.

3. Desainer Grafis

Kalau kamu pandai mendesain, menjadi desainer grafis freelance juga bisa menjadi pertimbangan tepat. Banyak tentunya saat ini perusahaan dan lembaga yang membutuhkan jasa desainer grafis untuk proyek tertentu.

Jenis pekerjaan ini tentu membutuhkan skill dan jiwa seni yang tinggi, tetapi jika memang kamu memilikinya tentu tidak akan sulit.

Apalagi jika kamu memang berasal dari jurusan desain grafis, kamu bisa menawarkan desain yang pernah kamu buat sebagai portofolionya. Baik itu berupa logo, banner, kartu nama, atau desain lain yang pernah di post di media sosial.

Sebagai desainer grafis, pengalaman dan jam terbang menjadi sangat berharga untuk dimiliki. Nah, dalam hal ini kamu bisa memulainya dengan proyek-proyek kecil terlebih dulu.

4. Web Developer

Selain jenis pekerjaan di atas, web developer juga dapat menjadi jenis pekerjaan yang bisa di lakukan di mana saja tanpa harus berada di ruangan.

Jenis pekerjaan ini sangat cocok jika kamu mengambil jurusan informatika atau jurusan yang terkait. Saat ini banyak perusahaan yang sering menggunaka jasa developer freelance untuk mengembangkan websitenya daripada merekrut karyawan baru.

Jika kamu ingin memulainya, kamu bisa menawarkan di situs-situs freelance Indonesia atau luar negeri. Bayaran yang didapat dari pekerjaan ini juga termasuk tinggi, apalagi jika memang kamu memiliki keahlian yang mumpuni.

Bahkan, tak jarang seseorang yang memilih profesi ini sebagai pekerjaan utamanya karena memang bisa diandalkan.

5. Penerjemah

Penerjemah juga termasuk dalam daftar pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa. Mengingat banyak masyarakat Indonesia yang belum terlalu menguasai berbagai bahasa asing, pekerjaan ini mempunyai peluang yang besar.

Kamu bisa memilih penerjemah tulisan atau bahkan lisan sesuai dengan kemampuan bahasa yang kamu miliki. Misalkan saja bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Jerman, atau bahasa asing lainnya.

Bayaran seorang penerjemah juga cukup lumayan tinggi, dan pekerjaan ini akan membantu kamu yang menekuni bidang ini untuk menambah pengetahuan.

Karena menerjemahkan bahasa juga membutuhkan jam terbang dan pengalaman. Semakin kamu terbiasa menerjemahkan bahasa, semakin banyak pula kosakata yang kamu miliki, yang pastinya akan bermanfaat di kemudian hari.

6. Pengajar Freelance

Bagi kamu yang sedang menempuh studi kuliah di akhir semester, pengajar freelance menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk dilakukan. Apalagi jika memang kamu mengambil jurusan keguruan, ini pasti akan sangat berguna.

Ada banyak sekali saat ini tempat les atau bimbel yang membuka lowongan pekerjaan pengajar online. Kamu bisa mencobanya melamar dan mengajar sesuai dengan pengetahuan yang kamu kuasai.

Selain itu, kamu bisa mengajar di jenjang pendidikan yang dibutuhkan, misalkan SMA, SD, SMP. Untuk sistem bayarannya, biasanya ini dibayar per-sesi atau sesuai jam mengajar kamu.

Keuntungan mengajar freelance ini kamu tidak terlalu terikat dengan peraturan lembaga pendidikan yang mungkin tidak bisa dilakukan paruh waktu. Bahkan, di waktu saat pandemi ini, kamu bahkan tidak perlu keluar rumah untuk mengajar karena bisa dilakukan secara daring.

7. Pemandu Wisata

Jika kamu berada di lingkungan yang banyak wisata yang dikunjungi oleh wisatawan asing, ini juga menjadi peluang besar untuk dijadikan ladang penghasilan.

Menjadi pemandu wisata asing sangat menjanjikan untuk saat ini, karena selain kamu bisa jalan-jalan gratis, kamu juga masih akan tetap dibayar.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu seorang mahasiswa yang sedang mengambil jurusan pariwisata atau yang terkakit. Bekerja di bidang ini sangat membantu kamu dalam mengasah kemampuan dan memungkinkan untuk menerapkan pengetahuan yang diajarkan selama perkuliahan.

8. Waiter

Pekerjaan lain yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa adalah waiter. Sekarang ini banyak sekali dibuka kedai, kafe, atau restoran di beberapa tempat keramaian.

Kamu juga bisa melakukan pekerjaan ini sembari kuliah, karena banyak diantaranya kedai atau sejenisnya di lingkungan kampus, ini juga sangat menguntungkan karena tidak lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal kamu.

Waiter bisa dibilang tidak terlalu berat dan membutuhkan banyak pikiran, dan sistem kerjanya pun secara shift atau bergantian.

9. Online Marketer

Seiring dengang perkembangan jaman yang semakin pesat, perusahaan banyak yang beralih menggunakan platform digital sebagai sarana pemasarannya.

Kondisi ini memberikan peluang seseorang yang memiliki kemampuan sebagai pemasar online untuk bekerja pada posiis ini.

Tugas pemasar online ini juga bisa dibilang agak membutuhkan keahlian dan penguasaan platform media yang baik.

Biasanya, pemasaran online ini dilakukan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Google, atau platform lain.

Pekerjaan ini bisa kamu lakukan secara online dan tidak harus berada di kantor perusahaan, namun yang pasti kamu membutuhkan perangkat pendukungnya seperti laptop, smartphone untuk melakukannya.

Bagi kamu seorang mahasiswa jurusan pemasaran, online marketer menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk dicoba. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa belajar lebih jauh tentang penggunaan media online sebagai alat pemasaran.

Pada akhirnya, berbicara tentang pekerjaan freelance berkaitan dengan tingkat keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa. Jadi, inilah jenis pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa. Semoga bermanafaat!

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.