Bukit Jamur Gresik, Keunikan Wisata Alam Bebatuan Jamur

wisata bukit jamur gresik

Credit Photo: @wahyudiagustono

Kalau kamu merasa penat dengan segala aktivitas atau pekerjaanmu, satu hal pasti yang ingin kamu lakukan adalah mencari tempat yang menyenangkan, benar begitu bukan?

Baik itu sendiri, bersama keluarga, teman, ataupun pasangan, berlibur memang dapat menghilangkan rasa penat.

Berlibur ke tempat wisata memang menjadi salah satu cara untuk me-refresh pikiran kita. Selain dapat mereda penat, berwisata juga termasuk salah satu hiburan yang tidak terlalu membutuhkan banyak biaya.

Kalau kamu mencari tempat wisata alam yang unik, di Kabupaten Gresik juga ada tempat wisata yang unik, lho! Wisata ini dikenal dengan sebutan Bukit Jamur.

Bukit Jamur Gresik merupakan salah satu tempat wisata yang dulunya bekas tambang kapur. Sama halnya seperti Bukit Kapur Jaddih yang berada di Bangkalan, tempat wisata ini juga memiliki panorama yang menawan untuk wisatawan.

Memiliki struktur batuan unik yang bentuknya menyerupai jamur, destinasi wisata ini menjadi salah satu wisata yang cukup populer di Kabupaten Gresik.

Jadi, kamu tidak perlu bingung mencari tempat wisata di Gresik, Bukit Jamur Gresik ini bisa jadi salah satu opsi yang tepat untuk kamu kunjungi.

Wisata Alam Bukit Jamur Gresik

Mungkin bagi kamu yang pertama kali melihat Bukit Jamur akan bertanya-tanya, “kenapa bisa begitu?”, “kok bisa yaa?”, “waah…kok unik bentuknya?

Wajar saja, hal ini karena memang bentuk bukit Jamur benar-benar unik.

Bukit Jamur ini memang bekas tambang kapur, tetapi bentuk yang menyerupai jamur itu tercipta bukan buatan manusia, melainkan akibat fenomena alam yang biasa disebut dengan Mushroom Rock.

Fenomena ini terjadi ketika batuan besar terkikis oleh angin yang membuat bentuk batu itu terlihat mirip seperti jamur.

Proses terbentuknya batu jamur ini disebabkan oleh angin atau proses Eolian. Pada proses ini, angin yang membawa material pasir berukuran kecil akan mengikis batu yang lebih besar.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur ini terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Kalau kamu tertarik travelling ke wisata ini, akses dan rutenya tidak terlalu sulit untuk dijangkau.

Dari arah Gresik Kota, kamu bisa langsung mengambil arah barat yang melewati Jalur Pantura. Ketika sudah sampai di Jembatan Bengawan Solo Sembayat, kamu akan menjumpai Pertigaan Bungah.

Nah, dari pertigaan ini, kamu langsung belok kiri dan mengikuti petunjuk arah ke arah Bukit Jamur. Setelah melewati petunjuk arah itu kurang lebih 1 km, carilah gang yang menuju ke arah pertambangan bukit kapur dan ikuti jalan itu hingga ujung kamu akan segera melihat Bukit Jamur.

Keindahan Panorama Bukit Jamur yang Bikin Kamu Penasaran

wisata alam bukit jamur

Ketika kamu masuk di area wisata ini, indera penglihatan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan batuan-batuan yang berawarna cokelat.

Batuan kecokelatan inilah yang menciptakan bukit-bukit yang indah. Uniknya, payung batuan itu juga berwarna kehitaman yang membuat kesan jamur semakin terlihat.

Bentuk batuan ini juga bervariasi, ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang berjejer dan lainya. Pemandangan ini tentu sangat menawan jika kita lihat secara langsung.

Tetapi, perlu kamu ingat, bukit jamur ini seperti pada umumnya perbukitan batu kapur yang termasuk daerah gersang. Tidak ada pohon-pohon rindang yang tumbuh di sekitar lokasi, dan tentunya suhu udaranya juga panas.

Artinya, ketika kamu ingin menikmati pemandangan Bukit Jamur Gresik ini harus mencari waktu dan momen yang pas agar tidak mengecewakan.

Berkunjunglah di waktu pagi hari atau sore hari agar kamu tidak merasakan panas matahari yang terik saat berada di sana.

Ketika kamu ingin berkunjung ke tempat ini, lebih baik sediakan topi, kacamata, dan juga masker untuk tetap safety.

Harga Tiket Bukit Jamur dan Jam Buka

Kalau kamu ingin berkunjung ke wisata Bukit Jaur Gresik ini, saya sarankan untuk berkunjung di hari Minggu.

Kenapa? Karena memang jam buka wisata ini cuman hari Minggu saja, hehe... Menurut informasi yang beredar, di hari Senin-Sabtu wisata ini ditutup dengan alasan masih beroperasinya proyek-proyek di sekitar Bukit Jamur.

Jadi, ketika kamu ingin menikmati panorama Bukit Jamur ini, aturlah jadwal di hari Minggu.

Terkait harga tiket masuk, kamu akan dikenakan tarif Rp 3.000 untuk roda 2 dan Rp 10.000 untuk roda 4.

Meskipun wisata ini tergolong murah, tetapi pemandangan yang disuguhkan begitu luar biasa. Pastinya akan membuat penat kamu hilang seketika.

Fasilitas yang Disediakan

Ini nih yang seringkali kamu tanyakan saat berwisata. Sayangnya, fasilitas yang tersedia di wisata Bukit Jamur ini tidak terlalu banyak.

Berbeda pada umumnya wisata yang menonjolkan fasilitas untuk menarik pengunjung, Bukit Jamur termasuk salah satu wisata yang apa adanya. Artinya, tidak banyak fasilitas yang disediakan.

Untuk mencari makanan atau minuman, kamu masih harus keluar dari lokasi wisata dan mencarinya di dekat jalan Pantura. Fasilitas yang disediakan hanya tempat parkir dan toilet.

Minimnya fasilitas ini tentu bukan tanpa alasan, karena memang tempat wisata ini sangat berdekatan dengan lokasi proyek sehingga pengelolaan lokasi wisata ini masih belum maksimal. 

0 komentar

Posting Komentar

jika ada masalah dan sesuatu tampilkan di forum ini , saran dan kritik juga boleh , terima kasih sudah berkomentar.